Punya Tangan Berukuran Raksasa, Remaja Ini Dijuluki "Hulk" Asal India

Remaja punya lengan berukuran abnormal.

oleh Ibrahim Hasan diperbarui 18 Des 2022, 16:00 WIB
Diterbitkan 18 Des 2022, 16:00 WIB
Tangan Berukuran Raksasa
Punya Tangan Berukuran Raksasa, Remaja Ini Dijuluki "Hulk" Asal India (India Times)

Liputan6.com, Jakarta Punya tubuh besar dan tangan kekar serta berwarna hijau identik dengan tokoh superhero Hulk. Sudah banyak orang yang tahu salah satu superhero Marvel ini punya pukulan tangan mematikan. Meski berada di dunia fiksi seorang remaja asal India justru kerap mendapat julukan sebagai Hulk.

Melansir dari India Times, seorang remaja bernama Mohammad Kaleem punya tangan yang besar. Ukurannya tak proporsional dengan tubuh yang terlihat lebih kecil. Remaja laki-laki dari Jharkhand ini telapak tangannya tumbuh sangat besar hingga sepanjang 60 cm karena kondisi yang langka. Orang-orang menyebut tangannya 'tangan Hulk saking besarnya.

Pria berusia 16 tahun itu memiliki kondisi medis yang aneh dan membuat tangannya tumbuh dari ukuran normal menjadi 'tangan Hulk' besar. Begitu pula lengan bawah remaja bertangan Hulk ini yang juga ikut membesar. Kendati demikian, anggota tubuh lain Mohammad Kaleem tampak berukuran wajar.

Tak hanya ukurannya yang panjang dan besar, tangan remaja asal India itu juga punya bobot yang tak habis pikir. Kondisi ini juga dijelaskan dalam dunia medis yang cukup jarang ditemui. Kosah Mohammad Kaleem sendiri kerap jadi pusat perhatian Berkut liputan6.com merangkum kisahnya, Minggu (18/12/2022).


Satu Lengan 8 Kilogram

Tangan Berukuran Raksasa
Punya Tangan Berukuran Raksasa, Remaja Ini Dijuluki "Hulk" Asal India (India Times)

Mohammad Kaleem adalah penduduk sebuah desa kecil di dekat Bokaro Steel City, Jharkhand, India. Kondisinya yang langka disebut Macrodactyly, yang merupakan sejenis gigantisme lokal. Dalam kondisi ini, tangan pasien tumbuh cukup besar bahkan beratnya cukup banyak. Hal itu membuat salah satu tangan Kaleem memiliki berat mencapai 8 kilogram.

Karena kondisi Kaleem yang langka dan tidak biasa, ia menjadi perbincangan di desanya. Dia dengan kejam disebut 'anak Iblis' oleh penduduk setempat. Dia juga ditolak masuk sekolah karena anak-anak lain rupanya takut padanya. Kaleem telah mencoba mendapatkan bantuan medis untuk menguranginya tetapi hanya memperburuk situasinya.

Tepat pada 10 tahun yang lalu dia menjalani operasi untuk mengecilkan ukuran tangannya. Namun operasi tersebut diduga memiliki efek sebaliknya pada Kaleem dan tangannya semakin membesar, membuat kondisinya semakin buruk dari sebelumnya. Kaleem harus menghadapi masalah yang lebih besar setelah operasi.


Kondisi Medis

Tangan Berukuran Raksasa
Punya Tangan Berukuran Raksasa, Remaja Ini Dijuluki "Hulk" Asal India (India Times)

Menurut childrenhospital.org, kondisi ini merupakan kondisi yang tidak biasa di mana jari kaki atau jari tangan bayi membesar secara tidak normal akibat pertumbuhan berlebih dari tulang dan jaringan lunak di bawahnya. Patut dicatat bahwa Macrodactyly tidak bersifat kanker.

Namun, jari tangan atau kaki yang lebih besar mungkin menyulitkan anak Anda untuk menggunakan tangan atau kaki yang terkena untuk aktivitas tertentu dalam kehidupan sehari-hari.

Dalam kondisi Kaleem, jarak antara pergelangan tangan dan telunjuk di salah satu tangannya adalah 24 inci atau 61 sentimeter. Dan salah satu tangannya beratnya 8 kg.

Lanjutkan Membaca ↓
Loading

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya