Banyak Monyet di Kampung Besar, 11 Warga Kena TBC & Hepatitis

Sejumlah warga di Kampung Besar RW 06, Cipinang Besar Selatan, Jatinegara, Jakarta Timur, terinfeksi TBC dan hepatitis.

oleh Andi Muttya Keteng diperbarui 08 Nov 2013, 13:16 WIB
Diterbitkan 08 Nov 2013, 13:16 WIB
topeng-monyet-1-131023b.jpg
Sejumlah warga di Kampung Besar RW 06, Cipinang Besar Selatan, Jatinegara, Jakarta Timur, terinfeksi tubercolosis (TBC) dan virus hepatitis. Kawasan tersebut dikenal banyak dihuni oleh pawang monyet.

Hal ini disampaikan Kepala Dinas Kesehatan DKI Jakarta, Dien Emmawati, di Balaikota, Jumat (8/11/2013).

"Tercatat 9 orang terkena TBC dan 2 orang positif hepatitis," kata Dien. Kemudian, ratusan warga Kampung Besar yang lain mengidap penyakit flu, batuk, dan gatal-gatal. Jumlah keseluruhan telah ada 149 warga yang diperiksa.

Di kawasan tersebut, beberapa waktu lalu ada sebanyak 67 monyet yang dirazia dan ditemukan hewan yang digunakan untuk mengamen itu mengidap penyakit yang bisa menular kepada manusia. Namun, Dien belum dapat memastikan pola penularan penyakit apakah dari monyet ke manusia atau sebaliknya. Saat ini contoh darah warga masih diuji laboratorium.

"Daerah itu sangat kumuh dan jauh dari sehat. Bahkan sinar matahari saja sulit masuk. Kondisi semacam ini jadi lahan subur tumbuhnya penyakit," kata Dien.

Untuk itu, Dinkes DKI saat ini membangun posko kesehatan di Sekolah Dasar Negeri Cipinang Besar Selatan 01 Pagi yang buka dari pagi sampai tengah hari. "Langkah selanjutnya kami akan menyemprot desinfektan ke area tersebut karena harus dibersihkan," ujarnya.

(Mel/*)

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya