8 Cara Menghilangkan Sakit Gigi dalam 5 Menit yang Terbukti Ampuh

cara menghilangkan sakit gigi dalam 5 menit dengan mudah, yang bisa dilakukan sendiri di rumah.

oleh Woro Anjar Verianty diperbarui 25 Okt 2022, 12:15 WIB
Diterbitkan 25 Okt 2022, 12:15 WIB
Ilustrasi sakit gigi
Ilustrasi sakit gigi (foto: Pixabay)

Liputan6.com, Jakarta Cara menghilangkan sakit gigi dalam 5 menit bisa dilakukan dengan mengikuti beberapa langkah. Sakit gigi menjadi salah satu gangguan kesehatan yang kerap kali menimbulkan rasa nyeri tidak tertahankan, yang kemudian dapat mempengaruhi bagian tubuh lainnya.

Sakit gigi dapat mengganggu aktivitas sehari-hari, akibat nyeri gigi yang muncul mungkin menyebabkan gejala lain seperti pusing, demam dan pembekakan. Hal ini lah yang membuat penting bagi kita untuk mengetahui cara menghilangkan sakit gigi dalam 5 menit, agar kita dapat kembali beraktivitas dengan normal.

Bagi Anda yang sulit menyisihkan waktu untuk bertemu dengan dokter gigi, cara menghilangkan sakit gigi dalam 5 menit dapat menjadi alternatif untuk menyembuhkan nyeri gigi yang menyerang. Selain cepat cara mengatasi sakit gigi ini juga bisa dilakukan secara mandiri di rumah.

Lebih lengkapnya, berikut ini Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Selasa (25/10/2022) tentang cara menghilangkan sakit gigi dalam 5 menit dengan mudah, yang bisa dilakukan sendiri di rumah.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Cara Menghilangkan Sakit Gigi dalam 5 Menit

Gambar Ilustrasi Garam
Sumber: Freepik

1. Kumur Air Garam

Hal pertama yang harus Anda coba cara menghilangkan sakit gigi dalam 5 menit adalah berkumur dengan air garam. Air garam memiliki sifat penyembuhan yang dapat memberikan kelegaan dalam hitungan beberapa menit.

Ambil 1/2 sendok teh garam dan campurkan ke dalam segelas air hangat sebelum menyesap air garam dan kumur-kumur di mulut. Gunakan seperti obat kumur sebelum memuntahkan air garam.

Air garam dapat berfungsi sebagai disinfektan alami dan menurunkan peradangan yang Anda alami di mulut. Ini juga dapat membantu membebaskan partikel makanan yang mungkin menempel di gigi sehingga tidak menyebabkan rasa sakit atau kerusakan gigi tambahan.

Beberapa orang juga lebih suka menggunakan bilasan hidrogen peroksida daripada yang menggunakan air garam. Ini juga efektif untuk menghilangkan rasa sakit dari gigi yang sakit.

Buat pembilasan hidrogen peroksida dengan mencampurkan hidrogen peroksida 3 persen dan air sebelum menggunakannya dengan cara yang sama seperti membilas air garam. Namun berhati-hatilah saat melakukannya dan pastikan Anda tidak menelan campuran tersebut.

2. Kompres Dingin

Tempatkan kompres dingin di bagian mulut yang terasa sakit. Ini akan menyebabkan semua pembuluh darah di bagian mulut menyempit, yang seharusnya menghilangkan beberapa rasa sakit yang Anda alami.

Kompres dingin juga dapat membatasi pembengkakan di sekitar gigi dan menghilangkan peradangan. Cobalah untuk tidak menempelkan kompres dingin di wajah selama lebih dari sekitar 2 menit setiap beberapa jam.

3. Pasta Bawang Putih

Banyak orang telah menggunakan bawang putih untuk tujuan pengobatan selama berabad-abad. Bawang putih terbukti efektif dalam membunuh bakteri, dan juga dapat menghilangkan rasa sakit saat Anda menggunakannya.

Cara menghilangkan sakit Gigi dalam 5 menit dengan teknik ini yakni hancurkan 1 siung bawang putih hingga menjadi pasta dan letakkan di atas bagian mulut yang sakit. Ini akan membunuh bakteri di area tersebut dan membuatnya terasa lebih baik dalam waktu singkat. Tambahkan sedikit garam ke dalam campuran untuk membuat pasta siung bawang putih lebih efektif daripada yang sudah ada.


Cara Menghilangkan Sakit Gigi dalam 5 Menit

Daun Jambu Biji Untuk Kesehatan
Tak hanya buahnya, daun jambu biji pun memiliki banyak manfaat. Apa saja?

4. Teh Celup Peppermint

Ada begitu banyak manfaat kesehatan yang bisa Anda dapatkan dengan menggunakan teh peppermint. Salah satu manfaat terbesar adalah bahwa teh peppermint dapat digunakan sebagai cara mengatasi sakit gigi. Ini juga dapat memberikan kelegaan yang menenangkan untuk gusi sensitif .

Untuk melihat cara kerjanya, ambil kantong teh peppermint bekas yang masih hangat dan tempelkan di area yang menyebabkan Anda sakit. Anda akan merasakan sakit pada gigi mulai hilang dalam beberapa detik.

Anda juga bisa memasukkan kantong teh peppermint bekas ke dalam freezer selama beberapa menit sebelum meletakkannya di atas area yang terkena sakit gigi. Ini juga bisa menjadi keajaiban bagi gigi yang sakit.

5. Ekstrak Vanila

Kebanyakan orang tidak menyadari hal ini, tetapi ada alkohol dalam ekstrak vanila dapat membantu meredakan rasa sakit gigi. Ambil sedikit ekstrak vanila dan oleskan ke area mulut yang terkena beberapa kali setiap hari. Ini akan membantu menjernihkan beberapa rasa sakit yang Anda rasakan.

6. Ramuan Daun Jambu Biji

Daun jambu biji dapat membantu menyembuhkan beberapa luka berkat sifat anti-inflamasi yang terkandung di dalamnya. Tempatkan daun jambu biji segar ke dalam mulut dan kunyah selama beberapa menit untuk melihat apakah Anda merasa lega. Atau hancurkan daun jambu biji dan masukkan ke dalam panci berisi air mendidih untuk membuat obat kumur.

7. Thyme

Ambil sebotol minyak esensial thyme dan taruh beberapa tetes di atas bola kapas. Tempatkan beberapa tetes air di atas minyak esensial thyme untuk mengencerkannya sebelum mengoleskan bagian dalam mulut Anda dengannya. Thyme mungkin dapat menghilangkan bakteri berbahaya di mulut dan membuat sakit gigi Anda hilang.

8. Obat Tanpa Resep

Cara menghilangkan sakit gigi dalam 5 menit yang terakhir adalah dengan mengonsumsi obat pereda sakit yang dijual bebas tanpa resep. Obat-obatan seperti aspirin dan ibuprofen menargetkan peradangan dan dengan demikian dapat meredakan nyeri. Alternatif acetaminophen (Tylenol) dan ibuprofen (Advil) dapat memberikan pereda nyeri yang lebih baik. Gel tertentu juga dapat dioleskan langsung ke gigi dan gusi untuk mengurangi rasa sakit.


Hubungi dan Pastikan Memeriksakan Diri Ke Dokter Gigi

Ilustrasi Dokter Gigi.
Ilustrasi Dokter Gigi. Photo by Caroline on Unsplash

Setelah memahami cara menghilangkan sakit Gigi dalam 5 menit, Anda juga perlu waspada pada penyebab sakit gigi dan gejala sakit gigi yang Anda rasakan.

Sakit gigi dapat disebabkan oleh berbagai hal, mulai dari infeksi pada gusi hingga gigi berlubang. Menyebabkan rasa sakit yang tidak tertahankan, penting untuk memeriksakan gigi ke dokter saat Anda memiliki waktu. Anda juga harus mengunjungi dokter gigi jika menderita gejala seperti:

- Demam

- Gusi merah tua

- Masalah dengan pernapasan

Tidak masalah jika Anda memiliki sedikit rasa sakit di salah satu gigiatau gigi sakit yang tidak kunjung hilang. Anda tidak boleh mengabaikan rasa sakit yang Anda rasakan di mulut.

Dengan menghubungi praktek dokter gigi yang bereputasi baik, Anda bisa mendapatkan perawatan yang dibutuhkan untuk menghilangkan rasa sakit Anda. Anda juga bisa mendapatkan akar dari rasa sakit dan mengatasi masalah apa pun yang mengganggu kesehatan mulut.

 

Tips Mencegah Sakit Gigi

Berikut beberapa tips yang bisa Anda ikuti untuk mengurangi frekuensi sakit gigi Anda.

- Terapkan kebiasaan kebersihan mulut yang baik, seperti menyikat gigi dua kali sehari dan flossing setiap hari, untuk menghindari penumpukan plak.

- Batasi konsumsi gula dan rajin berkumur dengan air atau obat kumur setelah makan sesuatu yang tinggi gula atau pati.

- Lakukan pemeriksaan rutin ke dokter gigi setiap enam bulan karena akan membantu memantau kesehatan mulut dan mengidentifikasi potensi masalah yang mungkin muncul.

- Makan camilan sehat, seperti apel dan pisang, daripada makanan lengket yang lebih cenderung menyebabkan pembusukan pada gigi.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya