Orangtua Kerap Lepas Kendali Marahi Anak Kalau Sedang Capek

Orangtua suka lepas kendali di hadapan anak saat lelah usai bekerja seharian dengan melampiaskan emosinya meski untuk menghukum anak.

oleh Melly Febrida diperbarui 25 Sep 2013, 12:30 WIB
Diterbitkan 25 Sep 2013, 12:30 WIB
ibu-marah-pada-anak-130925b.jpg
Kesibukan orangtua di tempat bekerja terkadang membuat lelah dan capai (capek). Saat itulah orangtua suka lepas kendali dalam memarahi anak meski itu dalam rangka menghukum anak yang bertindak buruk.

Orangtua mungkin bertujuan baik ingin memberikan efek jera ke anak dengan memberikan hukuman. Tapi, kondisi yang sedang lelah membuat orangtua mudah tersulut emosinya saat berhadapan dengan anak.

"Hukuman fisik terkadang orangtua yang capek bekerja seperti pelampiasan. Kayaknya itu yang lebih banyak terjadi," kata Psikolog Klinis dari Universitas Sanata Dharma, Yogyakarta, Heri Widodo, M.Psi, saat dihubungi Liputan6.com dan ditulis Rabu (25/9/2013).

Heri mengingatkan, orangtua harus menyadari ketika tak bisa mengendalikan emosinya saat anak bertingkah kurang baik, sebaiknya menghindar. "Ketika tidak bisa mengendalikan emosi maka apapun yang dilakukan akan merugikan," ujar Heri.

Heri menjelaskan, beberapa orangtua ada yang memilih memberikan hukuman fisik ke anak sebagai bentuk efek jera. Namun, ia mengingatkan di balik hukuman fisik itu ada dampak negatif untuk anak. Sehingga, jika memilih memberikan hukuman fisik ke anak, orangtua jangan lupa melakukan the briefing dengan mengajak anak berdialog tentang kesalahannya usai memberikan hukuman.

(Mel/*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya