Contoh Perkenalan Diri dalam Bahasa Inggris, Pahami Grammar yang Digunakan

Dalam contoh perkenalan diri dalam bahasa Inggris, biasanya juga perlu memperhatikan di mana kamu memperkenalkan diri, apakah itu di kantor, di ruang kelas, dan sebagainya.

oleh Mabruri Pudyas Salim diperbarui 06 Feb 2023, 18:00 WIB
Diterbitkan 06 Feb 2023, 18:00 WIB
Intonasi
Ilustrasi Public Speaking Credit: pexels.com/Molly

Liputan6.com, Jakarta Mengetahui contoh perkenalan diri dalam bahasa Inggris merupakan salah satu yang penting. Apalagi, akan ada banyak kesempatan kita akan memasuki lingkungan baru, dengan begitu mengetahui contoh perkenalan dalam bahasa Inggris, dapat membuat kita memahami apa saja yang perlu disampaikan dalam sebuah perkenal.

Untuk dapat melakukan perkenalan diri yang baik dalam bahasa Inggris, kamu perlu berlatih terlebih dahulu. Sebagai pembelajar bahasa Inggris, penting untuk mempersiapkan beberapa perkenalan dan melatihnya sampai Anda merasa nyaman dengannya.

Selain itu, perlu diingat perkenalan diri bergantung pada konteks. Untuk menghasilkan perkenalan diri yang baik, kamu harus memikirkan tentang tempat dan situasi di mana kamu haru memperkenalkan diri dalam bahasa Inggris.

Artinya, dalam contoh perkenalan diri dalam bahasa Inggris, biasanya juga memperhatikan di mana kamu memperkenalkan diri, apakah itu di kantor, di ruang kelas, dan sebagainya. Selain itu, penting juga untuk mempertimbangkan dengan siapa nantinya kamu akan berbicara, apakah dengan teman sebaya atau dengan orang yang lebih senior dari segi usia atau kedudukan, tentu ini juga akan memengaruhi kata-kata yang mesti dipilih serta gaya perkenalan diri.

Oleh karena itu, mengetahui contoh perkenalan diri yang baik dalam bahasa Inggris, tentu akan dapat membantu kita untuk dapat memperkenalkan diri di berbagai situasi. Berikut ini adalah contoh perkenalan diri dalam bahasa Inggris dari berbagai situasi, seperti yang telah dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Senin (6/2/2023).


Contoh Perkenalan Diri dalam Bahasa Inggris di Kelas

Jika kamu harus memperkenalkan diri di kelas, cukup sampaikan informasi yang penting-penting saja. Kamu tidak perlu mengungkapkan informasi yang sangat rinci. Kamu hanya cukup menyebutkan nama.

Selain itu, kamu juga bisa mengungkapkan dari mana kamu berasal, kapan dan di mana kamu dilahirkan, dan tempat tinggalmu. Selain itu, kamu juga bisa menyampaikan apa yang menjadi minat dan hobimu. Jika ini adalah kelas pilihan, kamu juga bisa menyebutkan alasan mengapa memilih kelas ini.

Contoh perkenalan diri dalam bahasa Inggris di kelas:

“Hey, I’m Mateo but people here call me Matt. I grew up in Argentina, and lived there most of my life before moving to the United States. I speak Italian, Spanish and English. I love gaming, and I stream on Twitch almost every day. I’ve always wanted to improve my English so now that I have the time, I’ve finally signed up for classes online.”

artinya:

“Hei, saya Mateo tapi orang-orang di sini memanggil saya Matt. Saya dibesarkan di Argentina, dan tinggal di sana hampir sepanjang hidup saya sebelum pindah ke Amerika Serikat. Saya menguasai bahasa Italia, Spanyol, dan Inggris. Saya suka bermain game, dan saya suka streaming di Twitch hampir setiap hari. Saya selalu ingin meningkatkan kemampuan bahasa Inggris saya jadi sekarang saya punya waktu, akhirnya saya mendaftar untuk kelas online.”

Contoh perkenalan diri dalam bahasa Inggris di kelas:

“My name’s Lucia and I’m from Spain. I was born in the south of Spain but I live in Barcelona. I work as a translator, and I don’t have much time for hobbies these days. But in the future, I’d like to try yoga. I’m taking this class because I want to improve my speaking in English.”

artinya:

“Nama saya Lucia dan saya dari Spanyol. Saya lahir di selatan Spanyol tapi saya tinggal di Barcelona. Saya bekerja sebagai penerjemah, dan saya tidak punya banyak waktu untuk hobi akhir-akhir ini. Tapi di masa depan, saya ingin mencoba yoga. Saya mengambil kelas ini karena saya ingin meningkatkan kemampuan berbicara saya dalam bahasa Inggris.”


Contoh perkenalan diri dalam bahasa Inggris di kantor

Fungsi Intonasi dalam Keseharian
Ilustrasi Public Speaking Credit: pexels.com/Cynthia

Tidak hanya di kelas, kadang ada situasi di kantor di mana kita harus memperkenalkan diri. Misalnya saja dalam sebuah meeting di mana semua divisi yang jarang bekerja bersama-sama berkumpul, tentu tidak semua orang mengenali kita. Oleh karena itu, mempersiapkan diri untuk momen seperti ini tentu sangat penting.

Dalam memperkenalkan diri dalam situasi rapat, perkenalan harus dilakukan secara singkat agar tidak terlalu membuang banyak waktu. Jadi, mulailah dengan sapaan singkat, lalu langsung sampaikan tujuan pertemuan tersebut.

Contoh perkenalan diri dalam bahasa Inggris di kantor:

“Good morning everyone! I’m Diana from product development and today I’m excited to share with you that the mobile version for our product will be available as of Tuesday. Today, I’d like to give a quick demo of the new functionalities.”

artinya:

"Selamat pagi semuanya! Saya Diana dari pengembangan produk dan hari ini dengan senang hati saya berbagi dengan Anda bahwa versi seluler untuk produk kami akan tersedia mulai hari Selasa. Hari ini, saya ingin memberikan demo singkat tentang fungsionalitas baru.”


Perkenalan diri dalam bahasa Inggris ketika wawancara kerja

Atalia Ridwan Kamil
Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Jawa Barat Atalia Ridwan Kamil membagikan tips berbicara di depan umum atau public speaking saat menjadi pembicara dalam Public Speaking Training for Muslimah di Hotel Nampati Indah, Kota Bandung, Jumat (15/11/19).

Perkenalan juga menjadi hal penting ketika sedang melakukan wawancara kerja. Ini adalah kesempatan kita untuk menunjukkan apa yang menjadi kelebihan kita, sehingga perekrut dapat mempertimbangkan untuk meloloskan kamu ke tahap selanjutnya. Adapun hal yang perlu disampaikan dalam contoh perkenalan dalam bahasa Inggris ketika interview kerja adalah sebagai berikut:

1. Jika kamu telah dihubungi sebelumnya oleh pewawancara, kamu dapat memulai dengan mengatakan, “Senang akhirnya bisa bertemu langsung dengan Anda!”

2. Selain itu, kamu bisa mulai dengan mengatakan, “Terima kasih banyak telah meluangkan waktu untuk bertemu dengan saya hari ini…”

3. Kemudian lanjutkan dengan berbicara tentang pengalaman yang relevan. Apa yang membuat Anda cocok untuk posisi itu?

4. Sebutkan informasi profesional yang relevan yang ingin didengar pewawancara tentang Anda. Lalu berikan alasan mengapa Anda akan menjadi keryawan yang berharga.

5. Pastikan, kamu telah meneliti perusahaan dan mencari tahu sebanyak mungkin tentangnya. Sertakan dalam pengantar, mengapa Anda tertarik dengan perusahaan tersebut.

Contoh perkenalan diri dalam bahasa Inggris untuk wawancara kerja:

“It’s so nice to finally meet you in person!

After graduating from university, I worked in sales for a few years. But three years ago, I started working in digital media marketing and my experience in sales definitely helped. I was able to help the company consistently hit its targets and grow their brand in the industry. I know that you’re looking to grow your influence online, and that’s why I applied for the position…”

artinya:

“Senang akhirnya bisa bertemu langsung dengan Bapak/Ibu!

Setelah lulus dari universitas, saya bekerja di bagian penjualan selama beberapa tahun. Tapi tiga tahun lalu, saya mulai bekerja di pemasaran media digital dan pengalaman saya dalam penjualan sangat membantu. Saya dapat membantu perusahaan secara konsisten mencapai targetnya dan mengembangkan merek mereka di industri ini. Saya tahu Anda ingin mengembangkan pengaruh Anda secara online, dan itulah mengapa saya melamar posisi tersebut…”


Aspek Kebahasaan yang Perlu Diperhatikan

Teknik untuk Melatih Intonasi dalam Berbicara
Ilustrasi Public Speaking Credit: pexels.com/Sarah

Dalam contoh perkenalan diri dalam bahasa Inggris, tata bahasa atau atau grammar juga perlu diperhatikan. Berikut adalah sejumlah poin tata bahasa untuk perkenalan dalam bahasa Inggris:

1. Gunakan present simple untuk fakta umum tentang kehidupan dan rutinitas Anda.

2. Gunakan present perfect ketika Anda berbicara tentang pengalaman dan pencapaian hidup Anda.

3. Namun jika menyebutkan periode waktu yang sudah selesai (tahun lalu, tahun 2010, dst) gunakan simple past tense.

Lanjutkan Membaca ↓
Loading

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya