Pengertian Tanggung Jawab Menurut Para Ahli, Aspek, dan Ciri-cirinya pada Seseorang

Pengertian tanggung jawab adalah bentuk kesanggupan seseorang untuk memikul risiko atas keputusan dan segala yang berkaitan dengan kehidupannya.

oleh Husnul Abdi diperbarui 31 Jan 2022, 18:25 WIB
Diterbitkan 31 Jan 2022, 18:25 WIB
Pengertian Tanggung Jawab
Pengertian Tanggung Jawab. (Photo on Freepik)

Liputan6.com, Jakarta Pengertian tanggung jawab wajib dipahami oleh setiap orang. Bagaimanapun, setiap orang tentunya harus bertanggung jawab atas semua perbuatannya. Segala perbuatan memiliki konsekuensi tertentu, hal inilah yang harus dipertanggung jawabkan setiap orang. 

Oleh karena itu, setiap orang tentu harus berpikir sebelum melakukan sebuah tindakan. Apalagi bila tanggung jawab dari perbuatan yang  kamu lakukan begitu besar. Tentunya kamu juga harus berusaha sekuat tenaga untuk melakukannya dan menyelesaikannya. Itulah bentuk tanggung jawab.

Pengertian tanggung jawab adalah bentuk kesanggupan seseorang untuk memikul risiko atas keputusan dan segala yang berkaitan dengan kehidupannya. Tanggung jawab adalah kunci dari keseimbangan hidup.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Senin (31/1/2022) tentang pengertian tanggung jawab.


Pengertian Tanggung Jawab

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), pengertian tanggung jawab adalah keadaan wajib menanggung segala sesuatunya (kalau terjadi apa-apa boleh dituntut, dipersalahkan, diperkarakan, dan sebagainya). Sementara itu, dalam hukum, pengertian tanggung jawab adalah fungsi menerima pembebanan, sebagai akibat sikap pihak sendiri atau pihak lain.

Pengertian tanggung jawab adalah bentuk sikap manusia terhadap segala tingkah laku dan perbuatannya. Tanggung jawab adalah bentuk kesanggupan untuk memikul risiko perbuatan. Wujud dari tanggung jawab yaitu dapat dibuktikan dengan konsistensi perbuatan.

Manusia yang hidup di dunia sejak lahir pada dasarnya memiliki tanggung jawab atas dirinya sendiri. Tanggung jawab adalah wujud memerdekakan diri sendiri dan orang-orang yang ditanggungnya. Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, tanggung jawab adalah bagian dari risiko. Tak mengherankan bila tanggung jawab adalah hal paling berpengaruh terhadap keseimbangan kehidupan di dunia.


Pengertian Tanggung Jawab Menurut Para Ahli

Ilustrasi bekerja, bertanggung jawab
Ilustrasi bekerja, bertanggung jawab. (Photo by Tim Gouw on Unsplash)

- Schiller & Bryan (2002). Pengertian tanggung jawab adalah perilaku yang menentukan bagaimana bereaksi terhadap situasi setiap hari, yang memerlukan beberapa jenis keputusan yang bersifat moral.

- Britnes (dalam Mardiyah & Setiawati, 2014). Pengertian tanggung jawab yaitu tidak boleh mengelak, bila diminta penjelasan tentang perbuatannya. Bertanggung jawab berarti dapat diminta penjelasan tentang tingkah lakunya dan bukan saja bisa menjawab melainkan juga harus menjawab.

- Abu dan Munawar (2007). Pengertian tanggung jawab adalah perbedaan antara benar dan salah, yang boleh dan yang dilarang, yang dianjurkan dan yang dicegah, yang baik dan yang buruk, dan sadar bahwa harus menjauhi segala yang bersifat negatif dan mencoba membina diri untuk selalu menggunakan hal-hal yang positif.

- Wiyoto (2001). Pengertian tanggung jawab yaitu kemampuan untuk membuat keputusan yang pantas dan efektif. Pantas berarti merupakan menetapkan pilihan yang terbaik dalam batas-batas normal sosial dan harapan yang umum diberikan, untuk meningkatkan hubungan antar manusia yang positif, keselamatan, keberhasilan, dan kesejahteraan mereka sendiri, misalnya menanggapi sapaan dengan senyuman.

- Mudjiono (2012). Pengertian tanggung jawab adalah sikap yang berkaitan dengan janji atau tuntutan terhadap hak, tugas, kewajiban sesuai dengan aturan, nilai, norma, adat-istiadat yang dianut warga masyarakat.

- Burhanudin (2000). Pengertian tanggung jawab yaitu kesanggupan untuk menetapkan sikap terhadap suatu perbuatan yang diemban dan kesanggupan untuk memikul resiko dari sesuatu perbuatan yang dilakukan.


Aspek-Aspek Tanggung Jawab

Aspek-aspek tanggung jawab dipaparkan oleh Burhanudin (2000) menjadi tiga hal pokok, yaitu kesadaran, kecintaan, dan keberanian. Menurut Burhanudin aspek-aspek tanggung jawab adalah sebagai berikut:

1. Kesadaran. Memiliki kesadaran akan etika dan hidup jujur, melakukan perencanaan dan melaksanakannya secara fleksibel, sikap produktif dalam mengembangkan diri. Agar bisa memahami sikap dalam belajar bagi dirinya sendiri.

2. Kecintaan. Memiliki sikap empati, bersahabat, dalam hubungan interpersonal. Hal ini dikarenakan individu melihat kebutuhan yang lain dan memberikan potensi bagi dirinya. Teruntuk menunjukkan ekspresi cintanya kepada individu lain.

3. Keberanian. Memiliki kemampuan bertindak independen, mampu melihat perilaku dari segi konsekuensi atas dasar sistem nilai.


Ciri-Ciri Seseorang yang Bertanggung Jawab

Ilustrasi kata-kata keren, diberi tanggung jawab
Ilustrasi kata-kata keren, diberi tanggung jawab. (Photo by Sebastian Herrmann on Unsplash)

Ciri-ciri orang yang bertanggung jawab tentunya terlihat dari tindakan-tindakannya. Kamu perlu memiliki sikap-sikap seseorang yang memiliki tanggung jawab. Menurut Anton Adiwiyono (2001), berikut ciri-ciri tanggung jawab yang perlu diketahui:

- Melakukan apa yang sudah diucapkan.

- Mampu berkomunikasi dengan baik kepada siapa saja.

- Memiliki jiwa melayani dengan sepenuh hati.

- Mampu menjelaskan apa yang dilakukannya, sehingga pribadi manusia memiliki tu juan.

- Tidak menyalahkan orang lain secara berlebihan.

- Mampu menentukan pilihan dari beberapa alternatif.

- Menjadi pendengar yang baik, termasuk dalam menerima kritik dan saran dari orang lain.

- Berani meminta maaf sekaligus menanggung beban atas kesalahan yang dilakukan dan tidak mengulangi kesalahan yang sama.

- Peduli pada kondisi, baik teman maupun keluarga.

- Bersikap tegas.

- Menghormati dan menghargai aturan.

- Rajin memberi apresiasi kepada siapa saja dan tidak lupa mengucapkan terima kasih.

Lanjutkan Membaca ↓

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya