Artis Senior Wawan Wanisar Meninggal Dunia, Ini 6 Fakta Sosok dan Perjalanan Kariernya

Wawan Wanisar, pemeran Pierre Tandean dalam Film Pengkhianatan G 30 S/PKI meninggal dunia pada 29 Maret 2021.

oleh Selma Intania Hafidha diperbarui 30 Mar 2021, 11:25 WIB
Diterbitkan 30 Mar 2021, 11:25 WIB
Wawan Wanisar. (Foto oleh: Kapanlagi.com)
Wawan Wanisar. (Foto oleh: Kapanlagi.com)

Liputan6.com, Jakarta Kabar duka kembali menyelimuti industri hiburan Tanah Air. Aktor senior Wawan Wanisar menghembuskan napas terakhirnya pada Senin (29/3/2021). Kabar duka tersebut juga disampaikan oleh Deddy Mizwar melalui laman media sosialnya.

Tak hanya Deddy Mizwar, Humas PARFI yakni Evry Joe juga menyampaikan kepergian pemain film G 20 S/PKI ini melalui aplikasi WhatsApp kepada awak media, Senin (29/3/2021).  

"Innalillahi wa innaillaihi rojiun. Telah berpulang aktor film kita Bang Wawan Wanisar," ujarnya dalam voice note yang dikirimkannya kepada Liputan6.com.

Kepergian Wawan Wanisar tentunya menyisakan duka mendalam bagi segenap rekan artis dan masyarakat Indonesia yang mebgikuti perjalanan kariernya. Sepanjang kariernya, aktor senior kelahiran 13 Desember 1949 ini sudah membintangi ragam judul sinetron hingga layar lebar. Film Pengkhianatan G 30 S/PKI debut pertama Ia mengawali karier di industri hiburan Tanah Air. 

Berikut Liputan6.com merangkum dari berbagai sumber tentang fakta sosok dan perjalanan karier aktor senior Wawan Wanisar, Selasa (30/3/2021).


1. Debut di Film Pengkhianatan G 30 S/PKI

Wawan Wanisar. (Foto oleh: Kapanlagi.com)
Wawan Wanisar. (Foto oleh: Kapanlagi.com)

Film Pengkhianatan G 30 S/PKI merupakan debut film pertama Wawan Wanisar. Aktor kelahiran 1949 ini ditunjuk memerankan tokoh Pierre Tandean dalam Film Pengkhianatan G 30 S/PKI tahun 1982.

"Tokoh yang pernah dilakoni antara lain sebagai Lettu Pierre Tendean dalam film G30S/PKI dan juga berperan sebagai Mayor Lukman di film Nagabonar..." tulis Deddy Mizwar pada laman Instagramnya (29/3/2021).

Setelah membintangi film Pengkhianatan G30S/PKI di tahun 1982, Wawan tercatat telah membintangi sejumlah judul film hingga tahun 2021. Seperti Naga Bonar (1987) dimana film ini juga dibintangi oleh Deddy Mizwar dan Piet Pagau, kemudian film Cinta dan Noda di tahun 1991.

Tak hanya aktif menjadi bintang layar lebar, aktor senior kebanggan Indonesia ini juga aktif di sinetron, salah satunya Pesantren & Rock n' Roll. Dalam sinetron Pesantren & Rock n' Roll Wawan Wanisar berperan sebagai Kyai Abdullah dan beradu akting dengan sederet artis muda salah satunya Ali Syakieb.

 


2. Dapat Banyak Penghargaan

Wawan Wanisar. (Foto oleh: Kapanlagi.com)
Wawan Wanisar. (Foto oleh: Kapanlagi.com)

Aktif di industri hiburan sejak tahun 1982, Wawan Wanisar sudah menorehkan banyak penghargaan. Walaupun layar kaca dan layar kebar selalu dihiasi dengan pendatang baru setiap tahunnya, namun tak membuat nama Wawan Wanisar menghilang. Namanya semakin dikenal dan selalu terkenang dalam hati masyarakat. Apalagi saat Ia membintangi sinetron Pesantren & Rock n' Roll yang merupakan salah satu sinetron Ramadhan dan terdiri dari beberapa season.

Humas PARFI yakni Evry Joe mengungkapkan bahwa selama hidupnya, Wawan Wanisar telah banyak meraih penghargaan dari dunia perfilman.

"Selama hidup beliau mengabdi di perfilman Indonesia, dan banyak penghargaan-penghargaan yang beliau dapatkan," lanjutnya.


3. Karya Terakhir

Wawan Wanisar merupakan salah satu aktor senior yang selalu semangat dan masih eksis hingga kini. Film terakhir yang dibintangi Wawan Wanisar sebelum meninggal dunia adalah film BerhentiDiKamu yang tayang perdana pada 12 Februari 2021 di Disney plus Hotstar.

Dalam film tersebut, Wawan Wanisar memerankan tokoh Pak Broto dan beradu akting dengan sederet artis papan atas Indonesia seperti Roger Danuarta, Cut Meyriska sampai Salshabilla Adriani. Semangat dan keras keras Wawan Wanisar mewarnai industri perfilman Tanah Air tentunya menjadi inspirasi untuk seluruh pekerja seni di Indonesia.


4. Sosok yang Sangat Disiplin

Wawan Wanisar. (Foto oleh: Kapanlagi.com)
Wawan Wanisar. (Foto oleh: Kapanlagi.com)

Kabar kepergian aktor senior Indonesia Wawan Wanisar tentunya membuat sederet rekan artis merasa kehilangan. Bahkan Deddy Mizwar pun mengenang sosok hangat bintang film Naga Bonar tersebut pada laman Instagram pribadinya. Dalam unggahannya, dapat diarasakan bahwa Deddy Mizwar sangat merasa kehilangan salah satu panutan di industri hiburan Tanah Air ini.

"Kawan yang sangat disipilin bekerja, tak ada kata letih, selalu siap dilapangan untuk shooting... selamat jalan kawan... semoga Allah menerima amal ibadah kawan, dan mengampuni segala kesalahannya... Aamiin..." tulis Deddy Mizwar pada (29/3/2021).


5. Seluruh Anggota PARFI Berduka

Artis Senior Wawan Wanisar Meninggal Dunia, Ini 6 Fakta Sosok dan Perjalanan Kariernya
Wawan Wanisar Meninggal Dunia. (Sumber: Instagram.com/deddy_mizwar)

Seluruh anggota Persatuan Artis Film Indonesia (PARFI) ikut berduka atas meninggalnya Wawan Wanisar. Tak lupa doa pun dipanjatkan untuk pemeran Pierre Tendean ini. Semua karya yang pernah diukir selama 39 tahun tentunya selalu terkenang di hati masyarakat.

"Kami dari Persatuan Artis Film Indonesia berduka cita sedalam-dalamnya atas berpulangnya almarhum Bang Wawan Wanisar. Semoga amal ibadah beliau bisa diterima, dan karya-karya beliau jadi ladang amal bagi beliau, amin," tutur Evry Joe selaku Humas PARFI.


6. Ucapan Duka Rekan Artis

Artis Senior Wawan Wanisar Meninggal Dunia, Ini 6 Fakta Sosok dan Perjalanan Kariernya
Wawan Wanisar Meninggal Dunia. (Sumber: Instagram.com/deddy_mizwar)

Kabar kepergian Wawan Wanisar untuk selamanya ini juga disampaikan oleh Deddy Mizwar yang merupakan salah satu sahabat Wawan Wanisar di industri hiburan Tanah Air. Wawan Wanisar dan Deddy Mizwar pernah adu akting di film Naga Bonar. 

Unggah foto lawas Wawan Wanisar di Instagram, tak sedikit rekan artis yang mengucapkan belasungkawa pada kolom komentar unggahan Deddy Mizwar. Seluruh rekan artis yang mengenal bahkan pernah kerja bareng beliau pasti merasakan duka amat mendalam.

Lanjutkan Membaca ↓
Loading

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya