Profil PT Pan Brothers, Sejarah, dan Bidang Usahanya

PT Pan Brothers adalah salah satu perusahaan garmen atau industri pakaian jadi terbesar di Indonesia.

oleh Husnul Abdi diperbarui 03 Jan 2023, 12:35 WIB
Diterbitkan 03 Jan 2023, 12:35 WIB
PT Pan Brothers
PT Pan Brothers (sumber: panbrotherstbk.com)

Liputan6.com, Jakarta PT Pan Brothers adalah salah satu perusahaan garmen atau industri pakaian jadi terbesar di Indonesia. Perusahaan ini memiliki kantor pusat di Tangerang, dan memiliki pabrik di Tangerang, Bandung, Boyolali, Sragen, ungaran, dan Tasikmalaya.

PT Pan Brothers memproduksi semua jenis garmen dengan menggunakan berbagai jenis kain. Slogan perusahaannya yaitu “Clothing the world with Indonesian heart”. Kantor pusatnya berada di Jl. Siliwangi No. 178, Jatiuwung, Tangerang 15133 – Indonesia.

PT Pan Brothers terkenal dengan produk-produknya yang telah tersebar di seluruh wilayah Indonesia. Beberapa merek pakaian ternama bekerjasama atau bahkan merupakan produk dari perusahaan garmen satu ini.

Berikut Liputan6.com rangkum dari laman resmi PT Pan Brothers, Selasa (3/1/2023) tentang PT Pan Brothers.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Profil PT Pan Brothers

PT Pan Brothers (sumber: panbrotherstbk.com)
PT Pan Brothers (sumber: panbrotherstbk.com)

Terbentuk pada tahun 1980, PT Pan Brothers Tbk (PBRX) adalah salah satu perusahaan garmen manufaktur terbesar di Indonesia. Dengan kantor pusat di Tangerang dan fasilitas pabrik yang berlokasi di Tangerang, Bandung, Boyolali, Sragen, Ungaran, dan Tasikmalaya, PT Pan Brothers dan anak perusahaannya memproduksi semua jenis garmen dengan menggunakan berbagai jenis kain, mulai dari performance wear hingga woven garments.

Visi dan Misi Perusahaan

Visi

“Menjadi Perusahaan Pemasok Pakaian yang Terpadu dan Mendunia”

Misi

- Meningkatkan kinerja dan produk Perusahaan dengan menerapkan praktik manajemen terbaik secara berkesinambungan dengan dampak negatif yang seminimal mungkin terhadap ekosistem

- Untuk menciptakan peluang terbaik bagi karyawan dan pemangku kepentingan kami sehingga mereka dapat berkembang dan mencapai potensi penuh mereka

- Untuk memaksimalkan nilai pemegang saham dan memanfaatkan sumber daya keuangan kami secara efisien untuk memberikan peluang yang menarik

- Untuk meningkatkan Tata Kelola Perusahaan yang Baik dan senantiasa terus berusaha mencapai yang terbaik

- Menjadi pemimpin dalam rantai pasokan pakaian jadi dengan memasok produk pakaian jadi yang berkualitas tinggi, ramah lingkungan, dan bertanggung jawab secara sosial

- Menjadi pemimpin dalam rantai pasokan pakaian jadi dengan kepuasan pelanggan yang maksimal

- Mencapai kepuasan pelanggan yang tinggi dengan menyediakan produk yang tepat

- Menjadi Perusahaan yang bertanggung jawab secara sosial dan ramah lingkungan

- Berkontribusi aktif dalam pembangunan ekonomi Indonesia


Sejarah PT Pan Brothers

PT Pan Brothers (sumber: panbrotherstbk.com)
PT Pan Brothers (sumber: panbrotherstbk.com)

1980, Berdiri pada tanggal 21 Agustus sebagai perusahaan yang bergerak di industri garmen di Tangerang, Banten, Indonesia.

1990, Terdaftar sebagai Perusahaan Terbuka (PBRX) di Indonesia Bursa Efek dengan saham yang ditawarkan kepada publlik yang pertama kali

1992, Saham bonus yang diterbitkan – total saham meningkat menjadi 38,4 juta saham

1996, Menerima penawaran tender atas sahan PBRX oleh pengelolaan yang baru

1997, Melakukan pemecahan saham – jumlah saham meningkat menjadi 76,8 juta saham

2003, Melakukan pemecahan saham -  jumlah saham meningkat menjadi 384 juta saham

2013, Mendirikan Apparelindo Prima Sentosa (APS) dan PT Prima Sejati Sejahtera (PSS) sebagai anak perusahaan terlibat dalam suber produk

2014, Mendirikan anask perusahaan seperti Cosmic Gear Ltd., Teodore Pan Garmindo (TPG), Victory Pan Multitex (VPM), Melakukan PUT ketiga, meningkatkan total saham menjadi 6,478 miliar saham

2015, Mendirikan Berkah Indo Garment (BIG) dan PB Industri BV Internasional; Memperluas industri kapasitas Teodore Pan Garmindo (TPG) hingga Tasikmalaya

2017, Mendirikan PB Island Pte. Ltd

2019, Memperluas Teodore Pan Garmindo (TPG) untuk kedua kalinya di Tasikmalaya.


Bidang Usaha PT Pan Brothers

PT Pan Brothers (sumber: panbrotherstbk.com)
PT Pan Brothers (sumber: panbrotherstbk.com)

Garmen

Sebagai produsen garmen terbesar di Indonesia, PT. Area utama bisnis Pan Brothers Tbk terletak pada garmen manufaktur. Anak perusahaan PT Pan Brothers juga terlibat dalam proses sekunder yang selanjutnya meningkatkan nilai potongan garmen yang diproduksi oleh perusahaan. Proses ini meliputi Bordir, Pencetakan, dan Pencucian.

PT Pan Brothers saat ini memiliki dan mengoperasikan fasilitas produksi garmen di Jawa Barat dan Tengah - yaitu Tangerang, Bandung, Tasikmalaya, Boyolali, Sragen, dan Ungaran. Pada 2019, total kapasitas produksi semua fasilitas berjumlah 117 juta potong pakaian (untuk kategori produk campuran). Perusahaan telah menetapkan target untuk meningkatkan kapasitas produksinya menjadi 130 juta potong pakaian setiap tahun pada tahun 2021.

Saat ini, segmen produk utama PT Pan Brothers terdiri dari Pakaian Olahraga, Pakaian Gaya Hidup Premium, Luar Ruang, dan Pakaian Pertunjukan, dan Alat Pelindung Diri (APD).

Tekstil

Memahami betapa pentingnya mendapatkan bahan baku berkualitas tinggi dan berkelanjutan untuk hasil garmen terbaik, PT Pan Brothers telah membentuk rantai pasokan yang holistik dan terintegrasi, dimulai dari sektor hulu. Di dalam PT Pan Brothers, PT Ocean Asia Industry mempelopori upaya produksi tekstil perusahaan. Perusahaan juga secara aktif melakukan usaha patungan di sektor pabrik kain.

Anak perusahaan PT Ocean Asia Industry, adalah Produsen Tekstil Terpadu yang mengkhususkan diri dalam Knitting, Dyeing, Printing, dan Finishing. Dengan fasilitas manufaktur dan Kantor Pusat di Provinsi Serang - Banten, Indonesia, PT Ocean Asia Industry bekerja bulanan kapasitas pencelupan 500 ton dan menawarkan waktu transit yang cepat ke negara-negara terdekat seperti Singapura, Malaysia, Vietnam, China, Kamboja, Srilangka dan negara regional lainnya.

Benang

Bagian dari grup PT Pan Brothers, Victory Pan Multitex adalah pemasok mapan menjahit berkualitas tinggi, sulaman, dan benang lainnya. Melayani pasar Indonesia sejak 2014, perusahaan ini membangun merek terkenal "TAKAYAMA" yang sekarang identik dengan produk berkualitas tinggi dan pelayanan yang efisien. Menawarkan lebih dari 1000 warna benang jahit dan 360 warna benang bordir, bahan benang PT Pan Brothers juga berkisar dari poliester (poliester filamen mono, poliester tekstur filamen, poliester pintal, core spun polyester) dan viscose rayon.

Sejak 2015, Victory Pan Multitex telah memperoleh Produk OEKO-TEX STANDARD 100 Kelas 1 sertifikat. STANDAR 100 oleh OEKO-TEX® adalah pengujian independen di seluruh dunia dan sistem sertifikasi untuk produk tekstil mentah, setengah jadi, dan jadi di semua tingkat pemrosesan, serta bahan aksesori yang digunakan.

Proses Sekunder

- Printing. Berlokasi di Boyolali, Jawa Tengah dan didirikan pada tahun 2014, PT. Prima Cosmic Screen Graphics mendukung PT Pan Brothers dan Grup dengan operasi pencetakannya. Kemampuan pencetakan anak perusahaan ini mencakup berbagai jenis pencetakan, dari jenis karet, tinggi kepadatan, cetakan reflektif, dan pencetakan jenis pelarut, serta cetakan silikon, cetakan puff, bersinar dalam gelap, cetakan wewangian, cetakan perubahan panas - di antara cetakan lainnya. Kapasitas produksi untuk pencetakan telah meningkat dari 5,7 juta lembar pakaian cetak pada tahun 2019 menjadi 8 juta lembar pakaian cetak pada tahun 2020.

- Washing. Sebagai fasilitas pencelupan dan pencucian di Jawa Tengah, La Tintoria - yang beroperasi dengan nama PT. Eco Laundry Hijau Indonesia - memberikan nilai tambah pada seluruh portofolio PT Pan Brothers. Kemampuan mencuci dan mewarnai PT Pan Brothers dijamin kualitas tinggi dalam hal konsistensi, daya tahan dan efisiensi. Fasilitas laundry di PT. Eco Laundry Hijau Indonesia telah dirancang dan dibangun menurut ke model ramah lingkungan yang sejalan dengan ekspektasi pasar untuk mengurangi penggunaan bahan kimia, energi dan air dan mencapai standar kesehatan lingkungan yang tinggi untuk fasilitas tersebut.

- Embroidery. PT Prima Kreasi Gemilang beroperasi sejak 2011 di Boyolali, Jawa Tengah. Perusahaan memberikan nilai tambah dalam bordir sebagai bagian dari PT Pan Brothers. Dengan kapasitas operasi 225.000 pcs / bulan untuk bordir besar hingga 1.400.000 pcs / bulan untuk jahitan minimal, PT. Prima Kreasi Gemilang memberikan layanan yang efisien pada setiap pekerjaan bordir di berbagai tingkat kesulitan.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya