Prosesor adalah Sirkuit Elektronik, Kenali Fungsi dan Cara Kerjanya

Prosesor adalah otak dari perangkat

oleh Anugerah Ayu Sendari diperbarui 04 Feb 2022, 11:05 WIB
Diterbitkan 04 Feb 2022, 11:05 WIB
ilustrasi prosesor
ilustrasi prosesor (sumber: iStockphoto)

Liputan6.com, Jakarta Prosesor adalah salah satu komponen dalam komputer, laptop, hingga smartphone. Sebutan lain dari prosesor adalah CPU. Prosesor adalah sirkuit inti yang menjalankan seluruh operasi perangkat.

Bisa dibilang, prosesor adalah otak dari perangkat. Setiap komputer memiliki prosesor, baik itu dengan efisiensi kecil maupaun kinerja besar. Tanpa prosesor, perangkat-perangkat ini tidak dapat berfungsi.

Prosesor adalah sirkuit dengan desain yang sangat kompleks. Tujuan utama prosesor adalah menerima perintah, menjalankannya, dan mengeluarkan hasil dari perintah. Prosesor adalah komponen yang juga berinteraksi dengan komponen lain dalam komputer.

Berikut pengertian tentang prosesor dan fungsinya, dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Jumat (4/2/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Apa itu prosesor

ilustrasi komputer
ilustrasi komputer (Sumber: Unsplash) / Domenico Loia

Melansir Techopedia, prosesor adalah sirkuit elektronik terintegrasi yang melakukan perhitungan yang menjalankan komputer. Prosesor melakukan aritmatika, logika, input/output (I/O) dan instruksi dasar lainnya yang diteruskan dari sistem operasi (OS). Prosesor juga sering disebut sebagai Central Processing Unit (CPU) atau mikroprosesor.

Prosesor ditemukan di banyak perangkat elektronik modern, termasuk PC, smartphone, tablet, dan perangkat genggam lainnya. Tujuannya adalah untuk menerima masukan dalam bentuk instruksi program dan menjalankan triliunan kalkulasi untuk memberikan keluaran yang akan digunakan oleh pengguna.


Fungsi prosesor

ilustrasi komputer
ilustrasi komputer (sumber: Pixabay)

Melansir Makeuseof, cara kerja prosesor adalah dengan membaca instruksi untuk melakukan tindakan tertentu. Instruksi dirangkai bersama sehingga, ketika dijalankan secara real-time, instruksi tersebut membentuk pengalaman komputer. Semua yang dilakukan di komputer harus diproses oleh prosesor.

Setiap kali membuka folder, proses ini membutuhkan prosesor. Saat mengetik ke dalam dokumen, itu juga membutuhkan prosesor. Hal-hal seperti menggambar lingkungan desktop, jendela, dan grafis game adalah tugas kartu grafis—yang berisi ratusan prosesor untuk mengerjakan data secara bersamaan dengan cepat. Namun, sampai batas tertentu, mereka masih membutuhkan prosesor juga.


Cara kerja prosesor

Ilustrasi komputer | Christina Morillo dari Pexels
Ilustrasi komputer | Christina Morillo dari Pexels

Melansir Makeuseof, desain prosesor sangat kompleks dan sangat bervariasi antara perusahaan dan model. Namun terlepas dari semua perbedaan arsitektural, prosesor melewati empat langkah utama setiap kali mereka memproses instruksi: mengambil, mendekode, mengeksekusi, dan memberi menulis balik.

Mengambil

Di sini, inti prosesor mengambil instruksi yang menunggunya, biasanya dari semacam memori. Ini bisa termasuk RAM, tetapi instruksi biasanya sudah menunggu inti di dalam cache prosesor di inti prosesor modern. Prosesor memiliki area yang disebut penghitung program, yang pada dasarnya bertindak sebagai penanda, memberi tahu prosesor di mana instruksi terakhir berakhir, dan instruksi berikutnya dimulai.

Mendekode

Mendekode atau membaca sandi dalam prosesor adalah proses memecahkan kode. Setelah mengambil instruksi langsung, ia melanjutkan untuk memecahkan kode itu. Instruksi sering kali melibatkan beberapa area inti prosesor—seperti aritmatika—dan inti prosesor perlu mengetahui hal ini.

Setiap bagian memiliki sesuatu yang disebut opcode yang memberi tahu inti prosesor apa yang harus dilakukan dengan informasi yang mengikutinya. Setelah inti prosesor mengetahui semua ini, berbagai area inti itu sendiri dapat mulai bekerja.


Cara kerja prosesor

Jurusan Ilmu Komputer
Ilustrasi Jurusan Ilmu Komputer Credit: pexels.com/ThisisEngineering

Menjalankan

Langkah eksekusi pada prosesor adalah saat prosesor mengetahui apa yang perlu dilakukan, dan benar-benar melanjutkan dan melakukannya. Apa yang terjadi di sini bervariasi tergantung pada area inti prosesor yang digunakan dan informasi yang dimasukkan.

Misalnya, prosesor dapat melakukan aritmatika di dalam ALU, atau Unit Logika Aritmatika. Unit ini dapat terhubung ke input dan output yang berbeda untuk menghitung angka dan mendapatkan hasil yang diinginkan.

Menulis kembali

Langkah terakhir, yang disebut writeback, hanya menempatkan hasil dari apa yang telah dikerjakan kembali ke dalam memori. Ke mana tepatnya keluaran itu pergi tergantung pada kebutuhan aplikasi yang sedang berjalan, tetapi sering kali tetap berada di register prosesor untuk akses cepat karena instruksi berikut sering menggunakannya.


Cara kerja prosesor bersama sirkuit lain dalam komputer

Ilustrasi komputer dan peretasan
Ilustrasi (AFP)

Komputer adalah mesin yang dapat diprogram. Dua karakteristik utama dari sebuah komputer adalah: Ia menanggapi serangkaian instruksi tertentu dengan cara yang terdefinisi dengan baik, dan ia dapat mengeksekusi daftar instruksi yang telah direkam sebelumnya (sebuah program). Komputer menjalankan perintah secara berurutan, dengan data yang terus-menerus berpindah dari input dan memori ke prosesor perangkat. Melansir Makeuseof, secara keseluruhan, komputer bekerja dalam empat langkah:

Input

Input adalah data sebelum diproses. Ia berasal dari mouse, keyboard, mikrofon, dan sensor eksternal lainnya.

Penyimpanan

Penyimpanan pada komputer adalah bagaimana komputer menyimpan data input. Hard drive digunakan untuk penyimpanan data jangka panjang dan massal sementara kumpulan data untuk pemrosesan segera disimpan sementara di Random Access Memory (RAM).

Pemrosesan

Pemrosesan adalah tempat input diubah menjadi output. Central Processing Unit (CPU) komputer adalah otaknya. Ini bertanggung jawab untuk mengeksekusi instruksi dan melakukan operasi matematika pada data input.

Output

Output adalah hasil akhir dari pengolahan data. Itu bisa apa saja dari gambar, video, atau konten audio, bahkan kata-kata yang diketik menggunakan keyboard. Seseorang juga dapat menerima output melalui printer atau proyektor, bukan langsung melalui perangkat.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya