7 Cara Menghilangkan Kutu Beras dalam Karung, Tanpa Ubah Rasa dan Tekstur Beras

Cara menghilangkan kutu beras dalam karung dengan mudah dan aman.

oleh Laudia Tysara diperbarui 07 Jun 2023, 21:20 WIB
Diterbitkan 07 Jun 2023, 21:20 WIB
Beras
Ilustrasi beras (iStockphoto)

Liputan6.com, Jakarta Kutu beras dikenal sebagai hama yang membuat beras tidak lagi lezat. Hama ini juga lebih sering muncul pada wadah tertutup seperti karung karena serbuk beras lebih banyak di sana. Jadi, penting untuk mengetahui cara menghilangkan kutu beras dalam karung ini. 

Sebelum memulai cara menghilangkan kutu beras dalam karung, ketahui dulu sumber kutunya. Kutu beras ini berasal dari serbuk halus beras yang disebut tepung beras. Tepung inilah yang kemudian akan melahirkan telur kumbang beras dan menjadi kutu.

Cara menghilangkan kutu beras dalam karung sebenarnya sangat sederhana. Bisa menggunakan bahan-bahan yang ada di dapur, seperti cabai, daun jeruk nipis, atau menjemurnya di bawah sinar matahari. Jika kutu beras berhasil dihilangkan dari karung, maka kemungkinan kutu tertelan semakin berkurang.

Bahaya kutu beras yang tertelan akan menyebabkan mual, muntah, dan alergi. Bahkan dampaknya juga akan semakin buruk jika terjadi pada anak. Nah, simak cara menghilangkan kutu beras dalam karung. Berikut Liputan6.com sudah merangkumnya dari berbagai sumber, Jumat (10/7/2020).

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Beri Cabai Merah Kering dalam Karung

Cabai Kering
Ilustrasi Cabai Kering (iStockphoto)

Cabai merah kering memiliki aroma pedas yang lebih kuat. Aroma inilah yang nantinya dapat dijadikan cara menghilangkan kutu beras dalam karung.

Cara menghilangkan kutu beras ini sangat mudah dilakukan. Hanya perlu menyiapkan beberapa biji cabai merah kering dan usahakan sudah benar-benar kering.

Selain aromanya benar-benar kuat, cabai merah kering juga tidak akan membusuk. Cobalah untuk memasukkan beberapa cabai merah kering ke dalam wadah penyimpanan beras atau karung.

Setelah itu tunggu semalaman hingga kutu beras menghilang. Menghilangkan kutu beras dalam karung dengan cabai merah kering cukup efektif dan mudah bukan?


Jemur Karung Beras

Beras Merah
Ilustrasi Beras Credit: freepik.com

Kutu dikenal sangat tidak menyukai suhu yang panas. Cara menghilangkan kutu beras dalam karung selanjutnya adalah dengan memberinya sensasi panas. Cobalah untuk menjemur karung beras di bawah sinar matahari.

Cara ini cukup ampuh karena kutu tidak menyukai suhu panas. Tunggulah beberapa saat hingga terik sinar matahari benar-benar membakarnya dan dapat membuatnya pergi.

Bisa juga dengan menempatkan beras pada sebuah wadah. Pastikan bahwa wadah yang digunakan lebar seperti nampan. Kemudian jemur di bawah sinar matahari langsung selama beberapa jam.

 


Beri Bubuk Merica dalam Karung

Lip 6 default image
Gambar ilustrasi

Hampir sama seperti cabai karena bubuk merica memiliki aroma sangat kuat. Cobalah untuk memasukkan satu sendok makan bubuk merica ke dalam kantong kain kecil. Kemudian letakkan bubuk ini di dalam wadah beras atau karung beras selama beberapa hari.

Kutu beras pasti akan pergi dan tidak kembali lagi. Jangan taburkan bubuk merica secara langsung karena dapat memengaruhi rasa beras. Terkecuali jika beras sudah dipindahkan dari karungnya.

 


Tutup Karung dengan Kain Basah

Liputan 6 default 4
Ilustraasi foto Liputan 6

Menutup karung beras dengan kain basah bisa membantu menghilangkan kutu. Cara menghilangkan kutu beras dalam karung ini ampuh karena kutu tidak menyukai area lembap.

Cobalah untuk menghilangkan kutu di karung beras dengan menutup kain basah. Kain basah ini harus ditutupkan pada karung kira-kira 30 menit. Pada waktu ini, dapat dipastikan kutu akan menempel pada kain kain basah tersebut.

Namun, jika beras ikut basah karena kain jangan langsung menaruh dan membiarkannya. Pastikan untuk tetap mengeringkannya dulu karena bisa membuat beras menjadi apek.


Kayu Manis dan Daun Salam

Liputan 6 default 2
Ilustraasi foto Liputan6

Beri Kayu Manis dalam Karung

Kayu manis bisa diandalkan untuk menghilangkan kutu. Utamanya adalah kutu beras. Cara menghilangkan kutu beras dalam karung ini terbilang cukup mudah dan efektif. Hanya perlu menyiapkan beberapa potong kayu manis. Jika sudah, letakkan beberapa potong kayu manis ke dalam wadah penyimpanan atau karung beras.

Beri Daun Salam dalam Karung

Daun salam bisa diandalkan untuk menghilangkan kutu beras dalam karung. Sama seperti daun jeruk karena daun salam juga memiliki aroma cukup kuat. Aroma ini dipercaya sangat dibenci oleh kutu beras.

Cara menghilangkan kutu beras dalam karung bisa dengan meletakkan beberapa daun salam kering. Coba letakkan ke dalam wadah penyimpanan beras atau karung yang digunakan. Setelah beberapa saat maka kutu beras dalam karung akan menyingkir dengan sendirinya.


Beri Daun Jeruk Nipis dalam Karung

Liputan 6 default 4
Ilustraasi foto Liputan 6

Daun jeruk nipis juga dipercaya ampuh sebagai cara menghilangkan kutu beras dalam karung. Hal ini disebabkan karena daun jeruk nipis memiliki aroma yang cukup kuat. Aroma dari daun jeruk nipis ini tidak disukai oleh kutu yang ada di beras.

Cobalah untuk menyiapkan beberapa lembar daun jeruk nipis. Usahakan yang masih memiliki aroma kuat. Cara menghilangkan kutu beras dalam karung, yakni dengan meletakkan beberapa lembar daun jeruk nipis pada karung beras. Kemudian tunggu beberapa jam hingga kutu pergi dari wadah karung tersebut.

Daun jeruk nipis ini cukup efektif digunakan bahkan sebelum kutu berdatangan. Lebih baik mencegah kutu datang daripada berusaha menghilangkannya. Coba taruh beberapa lembar daun jeruk pada karung penyimpanan beras. Ganti secara rutin agar aromanya tetap kuat.

 

 

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya