Profil PT Pura Barutama, Sejarah, dan Produk-produknya

PT Pura Barutama adalah perusahaan swasta nasional yang produk-produknya hadir dalam berbagai aspek kehidupan.

oleh Husnul Abdi diperbarui 03 Jan 2023, 14:20 WIB
Diterbitkan 03 Jan 2023, 14:20 WIB
PT Pura Barutama
PT Pura Barutama (sumber: puragroup.com)

Liputan6.com, Jakarta PT Pura Barutama atau PURA Group Indonesia merupakan kelompok industri dengan 30 divisi produksi. Divisi-divisi pada prusahaan ini terintegrasi dan menempati area 120 hektar lebih dengan 15 ribu tenaga kerja.

PT Pura Barutama menghasilkan produk-produk inovatif berteknologi tinggi sebagai pengganti impor di pasar domestik dan produk ekspor untuk pasar internasional. PURA Group bahkan telah mengekspor produknya ke lebih dari 100 negara.

PT Pura Barutama adalah perusahaan swasta nasional yang produk-produknya hadir dalam berbagai aspek kehidupan. Produk PT Pura Barutama mencakup kebutuhan pribadi, perusahaan, juga kebutuhan industri.

Berikut Liputan6.com rangkum dari laman resmi PT Pura Barutama, Selasa (3/1/2023) tentang PT Pura Barutama.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Profil PT Pura Barutama

PT Pura Barutama (sumber: puragroup.com)
PT Pura Barutama (sumber: puragroup.com)

PT Pura Barutama atau PURA berawal dari sebuah percetakan letterpress kecil yang berdiri di tahun 1908. Kemudian di tahun 1970, di bawah kepemimpinan generasi ketiga—Jacobus Busono—perusahaan berkembang pesat sampai menjadi industri modern Pura Group yang kita kenal saat ini. Filosofi PT Pura Barutama adalah menghasilkan produk-produk inovatif berteknologi tinggi sebagai pengganti impor di pasar domestik dan produk ekspor untuk pasar internasional.

Setelah lebih dari empat dekade, PT Pura Barutama telah menjelma menjadi kelompok industri dengan 30 divisi produksi yang terintegrasi menempati area 120 hektar lebih dengan 15.000 tenaga kerja, mengekspor produknya ke lebih dari 100 negara.

PT Pura Barutama adalah perusahaan swasta nasional yang mempunyai paten terbanyak di Indonesia. PT Pura Barutama telah mendaftarkan lebih dari 200 paten yang akan terus bertambah di masa mendatang. Produk-produk PT Pura Barutama yang beragam telah lama hadir dalam berbagai aspek kehidupan baik dalam lingkup pribadi, perusahaan, dan industri.


Sejarah PT Pura Barutama

PT Pura Barutama (sumber: puragroup.com)
PT Pura Barutama (sumber: puragroup.com)

Sejak 1970 PT Pura Barutama berkembang menjadi banyak bidang usaha yang saling berkaitan, saling mendukung, menciptakan sinergi dalam efisiensi dan daya saing.

1908, PT Pura Barutama atau PURA berawal dari sebuah percetakan kecil

1970, Divisi PURA Offset

1971, Divisi PURA Corrugated Box dibentuk

1972, Divisi PURA Rotogravure

1974, PURA Paper Mill merinsis produksi kertas dengan 3 mesin produksi

1980, PURA Coating

1986, PURA menjadi pembuat hologram ke 6 di dunia

1987, PURA Engineering

1989, PURA Indostamping

1989, PURA menambahkan 2 mesin kertas ke dalam Paper Mill Group

1992, PURA menambahkan 2 mesin kertas ke Paper Mill Group

1996, PURA Microcapsule

1997, PURA Dekorindo didirikan

2000, PURA mendirikan divisi Total Security System

2001, Sebuah mesin kertas ditambahkan ke Paper Mill Group

2004, PURA Power Pant

2005, PURA Smart Technology

2007, PURA menambahkan mesin kertas paling mutakhir ke dalam Paper Mill Group

2012, PURA menghasilkan Homogenized Tobacco Leaf (HTL), menjadi produsen HTL pertama di luar Amerika Serikat dan kedua di dunia

2014, PURA Konstruksi

2015, PURA Controlled Atmosphered Storage, sistem penyimpanan produk pertanian


Produk PT Pura Barutama

PT Pura Barutama (sumber: puragroup.com)
PT Pura Barutama (sumber: puragroup.com)

Pabrik Kertas

Memproduksi Kertas Uang, Kertas Sekuriti, dan Kertas Khusus. Beberapa produk kertas PT Pura Barutama antara lain Kertas dengan watermark, benang pengaman, kertas sertifikat, kertas cek, Kertas Kitab Suci Al-Qur’An, Alkitab, dan lain-lain.

Sistem Anti Pemalsuan Terpadu

Solusi pengamanan Terpadu pada dokumen dan kemasan, antara lain Paspor, Visa, Sertifikat, Label Pengaman, Formulir, Buku, dan Kemasan Sekuriti. Seluruh Unsur Pengaman dibuat dan diterapkan di bawah satu atap, meliputi Kertas Sekuriti, Hologram Sekuriti, Percetakan Sekuriti, Benang Pengaman, Serat Pengaman, dan Tinta Sekuriti.

PURA Smart Technology

Memproduksi Smart Card (Chip Card) dalam bentuk Contact Card, RFID (Contactless) Card, RFID Label, dan Solusi TI. Aplikasi produk PT Pura Barutama meliputi Kartu Telepon Seluler, kartu perbankan (ATM), Kartu Pembayaran, Kartu Akses (Ruangan, Gerbang, Jalan tol, dll), Kontrol Inventaris, dan berbagai aplikasi lainnya.

Percetakan dan Kemasan

PT Pura Barutama adalah produsen kemasan terlengkap meliputi Kemasan Cetak Offset, Kemasan Cetak Rotogravure, dan Corrugated Box. PT Pura Barutama juga memproduksi bahan-bahan kemasan seperti Kertas dan Karton Metalis (Metalized Paper and Board), Lem Industri, dan Tinta Cetak.

Pengolahan Lanjut Kertas

Produk-produk pengolahan lanjut kertas dari PT Pura Barutama antara lain: Carbonless Paper, Gummed Paper, Decorative Paper & Foil untuk mebel, Transfer Slip Paper, Railing Tape, Sticker, dan masih banyak lagi.

Pengolahan Lanjut Plastik

Produk Pengolahan Lanjut Plastik dari PT Pura Barutama antara lain: Cold Stamping Foil, Hot Stamping Foil, Transfer Printing Film, In-Mould Printing Film, Tattoo Sticker, Solar Window Film Security Film, dan Decorative Film.

Bahan Industri Tembakau

Memproduksi Homogenized Tobacco leaf (HTL) sebagai pembungkus Cerutu dan alternative kertas rokok. PT Pura Barutama juga memproduksi kertas Filter Rokok, Kertas Rokok Berwarna, dan Kemasan Rokok.

Pembuatan Mesin

PT Pura Barutama memproduksi mesin-mesin untuk industri perikanan dan pertanian seperti Mesin Es Serpih, Controlled Atmosphere Storage, Mesin Pengering Biji-bijian, Mesin Penggiling Beras, Mesin Perontok Jagung, dan lain-lain.

Konstruksi Jalan Raya

PT Pura Barutama juga bergerak di bidang konstruksi jalan termasuk bahan-bahannya antara lain Cat Termoplastik Marka Jalan, Pagar Pembatas, Pagar Beton, dan Paku Jalan.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya