15 Cara Mengusir Kecoa di Rumah, Aman dan Mudah Dipratikkan

Memahami cara mengusir kecoa di rumah sangat penting karena bintang ini bisa menjadi sumber penyakit bagi penghuni rumah.

oleh Laudia Tysara diperbarui 28 Mei 2023, 06:30 WIB
Diterbitkan 28 Mei 2023, 06:30 WIB
Kecoa
Ilustrasi Kecoa. Credit: pexels.com/Roger

Liputan6.com, Jakarta Cara mengusir kecoa di rumah bisa dilakukan dengan bahan-bahan alami yang mudah ditemukan. Mulai dari baking soda, daun salam, sabun mandi, deterjen, obat kumur, lemon, mentimun, dan masih banyak lagi. Kecoa mudah kali ditemui di sekitar kamar mandi, sudut-sudut rumah atau di ruangan yang kotor.

Memahami cara mengusir kecoa di rumah sangat penting karena bintang ini bisa menjadi sumber penyakit bagi penghuni rumah. Binatang yang dapat hidup berminggu-minggu tanpa kepala ini diyakini mampu menyebarkan bakteri penyebab penyakit.

Penyakit yang bisa ditimbulkan oleh keberadaan kecoa adalah akibat infeksi bakteri salmonella, staphylococcus, dan streptococcus. Selain memanfaatkan bahan alami, cara mengusir kecoa di rumah bisa diseimbangkan dengan selalu menjaga kebersihan rumah dan saluran air.

Berikut Liputan6.com ulas cara mengusir kecoa di rumah dari berbagai sumber, Senin (23/8/2021).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Cara Mengusir Kecoa di Rumah

Kecoa
Ilustrasi kecoa. (dok. Nowshad Arefin/Unsplash/Adhita Diansyavira)

1. Cara Mengusir Kecoa dengan Baking Soda

Baking soda secara sederhana adalah pembunuh kecoa yang ampuh. Baking soda adalah agen ragi yang digunakan dalam memanggang, ini berarti bahwa ketika bersentuhan dengan air, ia akan mengembang.

Campurkan baking soda dan gula dengan jumlah yang sama, lalu taburkan di sudut-sudut dan tempat kecoa biasa lewat. Ini merupakan cara mengusir kecoa di rumah yang mudah dipraktikkan. Gula akan menarik kecoa dan ketika mengkonsumsi zat itu ia akan mati.

2. Cara Mengusir Kecoa dengan Obat Kumur

Cara mengusir kecoa di rumah adalah menggunakan obat kumur. Obat kumur mengandung mentol, yang menurut penelitian adalah pembunuh kecoak yang kuat. Jika dibandingkan dengan 86 minyak esensial lainnya, mentol berada pada peringkat pertama.

Cara membasmi kecoa dengan obat kumur adalah membuat semprotan obat kumur. Campur 100 ml obat kumur dalam satu galon air dan semprotkan di sekitar rumah Anda. Ini merupakan cara mengusir kecoa di rumah yang mudah dipraktikkan.

3. Cara Mengusir Kecoa dengan Kapur Barus

Kapur barus salah satu obat untuk mengusir kecoa. Kamu bisa tebarkan kapur barus di pojok-pojok ruang. Ini merupakan cara mengusir kecoa di rumah yang mudah dipraktikkan. Wangi kapur barus tidak disukai kecoa dan dapat mengusir kecoa sehingga tidak datang lagi. Namun hati-hati, hindari menaruh kapur barus di dekat makanan atau lemari makanan.

4. Cara Mengusir Kecoa dengan Daun Salam

Daun salam digunakan terutama sebagai rempah pengharum masakan khususnya di sejumlah negeri di Asia Tenggara, baik untuk masakan daging, ikan, sayur mayur, maupun nasi. Namun, selain menyedapkan masakan, daun salam juga berguna sebagai pembasmi kecoa.

Daun salam dikenal sebagai salah satu solusi rumah terbaik untuk kecoa. semprotan daun salam ini akan membuat kecoa di rumah Anda berlarian pergi.

Cara mengusir kecoa di rumah adalah cukup hancurkan sedikit daun salam dan tinggalkan di dekat sudut dan celah tempat kecoak bersembunyi. Anda juga bisa meletakkan segenggam di bagian bawah tong sampah.

5. Cara Mengusir Kecoa dengan Tanah Diatom

Bagian fosil dari makhluk air kecil yang dikenal sebagai diatom membentuk apa yang dikenal sebagai tanah diatom atau DE. Zat total beracun pada tanah ini bersifat abrasif dan ketika kecoa berkontak dengan DE mengeringkan lapisan tubuh kecoa.

Pastikan untuk hanya menggunakan food grade DE yang aman di rumah. Untuk membuat DE menarik bagi kecoa, tambahkan gula ke dalamnya. Cara mengusir kecoa di rumah adalah oleskan lapisan DE yang banyak ke celah-celah dan tempat-tempat lain di mana kecoa mungkin bersembunyi.


Cara Mengusir Kecoa di Rumah

Ilustrasi deterjen | pixabay
Ilustrasi deterjen | pixabay

6. Cara Mengusir Kecoa dengan Deterjen

Kecoak akan sekarat dengan campuran air dan sabun. Metode ini sangat efektif untuk kecoak dan jangkrik di Jerman. Untuk menggunakannya, campurkan 4 sendok makan deterjen cair dengan 4 gelas air. Semprotkan sesuai kebutuhan di tempat kecoak bersembunyi.

Hairspray memiliki tekstur lengket dan sekali kecoa tersangkut di sana, mereka ia akan terjebak untuk selamanya. Hairspray sangat bagus untuk disemprotkan langsung pada kecoak saat Anda melihatnya bergerak.

Ini merupakan cara mengusir kecoa di rumah yang mudah dipraktikkan. Cara ini akan membuatnya berhenti bergerak segera. Ikuti semprotan hairspray dengan satu atau dua semprotan air sabun untuk menghabisi serangga ini.

7. Cara Mengusir Kecoa dengan Pappermint

Kecoa benci bau minyak peppermint. Minyak peppermint bertindak sebagai insektisida alami yang tidak hanya membuat kecoak di mabuk tetapi juga untuk membunuh mereka.

Buat pengusir mint dengan mengisi botol semprot dengan air dan menambahkan dua puluh tetes minyak peppermint ke dalam air. Semprotan ini 100% tidak beracun dan aman digunakan di sekitar hewan peliharaan dan anak-anak.

Cara mengusir kecoa di rumah dengan minyak peppermint ini adalah dengan manyemprotkannya sesering mungkin di area tempat kecoa bersembunyi. Ini merupakan cara mengusir kecoa di rumah yang mudah dipraktikkan.

8. Cara Mengusir Kecoa dengan Mentimun

Siapa sangka, mentimun bisa jadi cara mengusir kecoa di rumah. Ternyata binatang satu ini tidak menyukai aroma yang dikeluarkan dari mentimun.

Ini merupakan cara mengusir kecoa di rumah yang mudah dipraktikkan. Anda cukup mengiris mentimun dan menaruhnya dalam wadah seperti mangkuk. Selain itu, letakkan wadah berisi mentimun pada area atau sarang kecoa.

Cara ini juga ampuh saat ditaruh di jalur masuk kecoa untuk mencegah binatang tersebut masuk ke rumah.

9. Cara Mengusir Kecoa dengan Lemon

Mungkin sudah banyak yang tahu buah lemon adalah sumber vitamin C. Selain vitamin C, zat antipathogenic yang ada di dalamnya mampu mengusir kecoa beserta mencegah pertumbuhan kuman yang menjadi habitatnya.

Cara mengusir kecoa di rumah dengan lemon bisa dilakukan dengan menyemprotkan air perasan pada bagian-bagian rumah yang kerap didatangi kecoa. Mulailah kebiasaan untuk pel rumah dengan air dicampur perasan jeruk lemon agar mencegah kecoa datang kembali.

10. Cara Mengusir Kecoa dengan Membersihkan Rumah

Hal pertama yang wajib kamu lakukan dalam rangka cara mengusir kecoa di rumah adalah membersihkan seluruh bagian rumah. Kecoa gemar bersarang di tempat yang kotor, sempit, gelap, dan lembap.

Oleh karena itu, bersihkan setiap sudut di rumah, terutama area kamar mandi, dapur bagian lemari penyimpanan alat masak, lemari makanan, dan lemari penyimpanan bahan makanan.


Cara Mengusir Kecoa di Rumah

Ilustrasi dekorasi rumah/dok. Unsplash Outside
Ilustrasi rumah. Sumber: Unsplash/Outside

11. Cara Mengusir Kecoa dengan Insektisida

Cara mengusir kecoa di rumah bisa dengan memutus rantai hidupnya. Sebagai serangga yang pertumbuhannya sangat cepat, langkah terbaik untuk membasi kecoa adalah dengan memusnahkan telurnya.

Temukan sarang kecoa di rumah dengan mengenali tanda terlihat kotoran menyerupai serbuk kopi dan bau yang sangat apek. Ini merupakan cara mengusir kecoa di rumah yang mudah dipraktikkan.

Di sana biasanya mereka meninggalkan cangkang telur yang menetas. Jika sarang sudah ditemukan segera basmi dengan menyemprotkan insektisida atau racun kecoa langsung ke dalam sarang.

12. Cara Mengusir Kecoa dengan Menutup Saluran Air

Cara mengusir kecoa di rumah selanjutnya adalah dengan menutup saluran air yang bocor. Kecoa dapat bertahan hidup satu bulan tanpa makanan, namun ia tak bisa bertahan hidup lebih dari satu minggu tanpa air.

Tak heran kalau kecoa suka sekali bersarang di tempat-tempat lembap dan basah seperti di bawah wastafel atau saluran air.

Oleh karena itu, periksa dan teliti setiap saluran air yang ada di rumah, termasuk pipa wastafel kamar mandi, dapur, atau pipa keran kamar mandi. Segera perbaiki jika terjadi kebocoran pipa air di rumah.

13. Cara Mengusir Kecoa dengan Membersihkan Tempat Makan

Terkadang kecoa masuk ke dalam rumah untuk mendapatkan makanan. Makanan yang tercecer di meja atau lantai dapat mengundang kecoa masuk ke dalam rumah.

Apabila ada sisa makanan tercecer, segera bersihkan makanan tersebut. Ini merupakan cara mengusir kecoa di rumah yang mudah dipraktikkan. Selain itu bersihkan gelas, mangkuk, genangan pot, spons basah hingga handuk adalah tempat favorit kecoa mencari makan.

14. Cara Mengusir Kecoa dengan Menyingkirkan Barang

Apabila memiliki tumpukan barang yang tak digunakan, sebaiknya singkirkan barang-barang tersebut. Ini merupakan cara mengusir kecoa di rumah yang mudah dipraktikkan.

Terlebih jika memiliki tumpukan kayu bekas bangunan. Hal ini dikarenakan kecoa gemar bersarang di tumpuan kayu terutama ketika musim hujan. Oleh sebab itu, sebaiknya hindari menyimpan tumpukan kayu bekas.

15. Cara Mengusir Kecoa dengan Sabun Mandi

Sabun mandi bisa dimanfaatkan sebagai cara mengusir kecoa di rumah. Buat ramuannya dengan mencampur sabun mandi dengan air biasa, aduk sampai larut dan encer. Kemudian masukkan dalam botol semprot. Bila sudah, ramuan insektisida ini bisa langsung disemprotkan ke sarang kecoa di rumah.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya