8 Cara Menghilangkan Jamur Kaca Mobil dengan Bahan-bahan yang Ada di Rumah

Ada beberapa cara menghilangkan jamur kaca mobil yang dapat digunakan untuk mengatasi jamur pada kaca mobil.

oleh Fitriyani Puspa Samodra diperbarui 20 Jan 2023, 20:25 WIB
Diterbitkan 20 Jan 2023, 19:45 WIB
Begini Cara Basmi Jamur Pada Kaca Mobil
Jamur yang terdapat pada kaca mobil bagian depan dan belakang bisa menggangu visibilitas, khususnya ketika berkendara di malam hari.

Liputan6.com, Jakarta Cara menghilangkan jamur kaca mobil menjadi hal yang banyak dicari oleh pera  pemilik mobil. Pasalnya, jamur pada kaca mobil dapat mengurangi estetika kendaraan dan dapat menyebabkan kesulitan dalam melihat saat mengemudi. Meki tampak tipis, jamur pada kaca mobil menjadi noda yang sulit untuk dihilangkan.

Ada beberapa cara menghilangkan jamur kaca mobil yang dapat digunakan untuk mengatasi jamur pada kaca mobil. Umumnya pemilik mobil akan membawa mobilnya ke salon mobil untuk menghilangkan jamur membandel di kaca kendaraannya, tapi sebenarnya ada beberapa upaya yang dapat dilakukan untuk menghilangkan jamur di kaca mobil yang dapat dilakukan di rumah.

Cara menghilangkan jamur kaca mobil dapat diatasi sendiri di rumah untuk menghemat pengeluaran untuk perawatan kendaraan. Ada baiknya mobil dibersihkan secara berkala untuk menghindari munculnya jamur yang merepotkan. Berikut cara menghilangkan jamur kaca mobil yang dirangkul Liputan6.com dari berbagai sumber, Jumat (20/1/2023).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Cara Menghilangkan Jamur Kaca Mobil

Kaca jendela mobil luar
Ilustrasi Cara membersihkan kaca jendela mobil luar. (Microfiber Wholesale)

1. Menggunakan Sabun Cair dan Air

Cara menghilangkan jamur kaca mobil yang paling sederhana adalah dengan menggunakan sabun cair dan air. Gunakan sabun cair yang tidak terlalu keras dan sikat lembut untuk membersihkan kaca dari kotoran dan debu. Kemudian, bilas kaca dengan air bersih.

2. Menggunakan campuran Air, Cuka, dan Asam sitrat

Cara menghilangkan jamur kaca mobil selanjutnya, campurkan air dengan cuka dan asam sitrat dalam perbandingan 1:1:1. Aplikasikan campuran tersebut pada kaca mobil dengan menggunakan kain atau spons. Biarkan campuran tersebut meresap selama beberapa menit. Kemudian, bilas kaca dengan air bersih. Cuka dan asam sitrat memiliki sifat alami yang dapat membunuh jamur dan bakteri.

3. Menggunakan Pasta Gigi

Jika jamur masih tetap ada setelah menggunakan metode sebelumnya, coba aplikasikan pasta gigi pada kaca dan gosok dengan sikat lembut. Biarkan pasta gigi meresap selama beberapa menit. Kemudian, bilas kaca dengan air bersih. Pasta gigi memiliki sifat pembersih yang dapat membantu menghilangkan jamur pada kaca mobil.

4. Menggunakan Produk Pembersih Khusus

Alternatif cara menghilangkan jamur kaca mobil lain yang dapat digunakan adalah dengan menggunakan produk pembersih khusus yang dijual di pasaran. Pilih produk yang diformulasikan khusus untuk menghilangkan jamur pada kaca mobil. Perlu diingat bahwa, sebaiknya hindari menggunakan produk yang mengandung abu atau kimia keras yang dapat merusak kaca mobil. Selalu ikuti petunjuk pemakaian produk yang digunakan dan gunakan pelindung tangan untuk mencegah iritasi pada kulit.


Cara Menghilangkan Jamur Kaca Mobil

Kaca Mobil Berembun
Ilustrasi Kaca Mobil Berembun Credit: pexels.com/M&W Studios

5. Menggunakan Kertas Koran

Cara menghilangkan jamur kaca mobil jug dapat dilakukan dengan menggunakan kertas koran. Gulingkan kertas koran yang telah dibasahi dengan air hangat dan sapukan pada kaca mobil yang terkena jamur. Gosok dengan lembut selama beberapa menit, kemudian bilas dengan air bersih. Kertas saring atau kertas koran memiliki sifat abrasif yang dapat membantu menghilangkan jamur pada kaca mobil.

6. Menggunakan Baking Soda

Cara menghilangkan jamur kaca mobil selanjutnya dapat dilakukan dengan mencampurkan baking soda dengan air hingga membentuk pasta. Aplikasikan pasta tersebut pada kaca mobil yang terkena jamur dan gosok dengan sikat lembut. Biarkan pasta tersebut meresap selama beberapa menit, kemudian bilas dengan air bersih. Baking soda memiliki sifat abrasif yang dapat membantu menghilangkan jamur pada kaca mobil.

7. Menggunakan Alkohol Ssopropil

Alkohol isopropil dapat digunakan sebagai cara menghilangkan jamur kaca mobil. Alkohol isopropil dapat membunuh jamur dan bakteri yang ada pada permukaan kaca. Produk ini dapat dibeli di apotik adat toko bahan kimia lainnya. Aplikasikan alkohol isopropil pada kain atau spons dan gosok perlahan pada kaca yang terkena jamur. Kemudian, bilas dengan air bersih.

8. Menggunakan Klorin

Klorin dapat digunakan sebagai cara menghilangkan jamur kaca mobil yang ampuh . Campurkan 1 sendok makan klorin dengan 1 galon air. Aplikasikan campuran tersebut pada kaca yang terkena jamur dengan menggunakan kain atau spons. Biarkan campuran tersebut meresap selama beberapa menit, kemudian bilas dengan air bersih. Namun perlu diingat untuk menjaga ventilasi ruangan yang cukup saat menggunakan klorin dan hindari kontak dengan kulit atau mata.

Perlu diingat bahwa, sebelum mengaplikasikan metode-metode yang sudah disebutkan, sebaiknya bersihkan kaca mobil dari kotoran dan debu terlebih dahulu agar hasilnya lebih maksimal. Selalu ikuti petunjuk pemakaian dan hindari menggunakan produk yang mengandung abu atau kimia keras yang dapat merusak kaca mobil. Untuk mencegah jamur tumbuh kembali, pastikan kaca mobil selalu dibersihkan secara teratur dan dikeringkan dengan baik setelah cuaca hujan atau kondisi lembab.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya