Crush Artinya Naksir, Kenali Tanda dan Bedanya dengan Cinta

Crush berkaitan dengan rasa tertarik.

oleh Anugerah Ayu Sendari diperbarui 20 Jun 2022, 08:40 WIB
Diterbitkan 20 Jun 2022, 08:40 WIB
Mudah Jatuh Hati dan Bersikap Romantis pada Pasangan
Ilustrasi Pasangan Credit: pexels.com/Vero

Liputan6.com, Jakarta Crush artinya sering disebutkan dalam percakapan sehari-hari anak muda. Crush artinya sebenarnya berasal dari bahasa Inggris. Kata ini menjadi sangat populer di seluruh dunia, salah satunya Indonesia.

Biasanya, crush artinya digunakan untuk menyebut gebetan. Crush artinya dalam bahasa gaul memang terkait dengan orang yang disukai. Crush artinya adalah bentuk ketertarikan pada seseorang.

Crush artinya berkaitan dengan perasaan romantis dan kekaguman. Berikut penjelasan tentang crush artinya, tanda, dan bedanya dengan cinta, dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Senin (20/6/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Crush artinya

Ilustrasi naksir, gebetan
Ilustrasi naksir, gebetan (Gambar oleh aliceabc0 dari Pixabay)

Dalam bahasa Inggris, crush artinya menghancurkan. Namun, dalam penggunaan bahasa sehari-hari, khususnya bahasa slang, crush memiliki arti yang berbeda. Menurut Cambridge Dictonary, crush artinya perasaan menyukai seseorang yang kuat tapi bersifat sementara.

Bisa dibilang, crush artinya adalah naksir seseorang. Orang yang ditaksir bisa juga disebut crush atau gebetan. Crush atau naksi bisa digambarkan sebagai perasaan kekaguman, nafsu, atau tergila-gila yang berumur pendek dengan seseorang.

Naksir biasanya mengacu pada perasaan romantis untuk seseorang yang tidak diungkapkan. Naksir bisa bersifat romantis. Tapi ia juga bisa berbentuk hanya sekadar kekaguman.


Beda crush dan cinta

Mimpi Berpacaran dengan Teman Sendiri
Ilustrasi Pasangan Credit: unsplash.com/Ben

Melansir Pediaa, perbedaan utama antara crush dan cinta adalah bahwa crush adalah perasaan tergila-gila yang singkat dan intens dengan seseorang, sedangkan cinta adalah perasaan kasih sayang yang mendalam. Crush adalah perasaan yang berumur pendek, sedangkan cinta adalah perasaan jangka panjang.

Karena crush adalah bentuk ketertarikan fisik, itu bisa terjadi secara instan. Crush artinya merupakan perasaan sementara karena kamu secara alami akan kehilangan minat pada orang itu setelah beberapa waktu.

Ketika kamu naksir seseorang, kamu menempatkan orang itu di posisi ideal. Kamu hanya akan melihat kualitas, kekuatan, dan kesempurnaannya yang baik dan akan buta terhadap kualitas negatifnya. Ketika kamu memiliki gambaran idealis tentang orang itu, kamu akan berakhir dengan harapan yang tidak realistis.

Sementara cinta adalah perasaan kasih sayang yang mendalam. Butuh waktu untuk mengenal seseorang dan jatuh cinta padanya; oleh karena itu, cinta adalah proses bertahap. Mencintai seseorang berarti kamu sangat peduli dan sangat dalam tentang orang itu.

Selain itu, kamu akan berdiri di samping orang ini melalui suka dan duka dan akan melakukan segala daya untuk membuat orang ini bahagia. Kamu akan selalu merasa aman dan nyaman dengan orang yang kamu cintai.

Seseorang yang sedang jatuh cinta tidak hanya fokus pada kualitas baik pasangannya. Dia tahu kesalahan dan kelemahan pasangannya dan mencintainya meskipun ada kesalahan dan kelemahannya. Dengan kata lain, kamu tidak akan mengharapkan kesempurnaan; kamu secara alami akan menerima bahwa segala sesuatunya bisa salah dan akan berusaha membuatnya lebih baik.


Tanda orang yang crush

Arti Mimpi Bertemu Pacar yang Menandakan Peringatan
Ilustrasi Pacar Credit: pexels.com/Kate

Tidak ada cara yang sangat mudah untuk menentukan seseorang naksir kamu tanpa langsung menanyakannya. Yang bisa dilakukan adalah memperhatikan perilaku mereka dan bagaimana mereka berinteraksi denganmu. Apakah mereka menggodamu? Apakah mereka tampaknya berusaha keras untuk berada di dekatmu?

Melansir Healthline, ada beberapa tanda yang menurut sains, terkait dengan ketertarikan. Tapi, tidak ada tanda yang pasti bahwa seseorang menyukaimu. Jika kamu terus-menerus melihat salah satu tanda di bawah ini dari seseorang, itu bisa jadi menunjukkan bahwa dia menyukaimu secara romantis atau platonis:

Pupil membesar

Pupil tumbuh lebih besar ketika seseorang melihat sesuatu yang menggairahkannya, seperti seseorang yang disukai. Itu terjadi ketika sistem saraf simpatik bekerja. Jika mereka memiliki pupil yang melebar setiap kali mereka melihatmu, ini bisa jadi tanda sebuah crush.

Mereka ingin berada di dekatmu

Ketika dia berusaha terus berada di dekatmu seperti duduk disampingmu saat istirahat, atau bergabung dengan lingkaran pertemananmu, ini bisa jadi tanda dia sedang naksir. Jika itu terjadi secara konsisten, mereka mungkin ingin mengenalmu lebih baik.

Menyebut namamu

Orang yang crush cenderung sering menyebut objek gebetannya. Jika dia memikirkanmu, kemungkinan dia akan menyebut namamu dalam percakapan dengan teman bersama dan siapa pun yang mau mendengarkan.

Mereka bertanya dan mengungkapkan

Menurut sebuah studi tahun 2014, mengajukan pertanyaan dan mengungkapkan informasi adalah tanda ketertarikan. Bonus jika mereka melakukannya dengan tulus dan penuh perhatian, yang akan dilakukan oleh siapa pun yang benar-benar tertarik padamu — romantis atau lainnya — selama percakapan.

Mereka mencerminkan perilaku

Mirroring diyakini sebagai tanda ketertarikan. Seseorang yang naksir kamu mungkin secara tidak sadar mengadopsi perilaku dan tingkah lakumu saat bersamamu karena mereka benar-benar terlibat dalam interaksi dan ingin merasa lebih terhubung.


Tanda crush berubah menjadi cinta

Ilustrasi bahasa cinta
Ilustrasi bahasa cinta (dok.freepik)

Meski crush bersifat jangka pendek, perasaan tersebut juga bisa berubah menjadi cinta dalam jangka panjang. Melansir Womenshealthmag, berikut tanda crush berubah menjadi cinta:

Perasaanmu tidak pudar

Satu tanda bahwa perasaanmu lebih dari sekadar naksir adalah perasaanmu tidak menghilang seiring waktu tetapi menjadi lebih kuat dan lebih dalam. Jadi pada dasarnya, jika kamu sudah lama merasakan perasaan ini pada orang spesial, kemungkinan besar kamu sedang jatuh cinta.

Memberi mereka perhatian penuh

Jika mencintai seseorang, kemungkinan besar kamu memberi mereka perhatian penuh. Kamu seharusnya tidak merasa sulit untuk tetap berada dalam percakapan atau menjaga kontak mata.

Terbuka satu sama lain

Kepercayaan adalah dasar dari setiap hubungan. Jika kamu menemukan dirimu terbuka dengan orang ini dan berbagi lebih banyak bagian daripada biasanya, itu pertanda bahwa kamu mungkin sedang jatuh cinta.

Peduli dengan minat mereka

Misalnya, jika kamu tidak suka menonton film, tetapi gebetanmu adalah penggemar berat film, kamu kemudian setuju untuk mencobanya. Jika kamu mempelajari minat mereka meskipun hal itu mungkin tidak berkaitan denganmu, kamu mungkin sedang jatuh cinta.

Kehilangan minat untuk berkencan dengan orang lain

Jatuh cinta berarti kamu mungkin kehilangan minat untuk berkencan dengan orang lain. Jadi jika kamu hanya memperhatikan gebetanmu, perasaanmu mungkin lebih dalam dari sekedar crush.

 

 

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya