Contoh Kalimat Langsung, Pengertian, Ciri-Ciri dan Cara Menulisnya

Berikut adalah sejumlah contoh kalimat langsung yang diambil dari berbagai artikel berita.

oleh Mabruri Pudyas Salim diperbarui 11 Okt 2022, 19:20 WIB
Diterbitkan 11 Okt 2022, 19:20 WIB
Jokowi Bicara Bisnis di Depan 500 CEO dan Startup ASEAN-Australia
Presiden Joko Widodo berbicara di Forum CEO Lunch saat pertemuan ASEAN-Australia Special Summit 2018 di Sydney (17/3). Jokowi pidato di depan ratusan CEO, pelaku usaha kecil dan menengah di ASEAN-Australia Bussiness Forum.(Mark Metcalfe/Pool Photo via AP)

Liputan6.com, Jakarta Contoh kalimat langsung sering ditemukan dalam artikel-artikel berita di internet. Kalimat langsung biasanya mengacu pada ucapan narasumber persis ketika kalimat tersebut diucapkan.

Contoh kalimat langsung umum ditemukan dalam karya-karya sastra seperti novel dan cerpen. Dalam Karya sastra, kalimat langsung digunakan untuk menggambarkan bagaimana seorang tokoh mengucapkan sesuatu.

Dalam karya sastra, kalimat langsung kadang tidak hanya menunjukkan siapa yang berbicara, tapi juga menunjukkan apa yang dilakukan tokoh ketika sedang berbicara.

Tidak hanya dalam karya sastra dan artikel berita, kalimat langsung juga bisa digunakan dalam karya ilmiah untuk mengutip kata-kata mengenai teori suatu ilmu dari seorang pakar atau ahli.

Untuk lebih memahami apa itu kalimat langsung, berikut adalah pengertian dan perbedaannya dengan kalimat tidak langsung, seperti yang telah dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Selasa (11/10/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Pengertian Kalimat Langsung

Kalimat langsung adalah kata-kata dikutip persis seperti yang diucapkan pembicara. Jadi dengan kata lain kalimat langsung adalah kata-kata atau ujaran yang dikutip tanpa perubahan. Dengan kata lain, kalimat adalah kalimat hasil kutipan pembicaraan seseorang persis seperti apa yang dikatakannya.

Bagian kalimat yang dikutip biasanya berada di antara tanda kutip (“…” ). Kalimat langsung bisa berupa kalimat perintah, berita, atau kalimat tanya.

Dalam kalimat langsung, orang yang mengatakan bisa disebutkan sebelum kutipan maupun sesudah kutipan. Jika orang yang mengucapkan disebutkan sebelum kutipan, maka setelah nama orang tersebut disebutkan diikuti dengan tanda baca koma, setelah kata kerja yang menunjukkan bahwa dia berbicara.

Contoh:

(1) Mantan gelandang Barcelona Andres Iniesta mengatakan, "Saya pikir Barcelona kini sudah temukan susunan pemain yang luar biasa dan punya skuad yang komplet."

Jika orang yang berbicara disebutkan setelah kutipan, maka kalimat dalam tanda kutip tidak diakhiri dengan tanda titik (.), melainkan tanda koma (,) kemudian ditutup dengan tanda kutip ("), yang diikuti penyebutan nama penuturnya.

Contoh:

(1a) "Saya pikir Barcelona kini sudah temukan susunan pemain yang luar biasa dan punya skuad yang komplet," kata mantan gelandang Barcelona Andres Iniesta.

 


Kalimat Tidak Langsung

Ratu Elizabeth II Bangkitkan Memori Perang Dunia II Saat Berpidato tentang Krisis Corona
Ratu Elizabeth II menyampaikan pidato tentang krisis corona COVID-19.(dok. foto Buckingham Palace/AFP)

Kebalikan dari kalimat langsung adalah tidak langsung. Kalimat tidak langsung adalah kalimat yang melaporkan ucapan atau ujaran orang lain. Dalam kalimat tidak langsung, kalimat yang dilaporkan tidak sama persis dengan yang diucapkan penutur.

Meski kalimat tidak langsung diucapkan berdasarkan kata-kata atau ujaran orang lain, namun kalimat tidak langsung tidak perlu menggunakan tanda kutip.

Selain itu, kalimat tidak langsung juga mengalami perubahan terutama pada bagian subjeknya. Penjelasannya sebagai berikut:

a. Jika kalimat langsung menggunakan kata ganti orang ke-1, makan di kalimat tidak langsung menjadi orang ke-3.

b. Jika di kalimat langsung terdapat kata ganti orang ke-2, maka dalam bentuk kalimat tidak langsung menjadi orang ke-1.

c. Jika dalam kalimat langsung terdapat kata ganti orang ke-2 jamak atau kata ganti orang ke-1 jamak, maka dalam bentuk kalimat tidak langsung menjadi kami, kita, atau mereka, sesuai dengan konteksnya.

Contoh:

(1) Mantan gelandang Barcelona Andres Iniesta mengatakan, "Saya pikir Barcelona kini sudah temukan susunan pemain yang luar biasa dan punya skuad yang komplet." (Bentuk kalimat langsung)

Contoh bentuk kalimat tidak langsung:

(1b) Mantan gelandang Barcelona Andres Iniesta mengatakan bahwa dia berpikir jika Barcelona kini sudah menemukan susunan pemain yang luar biasa dan punya skuad yang komplet.


Ciri-Ciri Kalimat Langsung

Uji Coba FIFA Matchday 2022: Timnas Indonesia vs Timnas Curacao
Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan saat konferensi pers usai pertandingan laga uji coba FIFA Matchday antara Timnas Indonesia menghadapi Curacao di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA), Bandung, Jawa Barat, Sabtu (24/9/2022) malam WIB. (Bola.com/Bagaskara Lazuardi)

Kalimat langsung dapat dikenali berdasarkan ciri-cirinya. Ciri-ciri kalimat langsung inilah yang membedakan jenis kalimat ini dengan kalimat tidak langsung. Adapun ciri-ciri kalimat langsung adalah sebagai berikut:

1. Bertanda kutip dalam bahasa tertulis.

2. Intonasi: bagian kutipan bernada lebih tinggi dari bagian lainnya.

3. Dapat ditulis atau diujarkan dengan tiga cara, yakni sebagai berikut

a. pengiring-kutipan. Contoh: (2) Robi berkata, “Panas sekali cuaca hari ini.”

b. kutipan-pengiring. Contoh: (3) ”Saya akan datang nanti malam,“ kata Hamid.

c. kutipan-pengiring-kutipan Contoh: (4) "Aku mau bertanya," kata Lupita sambil duduk di sebelahku, kemudian mengatakan, "jadi, apa yang sebenarnya terjadi padamu?"

4. Huruf pertama pada kutipan langsung ditulis dengan menggunakan huruf kapital.

5. Bagian kutipan ada yang berupa kalimat tanya, kalimat berita, atau kalimat perintah.

6. Bagian pengiring dan bagian petikan langsung dipisah dengan tanda baca koma (,).

7. Jika di dalam petikan langsung menggunakan kata sapaan, maka sebelum kata sapaan diberi tanda baca koma (,) dan huruf pertama kata sapaan menggunakan huruf kapital.

8. Kalimat langsung yang berupa dialog berurutan, wajib menggunakan tanda baca titik dua (:) di depan kalimat langsung.


Contoh Kalimat Langsung

Nirina Zubir jumpa pers soal kasus mafia tanah yang menimpa keluarganya (Bayu Hendarto/Kapanlagi.com)
Nirina Zubir jumpa pers soal kasus mafia tanah yang menimpa keluarganya (Bayu Hendarto/Kapanlagi.com)

Sebelumnya sudah diberikan sejumlah contoh kalimat langsung untuk membuat penjelasannya mudah dipahami. Berikut adalah contoh kalimat langsung lain, yang dikutip dari sejumlah artikel berita yang dipublikasikan di Liputan6.com untuk menambah referensi. Berikut beberapa contohnya:

(5) "Tema ini mengangkat pesan kekuatan Tidore sebagai salah satu kota di provinsi Maluku Utara yang memiliki latar sejarah kejayaan rempah dan perdagangan Nusantara, tempat pertemuan berbagai bangsa, serta kental dengan sejarah perjuangan Indonesia," ujarnya dalam video sambutannya, Selasa (11/10/2022).

(6) "Kita patut bersyukur dan bangga dengan potensi yang kita miliki ini," tambahnya.

(7) "Sail Tidore menjadi kesempatan kita untuk rebranding wisata bahari nusantara di mata dunia. Kita harus optimis Sail Tidore mampu berkontribusi untuk membantu proses pemulihan industri pariwisata dalam negeri," tuturnya.

(8) "Mutasi adalah hal yang alamiah di organisasi Polri dalam rangka promosi dan meningkatkan kinerja organisasi," kata Dedi.

(9) “Harus ada yang bertanggung jawab. Kalau saya lihat sih Kapolda juga diganti aja, kan itu aspirasi masyarakat juga,” kata Fadli di Kompleks Parlemen Senayan, Rabu (5/10/2022).

(10) “Di sana bukan hanya mundur bahkan ada yang bunuh diri karena gagal. Kita tidak ada tradisi itu, paling enggak tradisi malu lah kalau gagal, dan ternyata enggak ada,” kata dia.

(11) "Saya senang sekali berada di sini dalam suasana yang guyub suasana yang tenang," kata Anies, Rawamangun, Jakarta Timur, Senin (10/10/2022).

(12) "Ini bagian dari saudara kita yang membuat Jakarta aman, tenang, teduh, damai," ujar Anies.

(13) "Karena gas air mata itu, mereka pergi keluar ke satu titik, di pintu keluar. Kemudian terjadi penumpukan dan dalam proses penumpukan itu terjadi sesak nafas, kekurangan oksigen," kata Nico dalam keterangan resminya di Malang, Minggu, 2 Oktober 2022.

(14) “Masalah terjadi usai pertandingan. Mereka kecewa kalah di kandang sendiri, sebelumnya selama 23 tahun tak pernah kalah," ujar dia.

(15) "Seandainya suporter mematuhi aturan, peristiwa ini tidak akan terjadi. Semoga tidak terjadi lagi peristiwa semacam ini," ujar dia.

(16) "Liga Champions itu duel yang harus memperhatikan detail karena kalau melakukan kesalahan, Anda harus membayar mahal. Tapi Barcelona punya peluang untuk bangkit, semoga sukses," katanya.

(17) "Inggris selalu punya kiper bagus, seperti Peter Shilton dan David Seaman. Namun, kali ini mereka tampak kesulitan mendapatkan kiper," ujar Kahn.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya