10 Cara Menghilangkan Bau Jengkol Setelah Mengonsumsinya, Perbanyak Konsumsi Buah

Cara menghilangkan bau jengkol pertama yang dapat menghilangkan bau jengkol dari mulut dan napas adalah dengan berkumur dengan air garam.

oleh Fitriyani Puspa Samodra diperbarui 16 Feb 2023, 16:30 WIB
Diterbitkan 16 Feb 2023, 16:30 WIB
Festival Jengkol
Teruji! Cara ini bisa menghilangkan bau saat buang air kecil setelah menyantap jengkol (Foto: Liputan6.com/ Vinsensia Dianawanti)

Liputan6.com, Jakarta Jengkol merupakan salah satu bahan makanan yang banyak digunakan pada makanan khas Indonesia terutama di masyarakat Betawi dan Sunda. Buah yang berasal dari pohon dengan nama ilmiah pithecellobium jiringa ini terkenal karena aromanya yang khas. Jengkol muda dapat dikonsumsi sebagai lalapan sedangkan jengkol yang tua dapat diolah menjadi berbagai jenis masakan. Jengkol yang dimasak memiliki tekstur seperti kentang dengan rasa yang lebih gurih.

Cara menghilangkan bau jengkol kerap dicari oleh para penggemar buah ini. Pasalnya kenikmatan buah ini selalu diiringi dengan meninggalkan bau yang kurang sedap di mulut, bahkan seluruh bagian tubuh termasuk keringat, urine, dan feses. Bau menyengat yang ditimbulkan oleh jengkol ini berasal dari asam jengkolat yaitu sejenis asam amino mengandung sulfur. Oleh sebab itu, agar tidak mengganggu cara menghilangkan bau jengkol harus dilakukan.

Jengkol merupakan bahan makanan yang mengandung banyak nutrisi yang baik bagi kesehatan, seperti protein, serat, vitamin B, dan berbagai jenis mineral. Namun seperti halnya bahan makanan lain, jengkol tidak boleh dikonsumsi secara berlebihan karena dapat menyebabkan gangguan kesehatan yang disebut kejengkolan. Berikut cara menghilangkan bau jengkol yang Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, KAmis (16/2/2023).


Cara Menghilangkan Bau Jengkol

Saat ini harga jengkol bertahan di angka Rp 40-50 ribu per kilogram, mengguli ayam yang hanya Rp 25-30 ribu per kilogram. Sementara jika pasokan seret, harganya bisa melonjak hingga dua kali lipat.
Jengkol (Liputan6.com/Jayadi Supriadin)

1. Berkumur dengan Air Garam

Cara menghilangkan bau jengkol pertama yang dapat menghilangkan bau jengkol dari mulut dan napas adalah dengan berkumur dengan air garam. Larutkan beberapa sendok teh garam dalam segelas air hangat dan gunakan untuk berkumur selama beberapa menit. Garam dapat membantu menghilangkan bau jengkol dari mulut dan napas.

2. Mengunyah Permen Karet

Mengunyah permen karet dapat menjadi alternatif cara menghilangkan bau jengkol dari mulut. Mengunyah permen karet dapat membantu membersihkan mulut dan merangsang produksi air liur untuk membantu membersihkan sisa-sisa jengkol.

3. Mandi dengan Air Hangat

Bau jengkol tidak hanya dapat tertinggal di mulut tapi juga tubuh. Mandi dengan air hangat dapat menjadi cara menghilangkan bau jengkol tubuh setelah mengkonsumsinya. Gunakan sabun atau produk mandi dengan aroma segar untuk membantu menghilangkan bau jengkol.

4. Konsumsi Makanan yang Mengandung Serat

Makanan yang mengandung serat, seperti sayuran dan buah-buahan, dapat membantu mempercepat proses pencernaan dan pembuangan sisa-sisa jengkol dari tubuh secara lebih cepat. Serat juga dapat membantu membersihkan saluran pencernaan dan mengurangi bau jengkol di feses.

5. Membersihkan Toilet dengan Pembersih Khusus

Salah satu hal yang mengganggu setelah konsumsi jengkol adalah bau yang tertinggal di urine dan feses ikut membuat kamar mandi atau tiolet juga berbau tidak sedap. Membersihkan toilet dengan pembersih khusus dapat membantu menghilangkan bau jengkol di toilet. Pastikan untuk menggunakan pembersih khusus yang kuat dan mengandung bahan antibakteri untuk membersihkan toilet dengan baik.


Cara Menghilangkan Bau Jengkol

Ilustrasi jengkol
Ilustrasi jengkol. (Image by Andry Hariana from Pixabay)

6. Konsumsi Banyak Air Putih

Minum banyak air putih setelah mengkonsumsi jengkol merupakan cara menghilangkan bau jengkol dari tubuh yang sangat mudah dilakukan. Air putih dapat membantu membilas sisa makanan yang ada di mulut yang dapat menyebabkan bau tidak sedap. Selain itu air putih dapat menetralisir bau yang ditinggalkan oleh jengkol di dalam tubuh.

7. Konsumsi Yogurt

Mengonsumsi yoghurt dapat menjadi cara menghilangkan bau jengkol di mulut dan tubuh. Yoghurt mengandung probiotik yang dapat membantu memperbaiki keseimbangan bakteri baik dan buruk di dalam tubuh, termasuk pada saluran pencernaan dan mulut. Bakteri baik ini membantu memecah bahan makanan yang tidak mudah dicerna oleh tubuh, termasuk jengkol, sehingga meminimalkan bau yang dihasilkan.

Selain itu, yoghurt juga dapat membantu menjaga kesehatan mulut dan gigi. Kandungan asam laktat dalam yoghurt dapat membantu menyeimbangkan pH mulut dan mencegah pertumbuhan bakteri yang menyebabkan bau tidak sedap. Yoghurt juga mengandung kalsium dan fosfor yang baik untuk kesehatan gigi.

8. Konsumsi Kopi

Konsumsi kopi menjadi salah satu cara menghilangkan bau jengkol yang banyak dilakukan oleh penggemar jengkol. Kopi memang menjadi salah satu bahan yang terkenal dapat menetralisir bau kurang sedap dari berbagai sumber, termasuk jengkol. Sayangnya, tidak semua orang dapat mengkonsumsi kopi karena alasan kesehatan. Untuk itu, orang yang tidak dapat mengkonsumsi kopi dapat menggunakan kopi untuk berkumur saja.

9. Mengonsumsi Teh Hijau

Teh juga dipercaya dapat menetralisir bau menyengat jengkol adalah. Polifenol dalam teh hijau diyakini yang dapat melawan berbagai penyebab bau tak sedap, tak terkecuali bau akibat jengkol. Polifenol merupakan senyawa yang bersifat antioksidan dan dipercaya dapat menghancurkan sejumlah senyawa lain yang menyebabkan bau mulut tak sedap. Selain itu, polifenol juga dapat mencegah kerusakan gigi, bahkan kanker mulut. Manfaat lain dari polifenol yang terdapat pada teh hijau ini adalah memiliki sifat antivirus sehingga dapat melindungi seseorang dari serangan flu.

10. Menyikat Gigi

Cara menghilangkan bau jengkol di mulut lainnya dapat dilakukan dengan menyikat didi dan membersihkan rongga mulut secara menyeluruh. Menyikat gigi bisa membantu menghilangkan bau jengkol pada mulut, karena bakteri pada gigi dan lidah adalah penyebab utama bau mulut. Bila perlu gunakan obet kumur agar mulut benar-benra terbebas dari bau jengkol.

Lanjutkan Membaca ↓
Loading

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya