21 Wisata Tulungagung Terbaru dan Paling Terkenal, Pesona Pantainya Bikin Takjub

Rekomendasi wisata Tulungagung terbaru, jangan sampai terlewat!

oleh Laudia Tysara diperbarui 18 Jun 2023, 13:10 WIB
Diterbitkan 18 Jun 2023, 13:10 WIB
Pergi ke Tempat Wisata
Ilustrasi Pergi ke Pantai. Credit: pexels.com/Adrianna

Liputan6.com, Jakarta Tulungagung merupakan salah satu kabupaten di provinsi Jawa Timur dengan sektor wisata alam yang sungguh memesona. Wisata Tulungagung terbaru dan paling terkenal tak pernah sepi dikunjungi wisatawan. Lengkap dari wisata sungai, air terjun, danau, pantai, bukit, hingga outboundnya.

Ini mengapa wisata Tulungagung terbaru dan paling terkenal sangat direkomendasikan untuk berakhir pekan. Selain suasananya yang masih sangat asri, wisata Tulungagung terbaru dan paling terkenal selalu diperbaruhi dan tak pernah ketinggalan zaman.

Banyak spot foto baru di wisata Tulungagung yang membuatnya selalu diburu anak-anak muda. Tak seperti wisata di kota-kota besar dengan tiket masuk mahal. Justru mayoritas wisata Tulungagung terbaru dan paling terkenal ini biaya masuknya murah meriah, dari 2 ribu hingga 10 ribu perak saja.

Berikut Liputan6.com ulas wisata Tulungagung terbaru dan paling terkenal dari berbagai sumber, Minggu (4/7/2021).


Wisata Tulungagung Terbaru dan Paling Terkenal

[Bintang] Jawa Timur
Air Terjun Alas Kandung, Tulungagung, Jawa Timur. (Liputan6.com/IG/aoritymayleena_)

1. Danau Ranu Gumbolo

Jika di Tengger Semeru terdapat Ranu Kumbolo maka di Tulungagung terdapat Ranu Gumbolo. Tak hanya namanya yang mirip, keindahan wisata Tulungagung terbaru dan paling terkenal ini tidak kalah dari Ranu Kumbolo. Danau cantik ini terletak di sebelah bendungan Wonorejo tepatnya di Bantengan, Mulyosari, Pagerwojo.

Di wisata Tulungagung terbaru dan paling terkenal danau Gumbolo kamu akan disuguhkan pemandangan hijau yang masih sangat alami. Di kawasan ini juga disediakan wahana flying fox, perahu kayuh, dan masih banyak wahana lainnya. Suasana yang sejuk dan jernihnya air danau tersebut akan membuat kamu betah berlama-lama di sana.

2. Air Terjun Alas Kandung

Air Terjun Alas Kandung berada di pinggir Alas Kandung di Desa Tanen, Kecamatan Rejotangan, Tulungagung. Air wisata Tulungagung terbaru dan paling terkenal ini begitu jernih dan segar sehingga banyak wisatawan yang memanfaatkan liburannya untuk berenang disini.

Selain itu suasananya masih sangat alami dan indah, cocok untuk berburu foto Instagramable. Di wisata Tulungagung terbaru dan paling terkenal ini tidak ada biaya tiket masuk, kamu hanya perlu membayar biaya parkir sebesar 3.000 ribu rupiah saja. Biaya yang sangat terjangkau bagi semua kalangan.

3. Cemoro Sewu

Cemoro Sewu atau Cemara Sewu merupakan wisata Tulungagung terbaru dan paling terkenal letaknya di Desa Kalibatur, Kalidawir, Tulungagung. Sebenarnya lokasi wisata ini masih dalam kawasan pantai, namun rerimbunan pohon cemara yang berada di sana ternyata lebih terkenal dari pantainya sendiri.

Ribuan pohon cemara wisata Tulungagung terbaru dan paling terkenal ini bisa dijadikan tempat berburu foto Instagramable yang mengagumkan karena keindahannya. Kamu bisa menikmati keindahan tempat wisata Cemoro Sewu ini hanya dengan membayar biaya parkir kendaraan saja. Untuk tarif parkir roda dua hanya Rp 3.000 saja, sedangkan untuk roda empat sekitar Rp 5.000.

4. Pantai Kedung Tumpang

Salah satu pantai yang terkenal di Tulungagung adalah Pantai Kedung Tumpang. Tempat wisata Tulungagung terbaru dan paling terkenal ini makin jadi destinasi hits saat mulai populer di media sosial. Keunikan dari pantai ini adalah adanya gugusan karang yang membentuk kolam-kolam kecil di pinggir pantainya. Kolam-kolam wisata Tulungagung terbaru dan paling terkenal inilah yang disukai pengunjung untuk berenang, berfoto, atau sekadar bermain air.

5. Pantai Popoh

Selain Kedung Tumpang, destinasi wisata Tulungagung terbaru dan paling terkenal lainnya adalah Pantai Popoh. Lokasinya yang mudah dijangkau membuat pantai ini tak pernah sepi pengunjung. Ombak di wisata Tulungagung terbaru dan paling terkenal ini juga tergolong tenang untuk dijadikan tempat bermain air. Pasirnya yang putih bersih menjadikan tempat ini tujuan favorit berekreasi di akhir pekan dan hari libur.


Wisata Tulungagung Terbaru dan Paling Terkenal

6. Bukit Jomblo

Konsep yang diterapkan pada tempat wisata Tulungagung terbaru dan paling terkenal ini sudah banyak digunakan di beberapa tempat wisata di Tanah Air. Namun pemandangan yang disuguhkan di tempat ini sangat memukau. Bagi masyarakat sekitar Tulungagung, Bukit Jomblo ini merupakan salah satu destinasi wisata alam favorit.

Meski disebut dengan Bukit Jomblo, bukan berarti hanya para jomblo saja yang boleh berkunjung ke tempat wisata Tulungagung terbaru dan paling terkenal ini. Bagi kamu yang suka menikmati pemandangan panorama alam bebas yang masih segar dan asri tempat wisata ini sangat cocok untuk kamu kunjungi. Terdapat beberapa properti yang bisa dipakai sebagai latar untuk berfoto yang tentunya Instagramable.

7. Air Terjun Sarang Awan

Air terjun Sarang Awan berada di Dukuh Sengon, Desa Kradinan, Pagerwojo, Tulungagung. Masyarakat sekitar sering menyebutnya dengan nama Air Terjun Ondo-ondo. Wisata Tulungagung terbaru dan paling terkenal ini berada di dalam Hutan Kradinan ini memiliki pemandangan yang sangat memukau. Ketinggian air terjun ini mencapai sekitar 75 Meter.

Tidak diketahui pasti mengapa wisata Tulungagung terbaru dan paling terkenal berupa air terjun ini disebut dengan Sarang Awan. Namun dari berbagai cerita warga setempat bahwa nama Sarang Awan itu muncul diperkirakan karena derasnya air yang jatuh dari ketinggian menimbulkan kabut putih yang seolah-olah mirip dengan awan yang bersarang diatas air terjun tersebut. Air terjun Sarang Awan masih sangat jarang dikunjungi wisatawan sehingga kondisi alamnya masih sangat alami, cocok untuk berburu foto Instagramable.

8. Pantai Coro

Pantai Coro masih terbilang baru dibanding wisata Tulungagung terbaru dan paling terkenal pantai di Tulungagung lainnya. Lokasi pantai ini berada tak jauh dari Pantai Popoh, hanya berjarak beberapa kilometer. Pantai Coro menawarkan hamparan pantai pasir putih dikelilingi tebing karang yang kuat.

9. Pantai Pathuk Gebang

Pantai Pathuk Gebang berada di Desa Jengglungharjo, Kecamatan Tanggunggunung, Kabupaten Tulungagung. Pantai ini juga termasuk pantai baru yang tak kalah indah panoramanya. Di wisata Tulungagung terbaru dan paling terkenal berupa pantai ini pengunjung akan disajikan dengan pemandangan batu karang yang menyerupai bendungan. Deburan ombak yang menghantam batu karang ini menjadi daya tarik panorama tersendiri bagi Pantai Pathuk Gebang.

10. Pantai Molang

Pantai Molang berada di daereh Pucang Laban, Tulungagung yang merupakan daerah perbatasan Tulungagung dan Blitar. Daya tarik wisata Tulungagung terbaru dan paling terkenal ini adalah hamparan pasir putih, air laut yang jernih, dan tebing-tebing yang ditumbuhi pepohonan hijau. Pantai ini juga kerap dijadikan tempat berkemah dan menyaksikan matahari terbit dan terbenam.


Wisata Tulungagung Terbaru dan Paling Terkenal

ilustrasi pantai
Ilustrasi pantai. (sumber: Nenad Radojčić/Unsplash)

11. Jembooland Waterpark

Salah satu objek wisata Tulungagung terbaru dan paling terkenal yang bisa kamu kunjungi bersama keluarga. Objek wisata Jembooland Waterpark ini pun menawarkan berbagai wahana permainan air. Namun jika kamu tak ingin bermain air, ada pula berbagai aktivitas lainnya seperti rollercoaster.

Lokasi tempat wisata Tulungagung terbaru dan paling terkenal ini terletak di Jalan Raya Srabah, Tulungagung. Fasillitas yang tersedia di tempat wisata ini pun cukup lengkap, seperti toilet, tempat bersantai dan juga foodcourt.

Selain itu, lahan parkir yang ada pun termasuk luas di tempat wisata Jembooland Waterpark. Jika kamu ingin berwisata di Jembooland Waterpark ini, kamu harus membayar tiket sebesar Rp 35 ribu per orang.

12. Air Terjun Coban Kromo

Bukan hanya keindahan pantainya saja bisa membuat terpesona, tapi air terjun Coban Kromo ini pun bisa menjadi destinasi wisata kamu. Wisata Tulungagung terbaru dan paling terkenal ini terletak di Desa Pelem Campurdarat air terjun ini pun menawarkan keindahan kolam alami yang indah. Untuk menuju ke air terjun ini, kamu harus menempuh jarak 12 kilometer dari pusat kota Tulungagung.

Akan tetapi kamu tak bisa menuju wisata Tulungagung terbaru dan paling terkenal ini menggunakan sepeda motor. Kamu harus menitipkan kendaraan di rumah warga yang berada di Desa Campurdarat. Setelah itu, kamu bisa melanjutkan perjalanan menuju air terjun Coban Kromo ini dengan berjalan kaki. Namun tak perlu khawatir menganai jalur yang kamu lalui, karena pengelola menyediakan anak tangga yang bisa kamu lalui.

13. Pantai Sine

Pantai ini berada di Dusun Sine RT. 05 RW. 01, Sine, Kalibatur, Kalidawir, Kabupaten Tulungagung. Daya tarik wisata Tulungagung terbaru dan paling terkenal berupa pantai ini adalah adanya perkampungan nelayan yang dikenal ramah. Pantai ini dikelilingi tebing dengan sumber mata air jernih untuk warga, hutan lindung yang rindang, dan spot matahari terbit yang eksotis.

14. Pantai Pucang Sawit

Pantai Pucang Sawit berada di Pucang Laban, Kabupaten Tulungagung. Daya tarik dari wisata Tulungagung terbaru dan paling terkenal pantai ini adalah bebatuan besar yang tersebar di sepanjang pantai. Sekilas, jika mengunjungi pantai ini kamu seasa berada di Belitung. Ini yang menjadikan Pantai Pucang Sawit kerap disebut Belitungnya Jawa Timur.

15. Pantai Ngalur

Pantai Ngalur berada di Jengglungharjo, Tanggung Gunung, Tulungagung. Pantai ini berada di kawasan pengunungan dengan jalur yang cukup rumit. Meski jalur yang tak mudah ditempuh, keindahan wisata Tulungagung terbaru dan paling terkenal pantai ini tak mengecewakan perjuanganmu. Di sini kamu akan merasakan ketenangan pantai dengan hamparan pasir putih dan deburan ombak yang mengalun.


Wisata Tulungagung Terbaru dan Paling Terkenal

16. Sungai Niyama

Sungai Niyama merupakan wisata Tulungagung terbaru dan paling terkenal. Nuansa alam yang indah bisa Anda dapatkan ketika berada di Sungai Niyama Tulungagung. Anda bisa mendengar suara gemericik air yang mengalir dan suasana alam yang asri. Tempat ini sangat cocok bagi Anda yang mencari ketenangan dengan pesona alam.

Bebatuan di sekitar sungai juga bisa menjadi daya tarik dengan pahatan alami yang cukup unik. Sungai Niyama yang menjadi wisata Tulungagung terbaru dan paling terkenal berada di Sidem, Desa Besole Kecamatan Besuki. Waktu terbaik untuk bermain ke tempat ini adalah ketika musim kemarau, saat air tidak terlalu besar.

17. Watu Payung Tulungagung

Watu Payung adalah wisata Tulungagung terbaru dan paling terkenal. Seperti namanya, objek wisata alam ini memang menyediakan pemandangan batu yang berbentuk seperti payung. Namun, Watu Payung tidak hanya menawarkan hal itu saja.

Letak wisata Tulungagung terbaru dan paling terkenal ini berada di hamparan lapangan luas menampilkan pemandangan indah dan sejuk. Di tempat ini juga banyak tersedia spot foto yang menarik. Anda bisa mengunjungi tempat ini bersama teman, pasangan, atau keluarga.

18. Pantai Gerangan

Pantai Gerangan berada di Ngrejo, Tanggung Gunung, Tulungagung. Pantai ini cukup tersembunyi dan tak banyak dikunjungi orang, cocok bagi kamu yang mencari ketenangan.

19. Pantai Brumbun

Pantai Brumbun berada tak jauh dari Pantai Gerangan. Lokasinya yang juga tersembunyi membuat pantai ini masih nampak alami dan sejuk dipandang. Karena rutenya melewati pegunungan, pantai ini nampak indah dengan kombinasi panorama birunya laut dan hijaunya pegunungan.

20. Pantai Sidem

Pantai Sidem berada tak jauh dari pantai Popoh. Pantai ini cocok untuk berekreasi bersama keluarga. Berbeda dengan pantai lainnya yang berpasir putih, Pantai Sidem merupakan pantai dengan pasir hitam.

21. Pantai Klatak

Pantai Klatak merupakan wisata Tulungagung terbaru dan paling terkenal yang berlokasi di Keboireng, Besuki, Kabupaten Tulungagung. Pantai ini cocok dijadikan tempat unutk menyaksikan matahari terbit. Daya tarik lainnya dari pantai Klatak adalah adanya budidaya lobster. Tak seperti pantai lainnya yang berpasir lembut, Pantai Klatak memiliki hamparan bebatuan kecil dan karang yang berdiri kokoh.

Lanjutkan Membaca ↓
Loading

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya