Doa Sholat Jenazah Takbir Ke 3 dan Selanjutnya, Lengkap dengan Latinnya

Tata cara lengkap shalat jenazah dan bacaan doanya, dalam bahasa Arab, latin dan artinya.

oleh Woro Anjar Verianty diperbarui 09 Mar 2024, 12:19 WIB
Diterbitkan 17 Mei 2023, 13:35 WIB
Ilustrasi bacaan doa ziarah kubur
Ilustrasi bacaan doa ziarah kubur. (Foto oleh Meruyert Gonullu dari Pexels)

Liputan6.com, Jakarta Shalat jenazah adalah bagian penting dalam Islam yang dilakukan setelah kematian seorang Muslim. Shalat jenazah juga merupakan kewajiban umat Muslim untuk melakukan shalat jenazah, dan dianggap sebagai salah satu tindakan kebaikan terakhir yang dapat dilakukan untuk orang yang meninggal. Sholat jenazah terdiri dari empat takbir dengan bacaan doa yang berbeda. 

Shalat jenazah adalah salah satu ibadah yang dilakukan umat Muslim untuk menghormati dan mendoakan seseorang yang telah meninggal dunia. Saat melaksanakan sholat jenazah, terdapat beberapa takbir yang diucapkan sebagai bagian dari rangkaian doa dan dzikir dalam sholat tersebut. Salah satu momen penting dalam shalat jenazah adalah takbir ke-3 dan doa sholat jenazah takbir ke 3, yang memiliki makna dan kepentingan tersendiri.

Doa sholat jenazah takbir ke 3 dalam sholat jenazah ditandai dengan pengangkatan tangan setelah takbir kedua. Saat mengucapkannya, makmum dan imam akan membaca doa yang merangkum harapan dan doa untuk almarhum. Doa sholat jenazah takbir ke 3 ini mengandung pesan dan makna yang mendalam, serta memuat pengharapan dan pengampunan bagi orang yang telah meninggal dunia.

Untuk lebih memahaminya, berikut ini telah Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber pada Rabu (17/5/2023). Tata cara lengkap shalat jenazah dan bacaan doanya, dalam bahasa Arab, latin dan artinya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Tata Cara Shalat Jenazah

Niat dan Sholat Malam
Ilustrasi Berdoa Credit: freepik.com

Shalat jenazah adalah salah satu bentuk ibadah yang dilakukan umat Muslim untuk mendoakan dan menghormati seseorang yang telah meninggal dunia. Sholat ini memiliki rukun dan tata cara yang perlu diikuti. Berikut adalah rukun dan tata cara sholat jenazah:

  1. Niat
  2. Berdiri
  3. Takbir empat kali
  4. Membaca surat Al-Fatihah
  5. Membaca selawat
  6. Mendoakan jenazah
  7. Membaca salam

 

Niat Sholat Jenazah

Untuk mensholatkan mayat juga memerlukan niat dalam hati dalam memulainya. Berikut lafaz doa sholat jenazah untuk niat bagi jenazah perempuan dan laki-laki:

1. Jenazah Laki-laki

أُصَلَّى عَلَى هَذِهِ الْمَيِّتَةِ أَرْبَعَ تَكْبِيرَات فَرْضُ كِفَايَةِ إماما/مَأْمُوماً لله تَعَالَى

Ushallii 'alaa haadzal mayyiti arba'a takbiiratin fardhu kifaayati imaaman/ma'muuman lillaahi ta'aalaa

Artinya : "Aku berniat shalat untuk mayat (laki-laki) ini empat takbir fardhu kifayah (sebagai) imam/makmum karena Allah Ta'ala."

 

2. Jenazah Perempuan

أُصَلَّى عَلَى هَذا الْمَيِّت أَرْبَعَ تَكْبِيرَات فَرْضُ كِفَايَةِ إماما/مَأْمُوماً لله تَعَالَى

Ushallii 'alaa haadzihil mayyitati arba'a takbiiratin fardhu kifaayati imaaman/ma'muuman lillaahi ta'aalaa

Artinya : "Aku berniat shalat untuk mayat (perempuan) ini empat takbir fardhu kifayah (sebagai) imam/makmum karena Allah Ta'ala."


Doa Sholat Jenazah Takbir Ke 1 dan 2

Terdapat empat bacaan di tiap empat takbir sholat jenazah, 'Setelah takbir pertama, hendaknya dia membaca Surat Al-Fatihah. Lalu membaca shalawat (setelah takbir kedua), kemudian berdoa bagi orang-orang mukmin pria dan wanita (pada takbir ketiga), setelah itu mendoakan mayat dengan ikhlas (takbir keempat).'

Berikut bacaan doa sholat jenazah pada takbir kesatu hingga keempat bagi mayat laki-laki dan perempuan:

Takbir Ke-1

بِسْمِ اللّٰهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْمِ اَلْحَمْدُ لِلّٰهِ رَبِّ الْعٰلَمِيْنَۙ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْمِۙ مٰلِكِ يَوْمِ الدِّيْنِۗ اِيَّاكَ نَعْبُدُ وَاِيَّاكَ نَسْتَعِيْنُۗ اِهْدِنَا الصِّرَاطَ الْمُسْتَقِيْمَۙ صِرَاطَ الَّذِيْنَ اَنْعَمْتَ عَلَيْهِمْ ەۙ غَيْرِ الْمَغْضُوْبِ عَلَيْهِمْ وَلَا الضَّاۤلِّيْنَ

Bismillāhir-raḥmānir-raḥīm al-ḥamdu lillāhi rabbil-'ālamīn ar-raḥmānir-raḥīm māliki yaumid-dīn iyyāka na'budu wa iyyāka nasta'īn ihdinaṣ-ṣirāṭal-mustaqīm ṣirāṭallażīna an'amta 'alaihim gairil-magḍụbi 'alaihim wa laḍ-ḍāllīn

Artinya: Dengan nama Allah Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang. Segala puji bagi Allah, Tuhan semesta alam Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang, Pemilik hari Pembalasan. Hanya kepada Engkaulah kami menyembah dan hanya kepada Engkaulah kami memohon pertolongan. Bimbinglah kami ke jalan yang lurus, (yaitu) jalan orang-orang yang telah Engkau beri nikmat, bukan (jalan) mereka yang dimurkai dan bukan (pula jalan) orang-orang yang sesat.

 

Takbir Ke-2

اللهُمَّ صَلِّ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى الِ سَيّدِنَا مُحَمَّدٍ كَمَا صَلَّيْتَ عَلَى ابراهيمَ وَعَلَى آلِ إِبْرَاهِيمَ وَبَارِكْ عَلَى مُحمدٍ وَعَلَى آلِ مُحَمَّدٍ كَمَا بَارَكْتَ عَلَى إبْرَاهِيمَ وَعَلَى آلِ إِبْرَاهِيمَ فِي العَالَمِينَ

Allaahumma shalli 'alaa sayyidinaa muhammad wa 'alaa aali sayyidinaa muhammadin. Kamaa shallaita 'alaa ibrahiima wa 'alaa aali ibraahiima. Wa baarik 'alaa muhammadin wa 'alaa aali muhammad. Kamaa baarakta 'alaa ibraahiima wa 'alaa aali ibraahiima fil 'aalamiina

Artinya: "Ya Allah, berilah shalawat atas Nabi Muhammad dan atas keluarganya, sebagaimana Engkau pernah memberi shalawat kepada Nabi Ibrahim dan keluarganya. Dan limpahilah berkah atas Nabi Muhammad dan para keluarganya, sebagaimana Engkau pernah memberikan berkah kepada Nabi Ibrahim dan para keluarganya. Diseluruh alam ini Engkau-lah yang terpuji yang Maha Mulia."


Doa Sholat Jenazah Takbir Ke 3 Dan 4

Takbir Ke-3

اللَّهُمَّ اغْفِرْ لَهُ وَارْحَمْهُ وَعَافِهِ وَاعْفُ عَنْهُ وَأَكْرِمْ نُزُلَهُ وَوَسَعْ مَدْخَلَهُ، وَاغْسِلْهُ بِمَاءٍ وَثَلْجِ وَبَرَدٍ وَنَقِّهِ مِنَ الْخَطَايَا كَمَا يُنَقَّى الثَّوْبُ الْأَبْيَضُ مِنَ الدَّنَسِ، وَأَبْدِلْهُ دَارًا خَيْرًا مِنْ دَارِهِ، وَأَهْلاً خَيْرًا مِنْ أَهْلِهِ، وَزَوْجًا خَيْرًا مِنْ زَوْجِهِ، وَفِهِ فِتْنَةَ الْقَبْرِ وَعَذَابَ النَّارِ

Allaahummaghfir lahu warhamhu wa 'aafihi wa'fu 'anhu wa akrim nuzulahu wa wassi' madkhalahu wa aghsilhu bimaa-in wa tsaljin wa baradin wa naqqihi minal khathaayaa kamaa yunaqqats tsaubul abyadhu minad danas, wa abdilhu daaran khairan min daarihi, wa ahlan khairan min ahlihi, wa zaujan khairan min zaujihi, wa qihi fitnatal qabri wa 'adzaaban naar

Artinya: "Ya Allah, ampunilah dia, kasihanilah dia, berilah keselamatan dan ampunilah dosanya, muliakanlah tempat tinggalnya dan lapangkanlah tempat keluarnya, sucikanlah ia dengan air, es, dan embun, serta bersihkanlah ia dari segala dosa dan kesalahan sebagaimana Engkau telah membersihkan baju putih dari kotoran. Berilah ganti baginya tempat yang lebih baik dari tempatnya yang terdahulu, keluarga yang lebih baik dari keluarga semula, pasangan yang lebih baik dari pasangan semula, serta lindungilah ia dari fitnah kubur dan siksa neraka." (Riwayat dari Auf bin Malik, HR Muslim)

 

Takbir Ke-4

Untuk jenazah pria, membaca doa sholat jenazah:

اللَّهُمَّ لَا تَحْرِمْنَا أَجْرَهُ وَلَا تَفْتِنَا بَعْدَهُ، وَاغْفِرْ لَنَا وَلَهُ

Allahumma laa tahrimnaa ajrahu wa laa taftinna ba'dahu waghfirlanaa wa lahu

Artinya: "Ya Allah, janganlah Engkau halangi kami untuk memeroleh pahalanya dan janganlah Engkau uji kami sepeninggalnya. Ampunilah kami dan dirinya."

 

Untuk jenazah wanita, membaca doa:

اللّهُمَّ لاَ تَحْرِمْنَا أَجْرَهَا وَلَا تَفْتِنَا بَعْدَهَا وَاغْفِرْلَنَا وَلَهَا

Allaahumma laa tahrimnaa ajrahaa wa laa taftinnaa ba'dahaa waghfirlanaa wa lahaa

Artinya: "Ya Allah janganlah kiranya pahalanyaa tidak sampai kepada kami, dan janganlah Engkau memberi kami fitnah sepeninggalnya, dan ampunilah kami dan dia."

Penting untuk diingat bahwa tata cara sholat jenazah bisa sedikit berbeda antara satu mazhab dengan mazhab yang lain, namun inti dan rukun-rukunnya tetap sama. Oleh karena itu, sebaiknya merujuk pada sumber yang dapat dipercaya atau mengikuti tuntunan dari imam atau tokoh agama yang diikuti.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya