4 Bahan Masakan Ini Tidak Boleh Dicampur dengan Madu, Bisa Berbahaya

Jangan campurkan madu ke bahan makanan ini.

oleh Nisa Mutia Sari diperbarui 11 Jun 2023, 07:50 WIB
Diterbitkan 11 Jun 2023, 07:50 WIB
Madu dan Campuran yang Tidak Dianjurkan
Madu / Sumber: iStockphoto

Liputan6.com, Jakarta Madu merupakan cairan yang dipercaya bisa memberikan banyak manfaat untuk tubuh. Biasa dijadikan sebagai pemanis alami, maka tak heran banyak orang yang suka mencampurkan madu ke dalam aneka olahan masakan baik untuk makanan maupun minuman. Tentu saja, hal ini guna mendapatkan segudang khasiat dari madu untuk kesehatan tubuh.

Alih-alih ingin mendapatkan manfaat madu untuk kesehatan, ketika penyajiannya salah maka kamu tak bisa mendapatkan manfaat tersebut. Ya, ketika kamu salah dalam mencampurkannya ke dalam olahan masakan atau minuman justru bisa menimbulkan masalah bagi kesehatan.

Untuk itu, kamu perlu mengetahui beberapa bahan masakan apa saja yang tidak boleh dicampurkan bersama dengan madu. Berikut ini Liputan6.com, Kamis (4/7/2019) telah merangkum dari berbagai sumber beberapa bahan makanan yang tidak baik dicampur dengan madu. Perlu diperhatikan agar tak picu masalah kesehatan yang parah.


Air Panas

Madu dan Campuran yang Tidak Dianjurkan
Air Panas / Sumber: iStockphoto

Madu sangat sering sekali dicampurkan ke dalam sebuah olahan masakan atau bahkan minuman. Tak ada yang salah, bila ingin menjadikan madu sebagai pemanis alami agar tubuh menjadi sehat. Namun perlu diperhatikan bahwa jangan mencoba untuk mencampurkan madu ke dalam minuman yang panas atau mendidih.

Studi mengungkapkan bahwa memanaskan madu di atas 60 derajat celcius bisa menyebabkan kenaikan signifikan dalam hidroksimetil furfuraldehyde (HMF). Hal ini bisa menyebabkan keracunan pada manusia.


Daging

Madu dan Campuran yang Tidak Dianjurkan
Ilustrasi Foto Daging Sapi (iStockphoto)

Begitu juga dengan kebiasaan menuangkan madu ke atas daging atau menjadikan madu sebagai pelapis daging saat dimasak. Terlepas bagaimanapun cara pengolahannya, sebaiknya jangan mencampurkan madu di awal proses memasak daging. Hal ini bisa mengakibatkan gula alami pada madu bisa membuat daging mudah gosong.

Selain itu, madu dan produk daging tidak sesuai untuk dimakan secara bersamaan. Kedua bahan makanan ini akan menyebabkan gangguan pada kesehatan tubuh bila dicampurkan secara bersamaan.


Lobak

Madu dan Campuran yang Tidak Dianjurkan
Ilustrasi lobak putih (sumber: iStock)

Tak hanya air panas dan daging, mencampurkan madu ke dalam aneka sayuran juga tak disarankan. Salah satu sayuran yang tidak boleh dicampurkan dengan madu saat proses memasaknya adalah lobak. Alih-alih ingin sehat, justru bisa menimbulkan racun di dalam tubuh bila kedua bahan ini dicampurkan menjadi satu.

Bila kamu ingin mengonsumsi lobak, ada baiknya hanya menggunakan bawang sebagai bumbu untuk memasak lobak. Sedangkan untuk membuat salad dari lobak, kamu bisa menggunakan minyak zaitun sebagai campuran yang tepat.


Minyak Samin

Madu dan Campuran yang Tidak Dianjurkan
Minyak Samin

Minyak samin atau kerap dikenal dengan ghee adalah mentega yang berasal dari lemak hewani yang dimurnikan. Nah, mencampurkan madu dengan minyak samin ini juga tidak dianjurkan. Percampuran lemak hewani dan madu juga tidak baik untuk dikonsumsi.

Campuran dari kedua bahan makanan ini akan membuat zat racun di dalam tubuh. Oleh karena itu, mengonsumsi madu dan minyak samin bisa berakibat fatal pada tubuh dan perlu untuk dihindari.

Lanjutkan Membaca ↓
Loading

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya