Apa Yang Dimaksud dengan Pemanasan Global? Ini Penyebab, Efek dan Cara Mencegahnya

Jawaban dari apa yang dimaksud dengan pemanasan global, beserta dengan penyebab, efek dan cara mencegahnya.

oleh Woro Anjar Verianty diperbarui 15 Feb 2023, 11:00 WIB
Diterbitkan 15 Feb 2023, 11:00 WIB
Ilustrasi pemanasan global
Ilustrasi pemanasan global. (Photo created by brgfx on www.freepik.com)

Liputan6.com, Jakarta Apa yang dimaksud dengan pemanasan global menjadi pertanyaan yang kerap kita dengar, seiring dengan perubahan alam yang kira rasakan. Nyatanya pemanasan global bukanlah isu baru, pemanasan global telah menjadi topik yang kerap diperdebatkan oleh banyak orang, selama berabad-abad, karena efeknya yang sangat buruk bagi keberlangsungan hidup bumi.

Mengetahui apa yang dimaksud dengan pemanasan global, sama dengan memahami apa saja penyebab pemanasan global, efek yang ditimbulkannya dan juga cara mencegahnya. Menjadi salah satu topik yang kian penting untuk diperhatikan, kini banyak orang yang sadar jika pemanasan global terus meningkat secara signifikan dalam seratus tahun terakhir. 

Lantas apa yang dimaksud dengan pemanasan global? Singkatnya, pemanasan global adalah pemanasan jangka panjang dari suhu keseluruhan planet bumi. Meskipun pemanasan ini telah berlangsung lama, kecepatannya meningkat secara signifikan dalam seratus tahun terakhir akibat pembakaran bahan bakar fosil oleh manusia.

Lebih lengkapnya, berikut ini telah Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber jawaban dari apa yang dimaksud dengan pemanasan global, beserta dengan penyebab, efek dan cara mencegahnya, Rabu (15/2/2023).


Apa Yang Dimaksud dengan Pemanasan Global?

Perubahan iklim
Ilustrasi: akibat perubahan iklim dan pemanasan global (sumber: wisdominnature.org)

Pemanasan global adalah fenomena peningkatan suhu secara bertahap di dekat permukaan bumi. Fenomena ini telah diamati selama satu atau dua abad terakhir. Perubahan ini telah mengganggu pola iklim bumi. Namun, konsep pemanasan global cukup kontroversial namun para ilmuwan telah memberikan data yang relevan untuk mendukung fakta bahwa suhu bumi terus meningkat.

Ada beberapa penyebab pemanasan global yang berdampak negatif bagi manusia, tumbuhan dan hewan. Penyebab ini mungkin alami atau mungkin hasil dari aktivitas manusia. Untuk mengatasi masalah tersebut, sangat penting untuk memahami dampak negatif dari pemanasan global.

Meskipun ada pendapat yang saling bertentangan tentang topik ini, mayoritas ilmuwan di seluruh dunia setuju bahwa pemanasan global sangat nyata dan, jika dibiarkan, dapat mengakibatkan dampak yang menghancurkan bagi umat manusia. Lebih dari 99% penelitian ilmiah peer-review mengakui bahwa manusia adalah penyebab utama masalah ini.


Penyebab Pemanasan Global

Pemanasan global biasanya dikaitkan dengan akumulasi berlebihan gas rumah kaca (GRK) seperti karbon dioksida (CO2), dinitrogen oksida (N2O), dan metana (CH4) di atmosfer bumi. Kelebihan gas rumah kaca dapat berasal dari berbagai sumber:

Penyebab Buatan Manusia Pemanasan Global

1. Penggundulan hutan

Tumbuhan adalah sumber utama oksigen. Mereka mengambil karbon dioksida dan melepaskan oksigen sehingga menjaga keseimbangan lingkungan. Hutan sedang dikuras untuk banyak tujuan domestik dan komersial. Hal ini menyebabkan terjadinya ketidakseimbangan lingkungan, sehingga menimbulkan pemanasan global.

2. Penggunaan Kendaraan

Penggunaan kendaraan, meski untuk jarak yang sangat dekat, menghasilkan berbagai emisi gas. Kendaraan membakar bahan bakar fosil yang mengeluarkan sejumlah besar karbon dioksida dan racun lainnya ke atmosfer yang mengakibatkan kenaikan suhu.

3. Klorofluorokarbon

Dengan penggunaan AC dan lemari es yang berlebihan, manusia telah menambahkan CFC ke lingkungan yang mempengaruhi lapisan ozon atmosfer. Lapisan ozon melindungi permukaan bumi dari sinar ultraviolet berbahaya yang dipancarkan matahari. CFC telah menyebabkan penipisan lapisan ozon membuka jalan bagi sinar ultraviolet, sehingga meningkatkan suhu bumi.

4. Pengembangan industri

Dengan munculnya industrialisasi, suhu bumi telah meningkat dengan cepat. Emisi berbahaya dari pabrik menambah suhu bumi yang meningkat. Pada tahun 2013, Panel Antarpemerintah untuk Perubahan Iklim melaporkan bahwa peningkatan suhu global antara tahun 1880 dan 2012 mencapai 0,9 derajat Celcius. Kenaikannya 1,1 derajat Celcius jika dibandingkan dengan suhu rata-rata pra-industri.

5. Pertanian

Berbagai kegiatan pertanian menghasilkan karbondioksida dan gas metana. Ini menambah gas rumah kaca di atmosfer dan meningkatkan suhu bumi.

6. Kelebihan populasi

Peningkatan populasi berarti lebih banyak orang bernapas. Hal ini menyebabkan peningkatan kadar karbon dioksida, gas utama yang menyebabkan pemanasan global, di atmosfer.

 

Penyebab Alami Pemanasan Global

1. Gunung berapi

Gunung berapi adalah salah satu penyumbang alami terbesar terhadap pemanasan global. Abu dan asap yang dipancarkan selama letusan gunung berapi keluar ke atmosfer dan mempengaruhi iklim.

2. Uap air

Uap air adalah sejenis gas rumah kaca. Karena kenaikan suhu bumi, lebih banyak air yang menguap dari badan air dan tetap berada di atmosfer menambah pemanasan global.

3. Mencairnya Permafrost

Permafrost adalah tanah beku yang memiliki gas lingkungan yang terperangkap di dalamnya selama beberapa tahun dan berada di bawah permukaan bumi. Itu hadir di gletser. Saat permafrost mencair, ia melepaskan gas kembali ke atmosfer, meningkatkan suhu bumi.

4. Kebakaran Hutan

Kebakaran hutan atau kebakaran hutan mengeluarkan asap yang mengandung karbon dalam jumlah besar. Gas-gas tersebut dilepaskan ke atmosfer dan meningkatkan suhu bumi yang mengakibatkan pemanasan global.


Efek Pemanasan Global

Sebuah laporan ilmiah yang diterbitkan oleh Panel Antarpemerintah tentang Perubahan Iklim PBB (IPCC) menguraikan dampak serius dari pemanasan global dan perubahan iklim global sebagai berikut:

1. Kenaikan Suhu

Pemanasan global telah menyebabkan peningkatan suhu bumi yang luar biasa. Sejak 1880, suhu bumi telah meningkat ~1 derajat. Hal ini mengakibatkan peningkatan pencairan gletser, yang menyebabkan peningkatan permukaan laut. Hal ini dapat berdampak buruk bagi wilayah pesisir.

2. Ancaman terhadap Ekosistem

Pemanasan global telah mempengaruhi terumbu karang yang dapat menyebabkan hilangnya kehidupan tumbuhan dan hewan. Peningkatan suhu global telah membuat kerapuhan terumbu karang semakin parah.

3. Perubahan iklim

Pemanasan global telah menyebabkan perubahan kondisi iklim. Ada kekeringan di beberapa tempat dan banjir di beberapa tempat. Ketidakseimbangan iklim ini adalah hasil dari pemanasan global.

4. Penyebaran Penyakit

Pemanasan global menyebabkan perubahan pola panas dan kelembaban. Hal ini menyebabkan pergerakan nyamuk yang membawa dan menyebarkan penyakit.

5. Tingkat Kematian Tinggi

Karena peningkatan banjir, tsunami dan bencana alam lainnya, rata-rata korban tewas biasanya meningkat. Selain itu, peristiwa semacam itu dapat menimbulkan penyebaran penyakit yang dapat menghambat kehidupan manusia.

6. Hilangnya Habitat Alami

Pergeseran global dalam iklim menyebabkan hilangnya habitat beberapa tumbuhan dan hewan. Dalam hal ini, hewan perlu bermigrasi dari habitat aslinya dan banyak dari mereka bahkan punah. Ini adalah satu lagi dampak besar dari pemanasan global terhadap keanekaragaman hayati .


Cara Menccegah Pemanasan Global

Cara mencegah pemanasan global bisa dimulai dengan mengadopsi perubahan gaya hidup sederhana hingga menggunakan energi hijau, berikut adalah beberapa cara orang dapat membantu memperlambat atau bahkan membalikkan pemanasan global:

1. Gunakan Energi Terbarukan

Menggunakan tenaga surya, tenaga angin, atau sumber energi alternatif lainnya dapat mengurangi jejak karbon anda dan dapat menurunkan tagihan listrik anda.

2. Daur Ulang

Pastikan semua bahan limbah, termasuk kertas, plastik, aluminium, dan kaca, dikirim ke pusat daur ulang setempat atau dibuat kompos jika memungkinkan.

3. Gunakan Lebih Sedikit Daya 

Matikan lampu dan cabut peralatan saat tidak digunakan.

4. Memilih Transportasi Berkelanjutan

Berjalan kaki, bersepeda, carpool, berinvestasi dalam kendaraan listrik, atau alihkan perjalanan harian Anda ke transportasi umum alih-alih mengendarai kendaraan sendirian.


Pemanasan Global dan Dampak Lingkungan Manusia

Dunia kita sedang memanas. Karena pemanasan global, suhu meningkat dan cuaca ekstrem menjadi lebih umum. Jika kita tidak mengambil tindakan pencegahan sekarang, generasi mendatang akan menghadapi suhu yang lebih hangat, serta permukaan laut yang lebih tinggi, peristiwa cuaca ekstrem, gagal panen, kepunahan, dan dampak buruk lainnya.

Anda dapat membantu membatasi dampak pemanasan global dengan mengurangi emisi gas rumah kaca, mengurangi konsumsi energi, dan beralih dari bahan bakar fosil. Lebih baik lagi, tanam pohon di sekitar lingkungan anda, dan bergabunglah dengan gerakan yang menyuarakan dukungan untuk sumber energi bersih.

Energi matahari adalah salah satu cara paling bersih dan berkelanjutan untuk memberi daya pada rumah anda, karena energi yang dihasilkan tidak menghasilkan gas rumah kaca. Memasang sistem panel surya di rumah anda memiliki manfaat tambahan untuk membantu menurunkan tagihan listrik anda.

Lanjutkan Membaca ↓
Loading

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya