Profil PT Gajah Tunggal Tbk, Perusahaan Produksi Ban di Indonesia

PT Gajah Tunggal Tbk melakukan kegiatan produksi ban sejak tahun 1951.

oleh Laudia Tysara diperbarui 27 Des 2022, 20:45 WIB
Diterbitkan 27 Des 2022, 20:45 WIB
GT Radial
PT Gajah Tunggal Tbk menempati booth di Pre-Function Hall 5-6A, line up produk-produk ban terbaik GT Radial ditampilkan. (ist)

Liputan6.com, Jakarta - PT Gajah Tunggal Tbk adalah perusahaan yang bergerak di bidang produksi ban terbesar di Indonesia. PT Gajah Tunggal Tbk sudah bergerak menjadi persero dari tahun 1951 sampai saat ini dengan perkembangan dan pertumbuhan yang sangat signifikan. 

Melansir dari situs website resminya, PT. Gajah Tunggal Tbk saat ini sudah mempunyai sertifikat produk a.l. berupa SNI (Indonesia), DOT (USA), E-mark (Eropa), BPS (Filipina), GSO ( Middle East), SASO ( Saudi Arabia), In-Metro ( Brasilia), LATU (Uruguay), VSCC( Taiwan), BSI BIS (India) SONCAP (Nigeria), dan ISIRI (Iran).

Pada tahun 2021, data menunjukkan bahwa PT. Gajah Tunggal Tbk telah menerbitkan obligasi (Senior Secured Notes due 2026) sebesar USD 175.000.000. Obligasi tersebut dicatat di Singapore Exchange Securities Trading Limited.

Agar lebih memahami, simak penjelasan lengkapnya. Berikut Liputan6.com ulas lebih mendalam tentang profil PT. Gajah Tunggal Tbk, sejarah berdiri, penghargaan, dan sertifikasi produk yang dimilikinya, Selasa (27/12/2022).


PT Gajah Tunggal Tbk adalah Perusahaan Produksi Ban

PT Gajah Tunggal Tbk
Marketing Communication PT Gajah Tunggal Tbk, Swenanda Yoanne Maria (istimewa)

PT Gajah Tunggal Tbk adalah perusahaan yang bergerak pengoperasian fasilitas produksi ban yang terintegrasi dan terbesar di Indonesia. Sejarah mencatat, PT Gajah Tunggal Tbk sudah berdiri sejak tahun 1951 sebagai produsen ban sepeda.

Melansir dari situs website resminya, PT Gajah Tunggal Tbk selama bertahun-tahun memperluas kapasitas produksi dan awal diversifikasinya dalam pembuatan ban sepeda motor dan ban dalam, serta akhirnya ke dalam pembuatan ban kendaraan penumpang dan komersial.

Pertama kali PT Gajah Tunggal Tbk memproduksi ban sepeda motor adalah tahun 1971 dan mulai memproduksi ban bias penumpang dan kendaraan komersial pada tahun 1981. Perkembangan perusahaan terlihat sangat signifikan dengan tercatatnya saham perusahaan untuk pertama kalinya di Bursa Efek Jakarta dan Surabaya pada tahun 1990.

Satu tahun kemudian, PT Gajah Tunggal Tbk mengakuisisi GT Petrochem Industries yang merupakan produsen kain ban (TC) dan benang nilon. Produksi ban Gajah Tunggal semakin meningkat, tercatat pada tahun 1993 perusahaan mulai melakukan produksi secara komersial ban radial untuk mobil penumpang dan truk ringan.

Diterima-nya sertifikasi mutu, seperti E-mark dari Komunitas Eropa dan memenuhi syarat dan peraturan Departemen Transportasi yang diperlukan untuk pasar Amerika Serikat pada tahun 1994, semakin memperkokoh kedudukan PT Gajah Tunggal Tbk dalam pasar domestik dan internasional.

PT Gajah Tunggal Tbk pun melakukan akuisisi terhadap perusahaan lainnya, seperti produsen kawat baja  Langgeng Baja Pratama (LBP) pada tahun 1995, produsen velg aluminium terbesar kedua di Indonesia Meshindo Alloy Wheel Corporation pada tahun 1996. Akhirnya diterima-nya sertifikasi mutu internasional ISO 9002 untuk system kendali mutu produksi ban radial, dan juga menerima TUV CERT, sertifikasi mutu dari Jerman.

Tahun 2010, PT Gajah Tunggal Tbk melakukan pengembangan kemampuan produksi ban TBR. Pada tahun 2021, perusahaan menerbitkan obligasi (Senior Secured Notes due 2026) sebesar USD 175.000.000. Obligasi tersebut dicatat di Singapore Exchange Securities Trading Limited.

 


Penghargaan dan Sertifikasi Produk PT Gajah Tunggal Tbk

Bantuan
PT Gajah Tunggal Tbk menyerahkan bantuan berupa 900 perangkat alat pelindung diri (APD) kepada beberapa pihak di Bali. Dok GT

Kualitas produk PT Gajah Tunggal Tbk tercermin dalam prestasi kelulusan dalam sertifikasi sistem manajemen mutu internasional, ISO 9002, untuk system kendali mutu produksi ban radial pada tahun 1995.

Dua tahun kemudian, masih melansir dari sumber yang sama, PT Gajah Tunggal Tbk pada tahun 1997 untuk pabrik ban radial menerima sertifikasi ISO 9001 yang mencakup kualitas system desain, pengembangan dan instalasi.

Pada tahun 2002, PT Gajah Tunggal Tbk menerima sertifikat bergengsi pada industryi otomotif, QS 9000, dari TUV Rheinland of North America. Pada tahun 2005, PT Gajah Tunggal Tbk menerima ISO/TS 16949, yang merupakan peningkatan dari QS 9000. Sertifikat mutu ISO/TS 16949 ini dianggap lebih bergengsi oleh industri otomotif global.

Pada bulan Juni 2009, PT Gajah Tunggal Tbk mendapatkan sertifikasi ISO 14001:2004 untuk sistem manajemen lingkungan, yang merupakan indikator penting untuk kesadaran kepedulian terhadap lingkungan Perusahaan.

Kemudian, pada 2018 PT Gajah Tunggal Tbk telah lulus sertifikasi IATF16949:2016 yang merupakan sistem manajemen mutu untuk industri otomotif edisi terbaru dan ISO14001:2015 sistem manajemen lingkungan edisi terbaru dari TUV Nord Indonesia

PT. Gajah Tunggal Tbk saat ini terbukti sudah mempunyai sertifikat produk a.l.: SNI (Indonesia), DOT (USA), E-mark (Eropa), BPS (Filipina), GSO ( Middle East), SASO ( Saudi Arabia), In-Metro ( Brasilia), LATU (Uruguay), VSCC( Taiwan), BSI BIS (India) SONCAP (Nigeria), dan ISIRI (Iran).

Pengujian produk PT. Gajah Tunggal Tbk untuk mendapatkan sertifikasi dilakukan di Laboratorium PT Gajah Tunggal Tbk sendiri yang telah terakreditasi ISO/IEC17025 sejak 2005.

Adanya sertifikat ini, Laboratorium PT Gajah Tunggal Tbk diakui mempunyai kompetensi sebagai Laboratorium testing. Ini yang membuat PT. Gajah Tunggal Tbk berhak menerbitkan laporan hasil uji sendiri yang diakui oleh lembaga-lembaga sertifikasi produk di tingkat nasional maupun internasional.

Lanjutkan Membaca ↓
Loading

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya