Panduan Cara Merajut Syal untuk Pemula, Simak Tipsnya

Cara merajut syal bukan hanya kegiatan yang bertujuan untuk membuat aksesori hangat dan bergaya, tetapi juga merupakan kegiatan kreatif yang menyenangkan.

oleh Fitriyani Puspa Samodra diperbarui 30 Mar 2023, 16:10 WIB
Diterbitkan 30 Mar 2023, 16:10 WIB
Kamu Bisa Merajut Dengan Lenganmu Sendiri dan Hasilnya Keren!
Ketika melakukan cara merajut syal, seseorang dapat merasakan kepuasan dan rasa senang ketika melihat benang-benang yang tadinya terlihat biasa menjadi karya yang indah dan bergaya.

Liputan6.com, Jakarta Cara merajut syal bukan hanya kegiatan yang bertujuan untuk membuat aksesori hangat dan bergaya, tetapi juga merupakan kegiatan kreatif yang menyenangkan. Merajut memungkinkan seseorang untuk menghasilkan karya yang unik dan personal, karena pola, warna, dan jenis benang yang dapat ditentukan sendiri sesuai keinginan tiap individu.

Ketika melakukan cara merajut syal, seseorang dapat merasakan kepuasan dan rasa senang ketika melihat benang-benang yang tadinya terlihat biasa menjadi karya yang indah dan bergaya. Merajut juga dapat menjadi kegiatan yang relaksasi dan menenangkan, karena membutuhkan konsentrasi dan fokus yang mendalam. Ini dapat membantu orang tersebut melepaskan stres dan kecemasan, dan memberi waktu untuk merenung dan bersantai.

Selain itu, merajut juga dapat meningkatkan keterampilan motorik halus dan kecermatan dalam pemilihan benang dan pola. Ini juga dapat memperkuat kreativitas dan imajinasi saat menciptakan pola dan desain baru. Berikut cara merajut syal yang Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Kamis (30/3/2023).


1. Pilih Alat dan Bahan

Benang Wol
Benang Wol (Sumber: Pixabay)

Cara merajut syal memerlukan beberapa alat dan bahan yang harus disiapkan sebelum mulai merajut. Berikut ini adalah beberapa alat dan bahan yang diperlukan untuk merajut syal.

a. Benang Rajut

Benang rajut tersedia dalam berbagai ukuran dan warna. Pilih benang dengan warna dan ukuran yang disukai untuk membuat syal. Benang yang tebal akan memberikan tampilan yang lebih kasual dan hangat, sedangkan benang yang tipis akan menghasilkan tampilan yang lebih elegan.

b. Jarum Rajut

Jarum rajut atau lebih umum disebut hakpen adalah alat yang digunakan untuk merajut benang. Jarum rajut tersedia dalam berbagai ukuran dan jenis. Pilih jarum yang cocok dengan ukuran benang yang dipilih. Jika memilih benang yang lebih tebal, gunakan jarum yang lebih besar, dan jika memilih benang yang lebih tipis, gunakan jarum yang lebih kecil.

c. Gunting

Gunakan gunting untuk memotong benang dengan panjang yang dibutuhkan.

d. Meteran

Meteran atau penggaris digunakan untuk mengukur panjang dan lebar syal yang ingin dibuat.

e. Pola Rajut

Pilih pola rajut yang akan  membantu memandu dalam merajut dengan benar dan menghasilkan bentuk yang diinginkan.

f. Stitch Marker 

Stitch marker digunakan untuk mencegah benang terurai ketika proses merajut berhenti. Alat ini juga berguna sebagai penanda sampai mana hasil rajutan yang sudah dibuat. Stitch marker biasanya terbuat dari plastik dan berbentuk seperti peniti. Jika tidak ada stitch marker, dapat digantikan dengan peniti.


2. Buat Simpul Pertama

Merajut
Ilustrasi merajut. (Pexels.com/Castorly Stock)

2. Buat Simpul Pertama

Cara merajut syal dimulai dengan membuat simpul loop pada ujung benang. Pastikan lebar loop sama dengan ukuran chain yang akan dibuat. Pegang simpul di tangan kiri kemudian gulung bagian benang sisanya dengan tangan kanan.

3. Buat Chain

Setiap proyek rajut pasti diawali dengan membuat chain stitch atau rantai terlebih dahulu. Bagi pemula sangat disarankan untuk berlatih membuat tusuk rantai terlebih dahulu sampai mampu membuat ukuran rantai yang sama sebelum memulai proyek membuat syal. Ukuran rantai akan berpengaruh pada kerapihan hasil akhir syal yang dibuat. Ketikan rantai yang dibuat sudah cukup rapi, buat rantai dengan panjang sesuai lebar syal yang ingin dibuat.

4. Membuat Syal

Gunakan teknik double crochet sebab teknik ini merupakan yang paling cocok untuk membuat syal karena jenis tusuk ini sedikit longgar jika dibandingkan dengan jenis tusuk lainnya. Ambil benang dengan kait hakpen dari depan ke belakang (yam over). Kemudian geser hakpen yang berisi dua lubang pertama, masukkan ke rantai ke-4 dan ambil lagi benang dengan kait hakpen. 

Tarik dengan lembut benang yang melilit tersebut melalui tusuk rantai, bawa hakpen melewati rantai. Hasilnya kamu akan memiliki tiga lubang pada hakpen. ambil benang dengan kait hakpen dan tarik melewati dua lubang pertama pada hakpen. Ambil bagian belakang lalu tarik hakpen melewati dua lubang terakhir yang ada pada hakpen. Ulangi tahapan ini hingga mencapai panjang syal yang diinginkan

Cara merajut syal biasanya akan memakan waktu sampai beberapa hari. Ketika akan berhenti merajut jangan lupa untuk memasang stitch marker agar rajutan yang telah dibuat tidak terurai. Jika rajutan dirasa sudah cukup simpul benang dengan rapat, sisakan bagian benang dan selipkan ke rantai di dekat simpul.


Tips Cara Merajut Syal

Tren Hijab: Hangatnya Baju Rajut untuk Indahkan Pesona Hijab
Ilustrasi bahan rajut. (via; istimewa)

Berikut adalah beberapa tips yang dapat membantu cara merajut syal.

1. Pilih benang yang cocok

Pilihlah benang yang cocok dengan desain yang ingin dibuat. Benang yang lebih tebal akan memberikan tampilan yang lebih kasual dan hangat, sedangkan benang yang lebih tipis akan menghasilkan tampilan yang lebih elegan. Pastikan juga untuk memilih benang yang cukup panjang untuk menghindari kehabisan benang di tengah jalan.

2. Pilih Pola yang Tepat

Pola rajut membantu memandu dalam merajut dengan benar dan menghasilkan bentuk yang diinginkan. Pastikan untuk membaca instruksi pola dengan cermat sebelum memulai dan memahami semua teknik rajut yang diperlukan.

3. Sesuaikan Ukuran Hakpen dan Benang

Gunakan jarum yang sesuai dengan ukuran benang yang digunakan. Jika menggunakan benang yang lebih tebal, gunakan jarum yang lebih besar, dan jika menggunakan benang yang lebih tipis, gunakan jarum yang lebih kecil.

4. Jangan Ragu untuk Memulai Ulang

Jika membuat kesalahan selama proses merajut, jangan ragu untuk memulai ulang. Merajut membutuhkan ketelitian dan kesabaran, dan kesalahan kecil dapat berdampak besar pada hasil akhir. Jadi, jangan takut untuk membuka kembali jalinan rajut dan mulai lagi jika merasa tidak yakin.

5. Teliti

Pastikan untuk merajut dengan ketelitian dan konsentrasi penuh. Perhatikan pola dan teknik rajut yang dibutuhkan, dan pastikan untuk memeriksa setiap jalinan rajut setiap kali menyelesaikan baris baru.

6. Jangan Terlalu Kuat Menarik Benang

Jangan menarik benang terlalu keras saat merajut, karena ini dapat membuat jalinan rajut menjadi kendur atau bahkan putus. Rajut dengan lembut dan jangan terlalu keras menarik benang.

7. Gunakan Penanda

Gunakan tanda atau penanda seperti peniti atau jarum pentul untuk menandai baris atau bagian yang sedang dikerjakan. Ini dapat membantu tetap pada jalur yang benar dan meminimalkan kesalahan.

Lanjutkan Membaca ↓
Loading

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya