15 Wisata Di Madiun Terbaik yang Wajib Dikunjungi dan Menarik

Rekomendasi tempat wisata di Madiun yang wajib dikunjungi, beserta dengan harga tiket masuknya.

oleh Woro Anjar Verianty diperbarui 04 Nov 2022, 11:45 WIB
Diterbitkan 04 Nov 2022, 11:45 WIB
Wisata Alam Madiun
Ilustrasi pegunungan (sumber: Pixabay)

Liputan6.com, Jakarta Wisata di Madiun terkenal dengan alamnya yang tidak hanya indah namun juga menyimpan berbagai potensi wisata yang belum diketahui. Kota Madiun yang terletak di Provinsi Jawa Timur ini memiliki tiga julukan yaitu kota brem, kota budaya dan kota sastra.

Memiliki banyak spot wisata yang menari, wisata di Madiun cocok untuk tempat liburan bersama dengan teman maupun keluarga. Memiliki banyak destinasi wisata, wisata di Madiun terdiri dari wisata alam, budaya, religi, kuliner, edukasi dan masih banyak lagi.

Luas areanya yang tidak terlalu besar juga memberi keuntungan untuk para wisatawan yang ingin menghabiskan waktu liburan di banyak tempat wisata di Madiun dalam satu hari perjalanan. Letaknya yang strategis juga membuat akses ke berbagai tempat wisata di Madiun bisa dengan mudah dijangkau dengan kendaraan pribadi maupun umum.

Untuk referensi bagi anda yang akan berkunjung ke Madiun, berikut ini Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber pada Jumat (04/11/2022). Rekomendasi tempat wisata di Madiun yang wajib dikunjungi, beserta dengan harga tiket masuknya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Wisata Di Madiun Berupa Air Terjun

Air Terjun Seweru
Tempat Wisata di Madiun (Sumber: Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Kabupaten Madiun)

1. Air Terjun Kucur

Wisata di Madiun yang pertama adalah air terjun kucur. Kucur adalah suara yang digunakan orang Jawa ketika air dari atas menyentuh sisi bawah. Kucur kucur kucur, begitulah bunyinya. Air terjun ini memiliki suara kucur, karena bagian bawah air terjun berupa bebatuan.

Jadi berhati-hatilah untuk tidak melakukan sesuatu yang berbahaya di bawah air terjun karena batu-batu itu bisa melukai anda jika Anda tidak cukup berhati-hati. Lebih baik tinggal di hilir dan bermain air bersama dengan teman dan keluarga sambil menikmati pemandangan menakjubkan dari air terjun kucur.

Tiket Masuk : gratis

 

2. Air Terjun Banyulawe Dong

Air terjun yang selanjutnya bernama Banyulawe Dong. Banyulawe mungkin merupakan air terjun paling hijau di Jawa Timur. Seluruh area di sekitarnya ditumbuhi dengan vegetasi hijau ini, membuat air terjun ini terlihat lebih alami dan sangat segar.

Dapat ditemukan di desa Kepel, Kare. Air terjun ini bisa menjadi pilihan yang tepat untuk berlibur ke wisata di madiun. Anda bisa pergi ke sana sendirian, bersama teman-tema atau mungkin teman backpacker dan petualang. 

Tiket Masuk : Rp 5.000

 

3. Air Terjun Selampir

Setelah dua air terjun di atas, satu lagi air terjun yang bisa anda kunjungi juga di Madiun adalah yang terletak di dekat kebun kopi. Lokasinya yang juga dikelilingi batu tidak seberbahaya air terjun sebelumnya. Batu-batunya cukup kecil sehingga Anda dapat berjalan di atasnya dengan aman tanpa kesulitan.

Disini anda juga dapat menemui banyak spot untuk, berfoto selfie atau spot untuk hanya menikmati air di sana. Lokasinya yang terletak di dekat kebun kopi, membuat kadangkala pengunjung dapat mencium aroma kopi dari lokasi ini.

Tiket Masuk : gratis.

 

4. Air Terjun Seweru

Terletak di lereng Gunung Wilis, air terjun seweru  juga dikenal sebagai Air Terjun Kedung Malam dan Serondo. Ketinggian air terjun 400 meter di atas permukaan laut, dan dibawahnya terdapat kolam. Untuk luasnya, area ini memiliki total 6 hektar.

Mata air ini dapat ditemukan di kaki Gunung Wilis. Aliran air terjun yang keluar melalui pepohonan yang rindang dan perkebunan kopi juga menambah pemandangan yang hijau dan asri. Saat pengunjung sampai di lokasi, mereka akan disambut oleh pemandangan alam air terjun. 

Tiket Masuk :  Rp 2.000


Wisata Di Madiun Berupa Pegunungan dan Hutan

Wana Wisata Grape, Madiun
Wana Wisata Grape, Madiun. (Liputan6.com/IG/@ariesskuliner)

5. Gunung Wilis

Wisata di Madiun yang berikutnya adalah Gunung Wilis. Gunung Wilis menjadi populer karena daerah tersebut merupakan jalur gerilya ke Yogyakarta bagi pasukan yang dipimpin oleh Jenderal Soedirman dalam mempersiapkan Serangan Umum 1 Maret 1949. 

Selain itu, gunung ini merupakan gunung berapi yang tidak aktif dan lokasi favorit bagi pecinta hiking karena memiliki ketinggian yang cukup tinggi. Selama pendakian, pendaki akan melihat berbagai satwa liar yang hidup bebas. Akses menuju Gunung Wilis terdiri dari perbukitan dan lembah. 

Tiket Masuk : Rp10.000

 

6. Taman Rekreasi Gunung Kendil

Taman Rekreasi Gunung Kendil yang terletak di Pilangrejo. Tempat ini sebelumnya adalah untuk pelatihan militer. Saat ini, setelah menjadi objek wisata, tempat ini memiliki beberapa fasilitas pendukung seperti mushola, toilet, gazebo, restoran, dan lain sebagainya.

Untuk atraksi dan wahana, tempat wisata ini memiliki tempat pemancingan, area camping, lapangan untuk latihan menembak, dan arena balap motor dan mobil off-road. Pengunjung yang datang ke sini bisa menikmati fasilitas yang disediakan sepuasnya.

Tiket Masuk : Rp 15.000

 

7. Wisata Alam Anggur

Wisata di Madiun ini  terletak di Desa Kresek, kecamatan Wungu atau sekitar 15 kilometer dari Madiun. Objek wisata ini dibangun untuk memberikan kesempatan kepada pengunjung untuk merasakan nuansa pedesaan yang sesungguhnya.

Beberapa kegiatan seperti bersepeda, menjelajahi alam, berkemah, dan panjat tebing tersedia di sini. Dan adanya wahana bermain menjadikan kawasan wisata alam ini lengkap dan cocok untuk tempat rekreasi favorit keluarga.

Tiket Masuk : Rp 5.000

 

8. Hutan Pinus Nongko Ijo

Tempat wisata di Madiun yang terkenal selanjutnya adalah hutan pinus nongko ijo. Penanaman pohon pinus ini sudah dimulai sejak tahun 1981 dan berlokasi di Kawasan Pengelola Hutan (RPH) kavling 28. Penamaan hutan ini berdasarkan keberadaan pohon nangka yang besar. 

Pohon itu pernah tumbuh di dekat kawasan hutan pinus, dan itu mengilhami penduduk setempat untuk menyebutnya Nongko (nangka) Ijo. Selain dapat menikmati hutan pinus yang rindang dan segar, pengunjung juga dapat melihat perjumpaan aliran mata air yang berasal dari dua sungai; Sungai Juweh dan Sungai Catur. 

Tiket Masuk : Rp20.000


Wisata Di Madiun Berupa Waduk

Waduk Bening Widas
Tempat Wisata di Madiun (Sumber: Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Kabupaten Madiun)

9. Waduk Kedungbrubus

Fungsi Waduk Kedungbrubus adalah sebagai sarana irigasi. Berlokasi di Dusun Kedungbrubus, Desa Bulu, Kecamatan Pilangkenceng, Madiun. Di sekitar kawasan ini terdapat beberapa fasilitas penunjang seperti warung atau rumah makan keluarga kecil yang sangat cocok bagi wisatawan selama berkunjung. 

Selain itu, daerah ini juga memiliki fosil dari zaman kuno. Menurut beberapa peneliti, penemuan itu terjadi karena Sungai Kedungbrubus merupakan salah satu sungai purba yang menghubungkan Trinil di Ngawi. Kemudahan akses menuju lokasi ini juga semakin menarik banyak pengunjung.

Tiket Masuk : gratis

 

10. Waduk Notopuro

Sama seperti waduk lainnya, fungsi waduk ini adalah sebagai sarana irigasi persawahan warga sekitar. Bedanya, yang satu ini adalah waduk tadah hujan. Semua air dari hutan lereng Gunung Pandan akan masuk ke Waduk Notopuro.Waktu terbaik untuk menikmati keindahan Waduk Notopuro adalah saat matahari terbenam. 

Terletak di Dusun Notopuro, Desa Duren, Kabupaten Pilangkenceng, Madiun, jarak waduk dengan kota Caruban sekitar 15 kilometer. Jalanan sudah beraspal dengan baik, sehingga memudahkan perjalanan melalui akses ini. Aksesnya juga terhubung dengan jalur Waduk Kedungbrubus.

Tiket Masuk : gratis

 

11. Bening Wedas Reservoir

Waduk Bening Wades terletak di Dusun Petung, Desa Pajajaran, Kabupaten Seradan. Luas waduk ini mencapai 860 kilometer persegi yang difungsikan sebagai fasilitas irigasi dan pembangkit listrik tenaga mini hidro. Selain kedua fungsi tersebut, waduk juga merupakan tempat wisata yang dikelola dengan baik. 

Berbagai stand, restoran, kolam pemancingan, dermaga, taman bermain, dan penginapan tersedia untuk menampung pengunjung yang datang ke tempat ini. Di Waduk Bening Wades juga terdapat ikan air tawar yang dikelola oleh Jasa Tirta.

Tiket Masuk : Rp 7.500

 

12. Waduk Dawuhan

Waduk Dawuhan terletak di Desa Sidomulyo, kecamatan Wonoasri, Madiun, Jawa Timur, dengan jarak tempuh ke Kota Caruban sekitar 8 kilometer. Waduk seluas 1.273 hektar ini merupakan sarana pengairan sawah di 9 desa dari 3 kelurahan yang berbeda.

Tempat ini menjadi tempat wisata alternatif karena memiliki pemandangan yang bagus dan indah. Sama halnya dengan Waduk Notopuro, Waduk Dawuhan juga merupakan tempat budidaya ikan air tawar. Dulu sistemnya menggunakan keramba atau keramba, namun saat ini, mereka menggunakan sistem penebaran benih ikan.

Tiket Masuk : gratis


Wisata Di Madiun Berupa Taman Rekreasi

Wisata Madiun
Wisata Madiun

13. Taman Rekreasi Tirtonirmolo

Madiun juga memiliki tempat wisata rekreasi dimana tersedia waterpark dan kolam renang. Salah satunya adalah Taman Rekreasi Tirtonirmolo yang terletak di kilometer 7 Jalan Ngawi-Madiun Raya, Tempuran.

Disini  pengunjung dapat mencoba beberapa atraksi dan fasilitas seperti kolam seluncuran, kolam renang untuk anak-anak dan dewasa, kolam air terjun, kolam laba-laba, kolam ember tumpah, dan lain sebagainya.

Tiket Masuk : Rp15.000 

 

14. Taman Rekreasi Umbul

Wisata di Madiun yang selanjutnya adalah Taman Rekreasi Umbul. Taman Rekreasi Umbul merupakan salah satu peninggalan kolonial Belanda. Taman Rekreasi Umbul memiliki beberapa atraksi dan wahana yang menarik untuk dicoba. Atraksi dan wahana yang menarik seperti roller coaster, Viking, bianglala, kebun binatang mini, kolam renang, dan lain sebagainya. 

Fasilitas lainnya juga lengkap yang akan mempermudah para pengunjung yang datang ke tempat ini. Taman Rekreasi Umbul memiliki satu keunikan lagi yaitu lokasi ini diapit oleh dua jurang. Untuk menikmati panorama alam yang sangat indah ini, pengunjung bisa datang setiap hari mulai pukul 08.00 WIB hingga 23.00 WIB. 

Tiket Masuk : Rp 10.000

 

15. Sun City dan Theme Park

Tempat wisata di Madiun terakhir  adalah Sun City & Theme Park yang terletak di Jalan 8 S. Parman, Oro-Oro Ombo, Kartoharjo, Kota Madiun. Taman rekreasi ini masih berada dalam satu kawasan dengan Sun City Mall dimana banyak warga Madiun yang sering datang berkunjung.

Theme park ini memiliki fasilitas dan wahana yang lengkap. Tempat ini menjadi lokasi favorit untuk berlibur bersama keluarga karena pengunjung bisa bermain air sepuasnya. Selain itu, keberadaan pusat perbelanjaan membuat liburan semakin lengkap.

Tiket Masuk : Rp 20.000 

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya