Sales Promotion Adalah Promosi Penjualan Produk, Ketahui Tujuan dan Strateginya

Sales promotion adalah program promosi penjualan dengan menawarkan produk yang dirancang untuk menumbuhkan daya tarik konsumen.

oleh Ayu Rifka Sitoresmi diperbarui 18 Mei 2023, 03:30 WIB
Diterbitkan 18 Mei 2023, 03:30 WIB
Sales Promotion Adalah Promosi Penjualan Produk, Ketahui Tujuan dan Strateginya
Ilustrasi diskon, promosi, kata-kata keren. (Photo by Artem Beliaikin on Unsplash)

Liputan6.com, Jakarta Sales promotion adalah program promosi penjualan dengan menawarkan produk yang dirancang untuk menumbuhkan daya tarik konsumen. Tujuan utama sales promotion adalah untuk memikat hati konsumen, supaya penjualan dapat meningkat.

Secara umum, sales promotion adalah strategi marketing yang dilakukan perusahaan untuk mendorong suatu produk agar terjual dengan lebih cepat. Sehingga sales promotion adalah bagian dari marketing plan yang telah tersusun dan dikerjakan pada periode tertentu. 

Sales promotion kerap dilakukan saat awal tahun bertajuk “promo tahun baru” atau pada akhir tahun dengan tema “clearance sale” atau cuci gudang untuk menghabiskan stok yang tersedia di gudang. Dengan begitu, produk yang ditawarkan akan cepat habis.

Berikut ini ulasan mengenai pengertian sales promotion menurut para ahli beserta tujuan dan strateginya yang telah dirangkum oleh Liputan6.com dari berbagai sumber, Jum’at (5/11/2021).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Pengertian Sales Promotion Menurut Para Ahli

Sales Promotion Adalah Promosi Penjualan Produk, Ketahui Tujuan dan Strateginya
Ilustrasi diskon | unsplash.com/@justinlim

Secara luas, sales promotion adalah kegiatan pemasaran selain personal selling, periklanan dan publisitas yang mendorong efektivitas pembelian konsumen dengan menggunakan alat seperti peragaan, pameran, demonstrasi dan sebagainya, juga potongan harga seperti diskon pembelian produk. Berikut ini ada sejumlah pendapat yang berbeda dari para ahli mengenai pengertian sales promotion, yaitu:

Utami

Sales promotion adalah dorongan jangka pendek untuk pembelian atau penjualan suatu produk atau jasa.

Kotler

Sales promotion adalah berbagai macam kumpulan alat-alat insentif, yang sebagiannya dapat dilakukan dalam jangka waktu pendek dan dirancang untuk dapat merangsang pembelian produk atau jasa tertentu dengan lebih cepat dan lebih besar oleh konsumen atau pedagang.

Shimp

Sales promotion mengacu pada segala insentif yang digunakan produsen dalam perdagangan (untuk pedagang besar atau wholesalers, pengecer atau retailers, atau anggota saluran lainnya), untuk konsumen agar membeli produk atau merek mereka, dan untuk mendorong tenaga penjual agar lebih agresif dalam menjual produk atau merek mereka.

Hermawan

Sales promotion adalah salah satu bentuk persuasi langsung melalui penggunaan berbagai insentif yang dapat dirancang untuk merangsang atau mendorong pembelian suatu produk tertentu dengan segera atau meningkatkan jumlah barang yang dibeli pelanggan.

Cummins dan Mullin

Sales promotion adalah serangkaian teknik jangka pendek yang digunakan untuk mencapai berbagai sasaran pemasaran yang efektif, malalui pemberian nilai tambah pada produk dan jasa, baik pada pasar perantara maupun kepada pemakai langsung, biasanya dibatasi dalam jangka waktu tertentu.

Peter dan Donenelly

Sales promotion adalah dorongan yang telah di rancang sebelumnya, baik melalui media maupun non-media, yang dibatasi dalam kurun waktu tertentu, dutujukan bagi pelanggan, pengecer ataupun pedagang besar, dalam rangka mendorong untuk menggunakan produk meningkatkan permintaan, dan meningkatkan ketersediaan produk.


Tujuan Sales Promotion

Sales Promotion Adalah Promosi Penjualan Produk, Ketahui Tujuan dan Strateginya
Sales Promotion Girl (SPG) berada di depan kendaraan yang dipamerkan di GIIAS 2019, ICE BSD, Kamis (25/7). Kehadiran SPG tersebut selain untuk menarik perhatian pengunjung juga bisa memberikan informasi tentang produk. (Bola.com/M Iqbal Ichsan)

Berikut ini beberapa tujuan sales promotion yang perlu Anda ketahui, diantaranya:

1. Meningkatkan Brand Awareness

Dengan melakukan sales promotion maka akan menaikan brand awarness, di mana hal ini akan mempengaruhi penjulanan produk karena brand semakin dikenal banyak konsumen.

2. Membuat Pasar untuk Produk Baru

Produk baru akan semakin dikenal di pasaran, sehingga perusahaan akan mengetahui targetnya di pasaran mengenai siapa saja dan saat kapan konsumen membelinya, dengan begitu maka akan mendapatkan data-data mengenai produk tersebut seperti sasaran konsumen yang tepat.

3. Produk atau Brand Tetap Kompetitif di Pasaran

Dengan melakukan promosi dapat membuat produk atau brand tetap kompotitif di pasaran, sehingga tidak akan tergerus oleh produk atau brand kompetitor.

4. Membentuk Loyalitas Konsumen

Dengan melakukan sales promotion maka akan membuat konsumen mendapatkan keuntungan saat membeli produk yang di promosikan seperti konsumen bisa mendapatkan diskon atau bonus, dengan begitu konsumen akan lebih loyal berlangganan produk yang kita jual.


Sifat-Sifat Sales Promotion

Sales Promotion Adalah Promosi Penjualan Produk, Ketahui Tujuan dan Strateginya
Ilustrasi Berbelanja Barang Diskon Credit: unsplash.com/Artem

Berikut ada sifat-sifat sales promotion, diantaranya:

1. Insentif

Mengandung makna memberikan keistimewaan dan rangsangan yang bernilai bagi konsumen.

2. Mengundang

Mengundang atau mendorong khalayak konsumen untuk segera membeli saat itu juga.

3. Komunikatif

Bermakna sales promotion mampu menarik perhatian khalayak dan memberi informasi untuk memperkenalkan produk-produk pada konsumen.


Bentuk dan Strategi Sales Promotion

Sales Promotion Adalah Promosi Penjualan Produk, Ketahui Tujuan dan Strateginya
Ilustrasi Diskon Pakaian Credit: pexels.com/Artem

Berikut ini ada beberapa bentuk dan strategi dalam melakukan sales promotion yang perlu Anda ketahui, yaitu:

1. Voucher dan Kupon

Voucher dan kupon, keduanya dapat menciptakan kesan eksklusif saat Anda memberikannya pada orang-orang terpilih.

2. Giveaway

Sales promotion bisa dilakukan dengan mengoptimalkan media sosial sebuah brand. Berfungsi tidak hanya menaikkan angka penjualan saja tetapi juga dapat berfungsi agar para pengguna media social merasa beruntung apabila mereka memenangkan giveaway tersebut.

3. Buy One Get One Free

Buy one get one free atau dikenal juga dengan BOGO, memberikan suatu keuntungan konsumen dengan mendapatkan 2 produk dengan membayar seharga 1 buah produk sehingga dapat menarik para konsumen.

4. Sample Gratis

Memberikan sample gratis dapat memicu konsumen untuk membeli produk yang Anda jual. Bahkan, yang mungkin sebelumnya tidak terpikirkan oleh konsumen.

5. Hadiah Gratis

Banyak cara untuk mengoptimalkan strategi sales promotion, salah satunya dengan memberikan hadiah gratis karena bisanya konsumen lebih senang apabila mendengar terdapat hadiah saat membeli produk.

6. Diskon

Faktanya, potongan harga dapat mendorong minat beli konsumen terhadap sebuah produk.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya