Panjang Meja Tenis Meja adalah 274 cm, Standar Nasional dan Internasional Sama

Dalam satuan meter panjang meja tenis meja adalah 2.74 m.

oleh Laudia Tysara diperbarui 19 Sep 2022, 15:10 WIB
Diterbitkan 19 Sep 2022, 15:10 WIB
Ilustrasi permainan olahraga tenis meja
Ilustrasi permainan olahraga tenis meja. (Image by djimenezhdez from Pixabay)

Liputan6.com, Jakarta - Permainan tenis meja atau pingpong adalah olahraga yang dimainkan di atas meja dengan panjang meja tenis meja khusus, yang bagi dengan net khusus. Permainan tenis meja dilakukan di atas meja dengan memukul bola dan memantulkannya.

Olahraga tenis meja dimainkan dengan memantulkan bola ke meja lawan dan lawan harus memantulkannya lagi untuk dikembalikan. Pemain tenis meja yang gagal mengembalikan bola kepada lawannya, maka akan terjadi penambahan poin pada lawan lainnya. Kunci utama dari olahraga tenis meja adalah pada pukulan dengan ketangkasan dan meja tenis meja sebagai medianya.

Berapa ukuran panjang meja tenis meja yang sesuai standar nasional dan internasional?

Panjang meja tenis meja adalah ada dua standar yang diberlakukan dan keduanya mematok ukuran yang sama. Ada standar ukuran panjang meja tenis meja adalah menurut Persatuan Tenis Meja Seluruh Indonesia (PTMSI). Kemudian, standar ukuran panjang meja tenis meja adalah menurut International Table Tennis Federation (ITTF).

Berikut Liputan6.com ulas lebih mendalam tentang ukuran panjang meja tenis meja, ukuran lapangan tenis meja, dan peraturannya, Senin (19/9/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Panjang Meja Tenis Meja adalah 274 cm atau 2.74 m

FOTO: Sesi Latihan Pemain Tenis Meja Dunia Jelang Olimpiade Tokyo 2020
Pemain tenis meja Prancis Stephanie Loeuillette (kanan) mengembalikan bola kepada rekan setimnya Pauline Chasselin saat sesi latihan jelang Olimpiade Tokyo 2020 di Tokyo Metropolitan Gymnasium, Tokyo, Jepang, Rabu (21/7/2021). Olimpiade Tokyo 2020 akan dibuka pada 23 Juli 2021. (Jung Yeon-je/AFP)

Standar Ukuran Panjang Meja Tenis Meja:

Memahami ukuran panjang meja tenis meja adalah menurut standar nasional dan internasional ini sama. Liputan6.com lansir dari berbagai sumber, panjang meja tenis meja adalah 274 cm. Kemudian, dalam satuan meter panjang meja tenis meja adalah 2.74 m.

Selain mengetahui panjang meja tenis meja, pahami pula lebar dan tinggi meja tenis meja. Ukuran yang diberlakukan untuk lebar dan tinggi meja tenis meja adalah menurut standar nasional dan internasional 152.5 cm dan 76 cm (dari permukaan tanah). Dalam satuan meter, lebar dan tinggi meja tenis meja adalah 1.525 m dan 0.76 m.

Apa lagi yang perlu diketahui tentang ukuran meja selain panjang meja tenis meja, lebar, dan tinggi? Khusus dalam permainan tenis meja, tebal dan luas meja tenis meja ini diatur sedemikian rupa ukurannya. Standar nasional dan internasional untuk ukuran tebal dan luas meja tenis meja adalah 3 cm dan 4.1785 m persegi (m2).

Rincian ukuran meja tenis meja yang dimaksudkan,

1. Panjang meja tenis meja adalah 274 cm.

2. Lebar meja tenis meja adalah 152.5 cm.

3. Tinggi meja tenis meja adalah 76 cm (dari permukaan tanah).

4. Tebal meja tenis meja adalah 3 cm.

5. Luas meja tenis meja adalah 4.1785 m persegi (m2).

Standar Bahan Meja Tenis Meja:

Apabila sudah memahami standar ukuran meja tenis meja, kemudian pahami standar bahan meja tenis meja secara nasional dan internasional. Masih Liputan6.com lansir dari berbagai sumber, standar bahan meja tenis meja adalah harus menggunakan kayu yang mampu memantulkan bola dengan maksimal.

Ini karena kunci permainan tenis meja pada pantulan yang dihasilkan dari pukulan. Standar ukuran meja tenis meja adalah menggunakan kayu yang bisa menghasilkan tinggi lebih kurang 23 cm. Tinggi pantulan ini berlaku ketika para pemain tenis meja menjatuhkan bola di ketinggian 30 cm.

Kemudian, warna meja tenis meja pun diatur sedemikian rupa. Meja tenis meja wajib berwarna gelap dan memiliki dua garis pembatas selebar 2 cm yang berwarna putih. Perhatikan pula, pada bagian tengah meja harus ada garis putih selebar 3 mm. Apa lagi ukuran penting yang perlu diketahui dalam permainan tenis meja?

1. Panjang dan tinggi net tenis meja adalah 183 cm dan 15.25 cm (jarak meja ke tiang net harus 15.25 cm).

2. Diameter bola tenis meja adalah 40 mm dan memiliki berat 2.7 gram.

3. Warna bola tenis meja adalah putih atau oranye, berbahan seluloid atau plastik serupa.

4. Bahan bet tenis meja adalah memiliki panjang 25.5 cm dan lebar 15 cm.

5. Daun bet tenis meja adalah terbuat dari kayu dilapisi perekat bet dari serat karbon atau serat kaca.

6. Kemudian, bagian untuk memukul pada sisi daun bet adalah ditutupi karet licin atau halus atau bintik.


Peraturan dalam Permainan Tenis Meja dan Penjelasan

Foto: Ragam Ekspresi Lucu nan Keren Atlet Tenis Meja di Olimpiade Tokyo 2020
Mulut petenis Jepang, Tomokazu Harimoto, menganga saat berusaha mengembalikkan bola ketika melawan atlet tenis meja Slovenia, Jorgic Darko, pada babak 16 besar Olimpiade Tokyo 2020, Selasa, (27/7/2021). (Foto: AP/Kin Cheung)

Olahraga tenis meja memerlukan meja tenis dan lapangan khusus untuk memainkannya. Liputan6.com lansir dari berbagai sumber, ukuran lapangan tenis meja sesuai standar nasional dan internasional adalah 152.5 cm. Kemudian, panjang lapangan tenis meja adalah 274 cm. Lalu, tinggi lapangan tenis meja adalah 76 cm.

Seperti apa peraturan dalam permainan tenis meja itu? Ini penjelasan peraturan tenis meja yang Liputan6.com lansir dari berbagai sumber:

1. Servis yang Benar

Servis yang benar dilakukan dengan cara melambungkan bola yang ada diatas telapak tangan yang terbuka secara vertikal. Servis dilakukan tanpa memutar bola sehingga bola dapat melambung ke atas dengan ketinggian 16 cm dari telapak tangan. Kemudian pukul bola ketika turun sebelum menyentuh apapun.

2. Pengembalian yang Benar

Ketika bola telah diservis atau dikembalikan dan telah melewati net, maka pemain harus memukul bola tersebut sehingga menyentuh meja lawan

3. Urutan Permainan

Untuk permainan tunggal, pemain harus melakukan servis terlebih dahulu yang kemudian dikembalikan oleh penerima. Kemudian pemain yang melakukan servis dan penerima melakukan pengembalian secara bergantian.

Sementara untuk permainan ganda, pemain harus melakukan servis terlebih dahulu kemudian penerima melakukan pengembalian. Selanjutnya pasangan yang melakukan servis yang kemudian melakukan pengembalian, dan pasangan penerima pun kemudian melakukan pengembalian. Setiap pemain melakukan servis dan pengembalian secara bergantian sesuai gilirannya

4. Suatu Let

Reli dinyatakan let apabila pemain melakukan servis dan bola menyebrang ke meja lawan yang akhirnya masuk atau dipukul oleh lawan. Reli dinyatakan let jika servis dilakukan ketika penerima atau pasangannya belum siap. Reli juga akan dinyatakan let jika gagal melakukan servis atau pengembalian disebabkan gangguan di luar kontrol pemain

5. Suatu Poin/Skor

Jika pemain gagal melakukan servis yang benar maka lawannya mendapat poin, jika pemain gagal melakukan pengembalian yang benar dan begitupun sebaliknya. Pemain juga dapat mendapat poin jika lawannya memukul bola dua kali secara berurutan dengan sengaja

6. Suatu Pertandingan

Suatu pertandingan dalam tenis meja terdiri dari game ganjil, biasanya 5 atau 7 game/set

7. Memilih Servis, Menerima Bola, dan Tempat

Dalam memutuskan urutan servis, menerima bola dan tempat, maka harus dilakukan undian sehingga pemenangnya mendapatkan hak untuk memilih

8. Kesalahan Urutan Servis, Penerima, Tempat

Ketika pemain melakukan kesalahan urutan servis, maka wasit harus menghentikan permainan dan mengulang servis sesuai dengan urutan angka pada saat memulai pertandingan

9. Sistem Percepatan Waktu (Expedite System)

Saat dalam suatu permainan mencapai 10 menit dan permainan belum selesai, maka sistem percepatan waktu harus diberlakukan. Kecuali jika kedua pemain /pasangan telah mencapai skor atau poin 9.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya