6 Cara Menggunakan Fitur Notes Instagram Terbaru

Instagram resmi meluncurkan fitur “Notes atau Catatan” secara global pada 14 Desember 2022.

oleh Laudia Tysara diperbarui 14 Des 2022, 17:10 WIB
Diterbitkan 14 Des 2022, 17:10 WIB
Instagram - Vania
Ilustrasi Instagram. (unsplash.com/Solen Feyissa)

Liputan6.com, Jakarta - Instagram resmi meluncurkan fitur “Notes atau Catatan” secara global pada 14 Desember 2022. Kehadiran Notes Instagram, memungkinkan pengguna lebih interaktif bersosialisasi melalui media sosial Instagram.

Bagaimana cara menggunakan fitur Notes Instagram?

Notes Instagram melansir dari Techcrunch, digambarkan oleh perusahaan sebagai fitur yang memungkinkan pengguna berbagi “apa saja yang mereka lakukan” atau “meminta rekomendasi” kepada mutualnya.

Berdasarkan data yang Liputan6.com lansir dari berbagai sumber, Notes Instagram pun tengah dipertimbangkan untuk bisa menjadi aplikasi mandiri selain sebagai fitur tambahan/umpan lain di aplikasi Instagram.

Pengguna bisa menemukan fitur Notes Instagram di halaman Direct Message (DM). Notes akan hilang dalam waktu 24 jam seperti ketika pengguna membagikan cerita/Instagram Stories. Simak cara menggunakan fitur Notes Instagram yang dimaksudkan.

Berikut Liputan6.com ulas lebih mendalam cara menggunakan fitur Notes Instagram terbaru, Rabu (14/12/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Cara Menggunakan Fitur Note Instagram Terbaru

Ilustrasi Instagram di Smartphone Android. Liputan6.com/Mochamad Wahyu Hidayat
Ilustrasi Instagram. Liputan6.com/Mochamad Wahyu Hidayat

Fitur Note Instagram terbaru umumnya akan muncul di bagian atas Direct Message (DM) Instagram. Note Instagram adalah fitur catatan atau notes dengan jangka waktu, yakni akan hilang dalam waktu 24 jam seperti ketika pengguna membagikan cerita/Instagram Stories.

Begini cara menggunakan fitur Note Instagram terbaru yang Liputan6.com lansir dari berbagai sumber:

1. Buka Instagram

Cara menggunakan fitur Note Instagram adalah siapkan koneksi internet yang stabil agar pengguna bisa masuk ke beranda Instagram tanpa hambatan.

2. Membuka DM

Cara menggunakan fitur Note Instagram kedua, buka bagian DM dan perhatikan pengguna yang muncul di barisan atas. Notes atau catatan dari fitus Notes Instagram akan muncul di sana berupa mirip “bubble chat.”

3. Tinggalkan Notes

Cara menggunakan fitur Notes Instagram selanjutnya bisa langsung meninggalkan catatan atau notes. Pada ikon (+) dengan keterangan “Notes” pengguna bisa meninggalkan catatan dengan pilih “Leave a Note” yang artinya tinggalkan pesan.

4. Tersedia 60 Karakter

Cara menggunakan fitur Notes Instagram adalah pengguna bisa meninggalkan catatan dengan 60 karakter yang disediakan. Fitur Notes Instagram ini mirip dengan mode Create Instagram Stories.

5. Membagi Notes

Cara menggunakan fitur Notes Instagram jika sudah menulis catatan, maka pengguna bisa langsung membaginya. Catatan tidak dibagi secara pribadi, tetapi bisa dibagi kepada teman-teman terdekat (close friend) atau teman dengan status sudah saling mengikuti (mutual).

6. Saling Memberi Tanggapan

Cara menggunakan fitur Notes Instagram adalah ditujukan agar pengguna Instagram lebih interaktif bersosialisasi melalui media sosial Instagram. Catatan ini akan hilang dalam kurun waktu 24 jam, Notes Instagram memungkinkan pengguna saling membalas pesan.


Fitur-Fitur Instagram Lainnya

Ilustrasi Instagram
Ilustrasi Instagram. (via: istimewa)

Selain Notes Instagram, aplikasi media sosial Instagram pun memiliki fitur yang wajib dijajal pengguna. Ini fitur-fitur Instagram lain yang melansir dari Embedsocial:

1. Instagram Stories 60 detik (1 Menit)

Durasi Instagram Stories diperpanjang menjadi 60 detik yang awalnya 15 detik saja. Faktanya, Instagram sudah melakukan uji coba untuk durasi Stories yang lebih panjang sejak 2021 yang lalu.

Adanya pembaruan ini, pengguna Instagram khususnya content creator dan influencer bisa mengunggah sebuah konten Stories berdurasi 60 detik tanpa harus dipecah ke dalam beberapa bagian.

2. Penggunaan Stiker ‘Add Yours'

Stiker ‘Add yours’ memungkinkan pengguna untuk memposting konten atau cerita yang menarik dan orang lain dapat melanjutkan cerita dengan pandangan mereka sendiri tentang konten yang diposting.

Kabar baiknya, stiker ‘Add yours’ yang sebelumnya hanya ada di Instagram stories sekarang sudah tersedia juga di Instagram Reels. Ini memungkinkan pengguna mengundang orang lain untuk membagikan cerita mereka sendiri tentang topik apa pun yang diinginkan. 

Stiker ini adalah cara yang bagus bagi orang-orang untuk terhubung dan berbagi kreativitas mereka satu sama lain. Ini juga merupakan cara yang bagus untuk membuat orang terlibat dalam konten pengguna.

3. Fitur “Pin” pada Instagram

Pin pada Instagram adalah fitur yang belum lama ini hadir. Pembaruan Instagram ini memungkinkan pengguna untuk menyematkan postingan ke bagian atas grid Instagram.

Pengguna bisa menempatkan hingga 3 postingan yang diinginkan berada di paling atas ketika orang mengunjungi profil Instagram.

Untuk mulai memasang pin, cukup ikuti langkah-langkah berikut:

- Pergi ke postingan yang ingin di pin

- Ketuk 3 titik di pojok kanan atas

- Pilih 'Sematkan ke profil Anda'

4. Durasi Video Reels

Fitur baru instagram adalah durasi video reels. Fitur yang dihadirkan Instagram melalui reels menjadi salah satu bentuk konten yang paling diminati dalam menaikkan reach konten.

Dulu reels hanya mampu membuat video dengan durasi 15 detik, 30 detik, atau 60 detik. Durasi yang begitu singkat, membuat para pengguna, para marketer, dan content creator tidak bisa menunjukkan lebih kreatifitasnya.

5. Penambahan Fitur ‘Add Music’

Keestetikan sangat menjadi perhatian penting baik bagi pengguna Instagram maupun para content creator. Instagram menambahkan fitur “Add Music” yang memungkinkan pengguna atau para content creator membuat Feed yang disertai dengan musik.

 

 

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya