Cara Mengepang Rambut dengan 5 Gaya yang Mudah Dilakukan Sendiri, Simak Tipsnya

Cara mengepang rambut sebetulnya tidak sulit, namun bagi para pemula perlu melakukan beberapa kali latihan untuk membuat kepangan yang rapi.

oleh Fitriyani Puspa Samodra diperbarui 24 Jan 2023, 09:15 WIB
Diterbitkan 24 Jan 2023, 09:15 WIB
Gaya Rambut Pendek Lisa Blackpink
Kata siapa rambut pendek tidak bisa dikepang? Lisa Blakcpink justru tampil cute dengan rambut pendek kepang duanya. Instagtam @lalalalisa_m

Liputan6.com, Jakarta Menata rambut dengan cara dikepang telah dilakukan sejak zaman dahulu. Tatanan rambut ini digunakan oleh perempuan maupun laki-laki, tujuannya agar rambut tampak rapi dan ringkas. Dengan begitu pemilik rambut tidak akan terganggu dengan rambut panjang yang berjatuhan menutupi mata saat beraktivitas. Zaman semakin berkembang, tren tatanan rambut pun demikian. 

Laki-laki kini lebih suka memangkas rambutnya pendek ketimbang harus mengepang rambut. Beberapa perempuan masih melakukan cara mengepang rambut untuk tujuan estetika, namun untuk tujuan kepraktisan, saat ini benyak yang lebih memilih mengikat atau menggulungnya dengan jepit rambut.

Cara mengepang rambut dilakukan dengan “menganyam” rambut menjadi jalinan yang rapi dan cantik. Beberapa orang mengepang rambutnya untuk membentuk rambut menjadi keriting. Cara mengepang rambut sangat bervariasi dan dapat dilakukan berbagai jenis rambut, lurus maupun bergelombang. Dibutuhkan setidaknya rambut sepanjang bahu untuk membentuk kepangan yang cantik. Berikut cara mengepang rambut sendiri dalam beberapa gaya yang Liputan6.com lansir dari berbagai sumber, Selasa (24/1/2023).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Tips Cara Mengepang Rambut Sendiri

Potret Cindy Gulla Pakai Baju Crop Top, Gaya OOTD Jadi Makin Kece
Selain sering menggerai rambut indahnya, artis lulusan Universitas Pelita Harapan ini juga kerap kali mengikat rambutnya, mulai dari kepang dua sampai kuncir kuda. Kenakan baju crop top kotak-kotak warna biru dan putih, Cindy Gulla makin terlihat imut dan tidak terlihat jika artis yang akrab disapa Cigull ini sudah menyandang gelar sarjana dan magister. (Liputan6.com/IG/@cgulla)

Cara mengepang rambut sebetulnya tidak sulit, namun bagi para pemula perlu melakukan beberapa kali latihan untuk membuat kepangan yang rapi. Menata rambut dengan cara mengepang pun dapat dilakukan sendiri. Ada beberapa tips yang dapat dilakukan agar proses mengepang menjadi lebih mudah.

1. Pastikan rambut dan kulit kepala dalam keadaan bersih. Beberapa gaya kepangan akan membuat kulit rambut terlihat, namastikan rambut dan kulit rambut bersih akan membuat kepangan yang dibuat tampak rapi dan cantik.

2. Sisir rambut terlebih dahulu, menyisir rambut bertujuan untuk menghilang kusut yang akan menyulitkan proses pengepangan.

3. Aplikasikan hair mousse atau foam rambut yang berfungsinya melindungi dan membuat rambut menjadi rapi. Pengaplikasian  foam rambut akan membuat rambut lebih mudah ditata.

4. Jangan menarik rambut terlalu kencang. Saat mengepang rambut, beberapa orang menarik rambutnya dengan sangat kencang dengan tujuan untuk membentuk kepangan yang rapi. Cara ini sangat tidak dianjurkan karena dapat merusak rambut dan menyebabkan kerontokan.


Cara Mengepang Rambut

Gaya Nanda Arsyinta Kenakan Berbagai Jenis Topi, Mulai dari Kupluk hingga Baret
Kenakan kacamata hitam dan beach sun hat atau topi pantai, penampilan Nanda Arsyinta tetap modis meski tengah berada di atas puncak Pulau Padar. Rambut yang dikepang dua membuat anak sulung dari dua bersaudara ini jadi makin imut dan tidak terlihat seperti sudah menikah. (Liputan6.com/IG/@nandaarsynt)

1. Cara Mengepang Rambut Klasik

- Sisir rambut hingga semua kusut yang ada terurai, aplikasi foam rambut.

- Ikat semua rambut menjadi ekor kuda, ini opsional yang akan memudahkan bagi pemula. Bagi yang sudah mahir tahap ini boleh dilewatkan.

- Bagi rambut menjadi tiga bagian yang akan menjadi untaian kepang sehingga bagiannya harus sesama mungkin.

- Ambil bagian kanan dengan tangan kanan dan bagian kiri dengan tangan kiri, dan bagian tengah dibiarkan saja (untuk sekarang).

- Pegang rambut di tangan kanan dan kiri antara telapak dan jari tengah, jari manis, dan kelingking, sementara telunjuk dan ibu jari tetap bebas.

- Silangkah bagian kiri melewati bagian tengah. Jika tadinya urutannya adalah A B C, sekarang berubah jadi B A C.

- Silangkan bagian kanan di atas bagian tengah. Urutan rambut yang tadinya B A C menjadi B C A.

- Teruslah menjalin seperti tadi. Gunakan telunjuk dan ibu jari yang "bebas" di satu tangan untuk mengambil bagian "belakang" rambut (ditahan dengan tiga jari lain pada telapak) dari tangan sebelahnya.

- Ikat ujung rambut. Gunakan ikat rambut bukan karet untuk mengencangkan ujung kepangan. Lilitkan beberapa kali sampai kencang.

- Semprotkan hairspray (opsional). Hairspray atau gel dapat membantu rambut agar tidak berantakan setelah beberapa lama.

- Tambah hiasan pada kepangan (opsional). Ikatkan pita berwarna di ujung kepang untuk ornamen ekstra.


Cara Mengepang Rambut

Ilustrasi Kepang French Braid
Ilustrasi Kepang French Braid (sumber gambar: instructables.com)

2. Cara Mengepang Rambut French Braids

- Sisir rambut hingga semua kusut yang ada terurai, aplikasi foam rambut.

- Untuk french braids ambil bagian depan rambut yang paling dekat dengan dahi dan pelipis. Bagi menjadi tiga bagian sama rata. Ketiga bagian ini yang akan menjadi awal kepangan.

- Pegang ketiga bagian rambut di tangan. Dengan memegang rambut secara benar, kepangan akan rapi dan selesai dengan cepat. 

- Pindahkan bagian kiri ke tengah lalu pindahkan bagian kananke tengah. 

- Sebelum melanjutkan ke kepangan berikutnya, tambahkan rambut ke bagian yang akan disilangkan.  Teruslah mengepang dalam pola ini. 

- Biasanya tidak ada lagi rambut yang bisa ditambahkan, ketika telah mencapai pangkal leher. Kepangan selanjutnya dapat dilanjutkan dengan cara kepang tradisional. 

-  Ikat ujungnya, kemudian gunakan hairspray (opsional). Hairspray atau gel dapat mencegah helaian rambut lepas dari kepangan.

- Tambahkan hiasan pada kepang (opsional). Untuk aksen, ikat pita berwarna di ujung kepang.

 

3. Cara Mengepang Rambut Fishtail Braids

- Sisir rambut hingga semua kusut yang ada terurai, aplikasi foam rambut.

- Ikat semua rambut menjadi ekor kuda, ini opsional yang akan memudahkan bagi pemula. Bagi yang sudah mahir tahap ini boleh dilewatkan.

- Bagi rambut jadi dua bagian yang sama banyak, kiri dan kanan.

- Tarik sedikit rambut dari bagian kiri ke bagian kanan. 

- Tarik sedikit rambut dari bagian kanan ke bagian kiri. 

- Teruslah menjalin dan menambahkan helaian rambut sampai ujung. Usahakan menambahkan bagian rambut dengan ukuran yang sebisa mungkin sama.

- Ikat ujung kepang dengan pita atau ikat rambut.


Cara Mengepang Rambut

[Bintang] Anti Gerah, Dutch Braid Jadi Gaya Rambut Andalan Streetwear Coachella 2018
Gaya rambut simple, bisa diterapkan untuk rambut panjang dan pendek. Plus, bebas gerah di tengah cuaca panas.

4. Cara Mengepang Rambut dengan Lima Bagian

- Sisir rambut hingga semua kusut yang ada terurai, aplikasi foam rambut.

- Ikat semua rambut menjadi ekor kuda, ini opsional yang akan memudahkan bagi pemula. Bagi yang sudah mahir tahap ini boleh dilewatkan.

- Bagi rambut menjadi lima bagian yang sama banyaknya. 

- Pegang kelima bagian dengan dua tangan. Akan lebih mudah jika dua bagian kiri dipegang dengan tangan kiri dan dua bagian kanan dipegang dengan tangan kanan, sementara bagian tengah dibiarkan terlepas.

- Pindahkan bagian paling kiri ke tengah. Bagian rambut ini melewati bagian 2 dan di bawah bagian 3 sehingga kini jadi bagian tengah.

- Pindahkan bagian paling kanan ke tengah. Bagian rambut ini melewati 4 bagian dan masukkan di bawah bagian 1 sehingga 5 sekarang jadi bagian tengah.

- Teruslah menganyam sampai ujung. Lanjutkan menganyam bagian rambut terluar dan pindahkan ke tengah

- Ikat ujungnya. 

 

5. Cara mengepang Rambut Dutch Braid

- Sisir rambut hingga semua kusut yang ada terurai, aplikasi foam rambut.

- Ambil sebagian rambut dari bagian atas kepala.

- Bagi rambut yang diambil menjadi tiga bagian kepangan.

- Silangkan bagian rambut di sebelah kanan di bawah bagian rambut tengah.

- Silangkan bagian kiri rambut ke bawah bagian rambut tengah.

- Silangkan bagian rambut kanan di bawah bagian tengah dan ambil bagian kecil lainnya dari sisi kanan kepala.

- Silangkan bagian rambut sebelah kiri di bawah bagian tengah dan ambil bagian kecil lainnya dari sisi kiri kepala.

-Tambahkan lebih banyak helaian rambut ke kepangan dengan mengambil helaian-helaian kecil setiap kali menyilangkan bagian-bagian rambut ke bawah bagian tengahnya.

-Lanjutkan kepangan sampai ke bagian tengkuk leher.

- Ikat kepangan dengan menggunakan ikat rambut dan beri sedikit hairspray.

 

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya