Tanda Kurang Dari adalah Simbol Matematika, Ketahui Operasi Bilangan dan Penerapannya

Tanda kurang dari adalah simbol matematika yang kerap digunakan dalam perbandingan.

oleh Silvia Estefina Subitmele diperbarui 14 Mar 2023, 21:42 WIB
Diterbitkan 14 Mar 2023, 12:15 WIB
Ilustrasi matematika
Ilustrasi matematika. (Photo by Antoine Dautry on Unsplash)

Liputan6.com, Jakarta Tanda kurang dari (<) merupakan salah satu tanda atau simbol matematika, yang sering digunakan dalam operasi perbandingan. Tanda ini digunakan untuk membandingkan dua buah bilangan atau variabel, untuk menunjukkan bahwa satu nilai lebih kecil dari nilai yang lain.

Tanda kurang dari dapat ditemukan di hampir semua bidang ilmu pengetahuan, mulai dari matematika, fisika, kimia, hingga ekonomi. Contohnya, dalam matematika, tanda kurang dari sering digunakan untuk menyelesaikan permasalahan, yang berkaitan dengan relasi perbandingan seperti menentukan hubungan antara bilangan, mencari solusi dari suatu persamaan, atau menentukan bentuk-bentuk fungsi.

Dalam notasi matematika, tanda kurang dari dituliskan sebagai <. Tanda ini diletakkan di antara dua bilangan atau variabel yang ingin dibandingkan. Sebagai contoh, jika kita ingin membandingkan nilai a dan b, maka penulisan perbandingannya adalah a < b. Artinya, nilai a lebih kecil dari nilai b.

Tanda kurang dari juga dapat digunakan dalam bentuk kombinasi dengan tanda lain, seperti sama dengan atau lebih kecil dari. Sebagai contoh, tanda kurang dari sama dengan (≤) digunakan untuk menunjukkan bahwa satu nilai kurang dari atau sama dengan nilai yang lain. Sedangkan tanda kurang dari lebih kecil dari (>) digunakan untuk menunjukkan bahwa satu nilai lebih besar dari nilai yang lain.

Berikut ini penjelasan tentang tanda kurang dari yang Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Selasa (14/3/2023). 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Operasi Perbandingan dalam Matematika

Ilustrasi Matematika
Ilustrasi matematika. (Gambar oleh Gerd Altmann dari Pixabay)

Operasi perbandingan matematika adalah salah satu konsep dasar dalam matematika. Operasi ini digunakan untuk membandingkan dua nilai atau variabel, untuk menentukan hubungan perbandingan di antara keduanya. Ada lima jenis operasi perbandingan matematika, yaitu kurang dari (<), lebih dari (>), kurang dari atau sama dengan (≤), lebih dari atau sama dengan (≥), dan sama dengan (==).

1. Kurang dari (<)

Operasi perbandingan kurang dari digunakan untuk membandingkan dua nilai atau variabel, dan menentukan apakah nilai pada sisi kiri lebih kecil dari nilai pada sisi kanan. Contohnya, 2 < 5 berarti "2 lebih kecil dari 5". Tanda kurang dari (<) diletakkan di antara kedua nilai atau variabel yang dibandingkan.

2. Lebih dari (>)

Operasi perbandingan lebih dari digunakan untuk membandingkan dua nilai atau variabel, dan menentukan apakah nilai pada sisi kiri lebih besar dari nilai pada sisi kanan. Contohnya, 5 > 2 berarti "5 lebih besar dari 2". Tanda lebih dari (>) diletakkan di antara kedua nilai atau variabel yang dibandingkan.

3. Kurang dari atau sama dengan (≤)

Operasi perbandingan kurang dari atau sama dengan, digunakan untuk membandingkan dua nilai atau variabel dan menentukan apakah nilai pada sisi kiri lebih kecil dari atau sama dengan nilai pada sisi kanan. Contohnya, 2 ≤ 5 berarti "2 lebih kecil dari atau sama dengan 5". Tanda kurang dari atau sama dengan (≤) diletakkan di antara kedua nilai atau variabel yang dibandingkan.

4. Lebih dari atau sama dengan (≥)

Operasi perbandingan lebih dari atau sama dengan, digunakan untuk membandingkan dua nilai atau variabel, dan menentukan apakah nilai pada sisi kiri lebih besar dari atau sama dengan nilai pada sisi kanan. Contohnya, 5 ≥ 2 berarti "5 lebih besar dari atau sama dengan 2". Tanda lebih dari atau sama dengan (≥) diletakkan di antara kedua nilai atau variabel yang dibandingkan.

5. Sama dengan (==)

Operasi perbandingan sama dengan digunakan untuk membandingkan dua nilai atau variabel, dan menentukan apakah nilai pada sisi kiri sama dengan nilai pada sisi kanan. Contohnya, 2 + 3 == 5 berarti "2 ditambah 3 sama dengan 5". Tanda sama dengan (==) diletakkan di antara kedua nilai atau variabel yang dibandingkan.


Cara Menentukan Tanda Kurang Dari

Ilustrasi ahli matematika
Ilustrasi Matematika. (Sumber: CareerCast)

Untuk menentukan tanda kurang dari (<), kita harus memahami konsep perbandingan. Perbandingan digunakan untuk membandingkan dua buah nilai atau variabel, apakah satu nilai lebih besar, lebih kecil, atau sama dengan nilai yang lain. Untuk menentukan tanda kurang dari, kita perlu membandingkan dua nilai atau variabel. Jika nilai atau variabel pertama lebih kecil daripada nilai atau variabel kedua, maka tanda kurang dari dapat digunakan untuk menunjukkan perbandingannya.

Sebagai contoh, jika kita ingin membandingkan bilangan 5 dan 10, maka kita dapat menulis 5 < 10, yang berarti nilai 5 lebih kecil dari nilai 10. Tanda kurang dari (<) diletakkan di antara kedua nilai tersebut untuk menunjukkan bahwa nilai pertama lebih kecil daripada nilai kedua. Perlu diingat bahwa tanda kurang dari, hanya digunakan untuk menunjukkan perbandingan antara dua nilai atau variabel, bukan operasi matematika seperti penjumlahan atau perkalian. Jadi, jika kita ingin menambahkan dua nilai, kita tidak menggunakan tanda kurang dari, melainkan tanda tambah (+).

Selain itu, kita juga dapat menggunakan tanda kurang dari dengan tanda sama dengan (≤), untuk menunjukkan bahwa satu nilai kurang dari atau sama dengan nilai yang lain. Sebagai contoh, jika kita ingin membandingkan bilangan 5 dan 5, maka kita dapat menulis 5 ≤ 5, yang berarti nilai 5 kurang dari atau sama dengan nilai 5.

Dalam kasus tertentu, kita juga dapat menggunakan tanda kurang dari dengan tanda lebih kecil dari (>), untuk menunjukkan bahwa satu nilai lebih besar dari nilai yang lain. Sebagai contoh, jika kita ingin membandingkan bilangan 10 dan 5, maka kita dapat menulis 10 > 5, yang berarti nilai 10 lebih besar dari nilai 5.

 


Penerapan Operasi Perbandingan

Ilustrasi matematika dan angka. Photo by ThisisEngineering RAEng on Unsplash
Ilustrasi matematika dan angka. Photo by ThisisEngineering RAEng on Unsplash

Operasi perbandingan matematika memiliki beragam penerapan dalam kehidupan sehari-hari, di antaranya:

1. Menentukan urutan bilangan

Operasi perbandingan digunakan untuk menentukan urutan bilangan, misalnya saat membandingkan harga barang di toko atau nilai rapor siswa di kelas. Dengan menggunakan tanda lebih dari atau kurang dari, kita dapat menentukan bilangan mana yang lebih besar atau lebih kecil.

2. Membandingkan data statistik

Operasi perbandingan digunakan dalam statistik untuk membandingkan data, seperti mencari rata-rata, median, atau modus. Misalnya, dalam mencari rata-rata nilai ujian, kita perlu membandingkan setiap nilai dengan nilai-nilai lainnya untuk menentukan bilangan mana yang lebih besar atau lebih kecil.

3. Menghitung nilai fungsi

Operasi perbandingan digunakan dalam menghitung nilai fungsi. Misalnya, dalam fungsi f(x) = 2x - 5, jika kita ingin menentukan nilai x yang membuat f(x) kurang dari 10, kita perlu menyelesaikan persamaan 2x - 5 < 10.

4. Menyelesaikan persamaan matematika

Operasi perbandingan digunakan dalam menyelesaikan persamaan matematika, seperti persamaan linear atau kuadrat. Misalnya, dalam persamaan x^2 + 4x - 5 = 0, kita perlu menggunakan operasi perbandingan untuk menentukan akar-akar persamaan.

5. Membuat keputusan logika

Operasi perbandingan digunakan dalam membuat keputusan logika, seperti pada pengambilan keputusan dalam program komputer atau dalam pemilihan kandidat dalam pemilihan umum. Misalnya, dalam program komputer, kita dapat menggunakan operasi perbandingan, untuk menentukan tindakan yang harus dilakukan berdasarkan kondisi tertentu.

6. Menentukan persamaan garis

Operasi perbandingan digunakan dalam menentukan persamaan garis. Misalnya, dalam persamaan y = mx + c, kita dapat menggunakan operasi perbandingan untuk menentukan nilai m dan c berdasarkan dua titik yang diketahui.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya