Nafsiah Mboi Didapuk Jadi Ketua KTM OKI ke-4

Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nafsiah Mboi terpilih sebagai Ketua Konferensi Tingkat Menteri Kesehatan negara OKI

oleh Aditya Eka Prawira diperbarui 22 Okt 2013, 12:37 WIB
Diterbitkan 22 Okt 2013, 12:37 WIB
menkes-curhat130207b.jpg
Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nafsiah Mboi terpilih sebagai Ketua Konferensi Tingkat Menteri Kesehatan (KTM) Organisasi Kerjasama Islam (OKI) ke-4 yang akan diadakan di Jakarta tahun ini.

Pemilihan Nafsiah Mboi sebagai Ketua KTM Kesehatan OKI ke-4 ini, dipandu oleh mantan Ketua KTM Kesehatan OKI ke-3, sekaligus Wakil Menteri Kesehatan Republik Kazakhstan, Eric A Bayzhunusrov,dan Assitant Secretary General of Organization of Islamic Cooperation (OIC), Ambassador Abdul Moiz Bokhari.

Para Menteri Kesehatan negara OKI yang hadir antara lain dari  Uganda, Saudi Arabia, Suriname, Gabon, Gambia, Palestina, Mesir, Mauritania, Mozambique, dan Niger, serta dihadiri lebih kurang 41 perwakilan negara anggota Organisasi Kerjasama Islam (OKI).

"Saya berterima kasih kepada semua delegasi yang telah memercayai saya menjadi Chair pada ICHM ke-4. Terimakasih juga kepada Pemerintah Kazakhastan yang telah memegang kepemimpinan ICHM sebelumnya," ucap dr. Nafsiah Mboi, Sp.A, MPH, di Ballroom Hotel Ritz Carlton, Mega Kuningan, Jakarta, Selasa (22/10/2013)

Pertemuan yang akan diadakan di Jakarta pada 21 sampai 24 Oktober 2013, dihadiri juga para Menteri Kesehatan negara anggota OKI yang didampingi masing-masing 1 orang alternate delegate, perwakilan organisasi internasional, serta para undangan lainnya.

Tema yang akan diangkat untuk KTM OKI tahun ini adalah 'Better Nutrition, Better Health, Better Ummah'.

Acara ini sendiri akan dilaksanakan dalam beberapa sesi yang akan membahas 8 topik penting di bidang kesehatan, yaitu:

1. Pengendalian Tuberkulosis
2. Eradikasi malaria
3. Eradikasi Polio
4. Menurunkan kasus kematian ibu dan anak yang dapat dicegah
5. Kemandirian dalam ketersediaan dan produksi produk-produk farmasi, termasuk vaksin.
6. Gizi dan stunting
7. Gaya hidup sehat dan pengendalian penyakit tidak menular (PTM),
8. Kontribusi OKI dalam agenda pembangunan global pasca 2015.

Konferensi Tingkat Menteri (KTM) atau Islamic Conference of Health Ministers merupakan bagian kerangka OKI yang membahas masalah prioritas kesehatan masyarakat muslim, dan meninjau berbagai aspek status kesehatan di negara-negara anggota OKI, termasuk perkembangan dan situasi, kekhawatiran, kebutuhan, serta priorita dalam bidang kesehatan.

Kuala Lumpur, Malaysia, terpilih menjadi lokasi pertama diselenggarakannya ICHM, pada 2 sampai 15 Juni 2007. Selanjutnya, ICHM diselenggarakan di Iran pada tahun 2009, dan ICHM ke-3 diselenggarakan di Astana, Kazakhstan pada 29 September sampai 1 Oktober 2011.

Untuk OKI atau Organization Islamic Cooperation (OIC) merupakan organisasi internasional yang didirikan di Rabat, Maroko pada 25 September 1969. Pertemuan Pertama OKI di Jerussalem pada tanggal 21 Agustus 1969.

(Adt/Abd)

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya