Selain Armand Maulana, 7 Artis Ini Punya Darah Biru Bergelar Bangsawan

Deretan artis Tanah Air punya darah biru.

oleh Ibrahim Hasan diperbarui 25 Mar 2022, 11:00 WIB
Diterbitkan 25 Mar 2022, 11:00 WIB
Artis Keturunan Bangsawan
Selain Armand Maulana, 7 Artis Ini Punya Darah Biru Bergelar Bangsawan (Sumber: Instagram/shandyaulia, armandmaulana04)

Liputan6.com, Jakarta Baru-baru ini publik digegerkan dengan kabar Armand Maulana yang ternyata punya darah bangsawan. Tak heran vokalis grup band GIGI itu seketika menjadi sorotan saat rahasianya selama 50 tahun terbongkar. Benar saja, selama itulah Armand Maulana menyembunyikan gelar bangsawan. 

Kabar tentu mengejutkan, tak heran pemilik nama lengkap Tubagus Armand Maulana ini kerap tampil dengan gayanya yang kekinian dan modern. Tak seperti keturunan bangsawan lain yang identik dengan busana tradisional. Armand Maulana menjelaskan bahwa Tubagus merupakan gelar bagi laki-laki keturunan bangsawan kesultanan Banten.

"Ada Tubagusnya. Kalau Tubagus kan Banten. Kalau cewek Ratu, kalau cowok Tubagus. Jadi kalau di Jawa mah Raden, kalau Tubagus kan Banten," kata Istri Dewi Gita dalam sebuah wawancara.

Meski punya status keturunan bangsawan namun Armand Maulana selalu menyembunyikannya. Ia merasa tidak enak dan ia juga menganggap terlalu repot bila berada di panggung dipanggil dengan nama Tubagus.

Lantas sebenarnya siapa saja artis yang punya darah biru dengan gelar bangsawannya. Berikut Liputan6.com merangkum deretan artis keturunan bangsawan melansir dari berbagai sumber, Jumat (25/3/2022).


1. Shandy Aulia

7 Gaya Shandy Aulia Pakai Perhiasan Berlian, Gemar Koleksi Sejak Usia 13 Tahun
Shandy Aulia (Sumber: Instagram/shandyaulia)

Tak banyak yang menyadari Shandy Aulia memiliki gelar Nyimas, ayahnya adalah keturunan bangsawan Sumatera Barat. Sehingga nama lengkap bergelar bangsawannya ialah Nyimas Shandy Aulia.


2. Anggun C. Sasmi

[Fimela] Anggun C Sasmi
(Instagram/anggun_cipta)

Penyanyi ternama Anggun ternyata juga punya darah bangsawan. Anggun merupakan anak dari pasangan Darto Singo dan Dien Herdina. Darto Singo dikenal sebagai seorang seniman Jawa, sementara ibunya masih memiliki kerabat dekat dengan Keraton Yogyakarta.


3. Dik Doank

[Bintang] Dik Doank
Dik Doank (Nurwahyunan/bintang.com)

Dik Doang merupakan salah satu yang memiliki keturunan darah ningrat. Pemilik nama asli Raden Rizki Mulyawan Kartanegara Hayang Denda Kusuma ini dikenal sebagai artis yang memiliki jiwa sosial tinggi.


4. Armand Maulana

[Fimela] Armand Maulana
Preskon Konser SALUTE (Nurwahyunan/Fimela.com)

Musisi asal Bandung ini memang niat menyembunyikan gelar bangsawannya selama 50 tahun. Nama lengkapnya ialah Tubagus Armand Maulana. Armand Maulana menjelaskan bahwa Tubagus merupakan gelar bagi laki-laki keturunan bangsawan kesultanan Banten. 


5. Dinda Hauw

Dinda Hauw. (Foto: Instagram @dindahw)
Dinda Hauw. (Foto: Instagram @dindahw)

Selain itu ada Dinda Hauw yang memiliki gelar Nyimas dari ayahnya yang juga bergelar bangsawan Palembang. Istri Rey Mbayang ini mewarisi darah biru dari Sumatera Selatan.


6. Paramitha Rusady

Paramitha Rusady
Paramitha Rusady (Herman Zakharia/Liputan6.com)

Paramitha Rusady dikenal sebagai penyanyi dan aktris ini dikenal di era 80-an. Paramitha Rusady juga merupakan artis keturunan ningrat. Orang tua Paramitha Rusady adalah bangsawan. Ibunya bernama Raden Ayu Marry Zumarya dan ayahnya Raden Mas Yus Rusady


7. Dewi Yull

Dewi Yull
Dewi Yull (Foto: Instagram/@dewiyullofficial)

Penyanyi senior Dewi Yull juga merupakan salah satu artis keturunan ningrat. Pemilik nama asli Raden Ajeng Dewi Pujiati ini merupakan keturunan bangsawan dari kesultanan Cirebon yakni sang ayah, HRP Soendaryo. Sementara ibunya Masayu Devi Hetomawati juga merupakan keturunan bangsawan Melayu Palembang.

Lanjutkan Membaca ↓
Loading

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya