Probiotik adalah Bakteri Baik untuk Kesehatan, Kenali Manfaat dan Contoh Makanannya

Probiotik adalah mikroorganisme hidup yang memberikan banyak manfaat kesehatan.

oleh Husnul Abdi diperbarui 21 Jun 2023, 05:20 WIB
Diterbitkan 21 Jun 2023, 05:20 WIB
Probiotik adalah
Ilustrasi Yoghurt. Credit: pexels.com/Sabrina

Liputan6.com, Jakarta Probiotik adalah istilah yang mungkin sudah sering kamu dengar. Pasalnya, probiotik sering kali direkomendasikan oleh dokter dan ahli nutrisi, setelah pengkonsumsian antibiotik, atau sebagai bagian dari pengobatan candidiasis. 

Probiotik sendiri merupakan istilah yang merujuk pada mikroorganisme hidup yang dapat memberikan efek baik atau kesehatan pada organisme lain/inangnya. Kamu mungkin mengenalinya probiotik dalam bentuk suplemen atau pada produk makanan dan minuman fermentasi, seperti yoghurt, kefir, sauerkraut, acar, dan lain-lain.

Probiotik adalah mikroorganisme hidup yang memberikan banyak manfaat kesehatan. Selain bakteri baik, beberapa jenis ragi juga bisa berfungsi sebagai probiotik. Setiap kelompok probiotik yang berbeda biasanya memiliki manfaat yang berbeda pula.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Kamis (27/1/2022) tentang probiotik adalah.


Probiotik adalah

Probiotik adalah
ilustrasi kefir

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), probiotik adalah bakteri baik di dalam usus yang akan menghasilkan antibiotik, yang membantu kebutuhan usus dalam proses metabolisme, dan meningkatkan daya tahan tubuh. Probiotik adalah mikroorganisme hidup yang ketika dicerna, memberikan banyak manfaat kesehatan. Probiotik adalah istilah yang digunakan pada mikroorganisme hidup yang dapat memberikan efek baik atau kesehatan pada organisme lain/inangnya

Probiotik biasanya berbentuk bakteri baik, tetapi beberapa jenis ragi juga dapat berfungsi sebagai probiotik. Lusinan bakteri probiotik yang berbeda menawarkan manfaat kesehatan. Kelompok yang paling umum dari probiotik adalah Lactobacillus dan Bifidobacterium. Setiap kelompok terdiri dari spesies yang berbeda, dan setiap spesies memiliki banyak strain.

Menariknya, probiotik yang berbeda mengatasi kondisi kesehatan yang berbeda pula. Misalnya, jika jenis tertentu Lactobacillus membantu mencegah penyakit, itu tidak berarti bahwa jenis Lactobacillus lain atau salah satu probiotik Bifidobacterium akan dapat melakukan hal yang sama.

Beberapa bakteri membantu mencerna makanan, menghancurkan sel-sel penyebab penyakit, atau memproduksi vitamin. Banyak mikroorganisme dalam produk probiotik adalah sama atau mirip dengan mikroorganisme yang secara alami hidup dalam tubuh.


Manfaat Probiotik

Sejumlah penelitian telah menemukan bahwa manfaat probiotik adalah dapat meningkatkan kesehatan pencernaan. Bakteri baik di saluran pencernaan membantu melindungi tubuh dari bakteri dan jamur berbahaya. Bakteri baik ini juga mengirim sinyal ke sistem kekebalan tubuh dan membantu mengatur peradangan.

Dilansir dari Medical News Today, tinjauan tahun 2017 menemukan bahwa probiotik adalah bakteri baik yang juga dapat mengurangi gejala depresi. Ada kemungkinan bahwa probiotik memiliki efek ini karena ada hubungan antara usus dan kesehatan otak.


Makanan yang Mengandung Probiotik

ilustrasi probiotik atasi sembelit/pexels
ilustrasi probiotik atasi sembelit/pexels

Bentuk yang paling umum dari probiotik adalah produk peternakan dan makanan probiotik. Ada banyak makanan probiotik yang secara alami mengandung bakteri bermanfaat seperti yoghurt. Yoghurt tawar berkualitas tinggi dengan kultur hidup dapat menjadi tambahan yang cocok jika ingin menambahkan bakteri menguntungkan.

Selain yoghurt, makanan fermentasi adalah pilihan probiotik lain yang bagus. Ini karena makanan ini mengandung bakteri menguntungkan yang tumbuh subur dari gula atau serat yang ada dalam makanan. Contoh makanan fermentasi meliputi kimchi, kefir, Sauerkraut, kombucham dan masih banyak lainnya. Beberapa dari makanan tersebut juga dapat dianggap simbiotik, karena mengandung bakteri menguntungkan dan sumber serat prebiotik untuk bakteri.

Beberapa contoh pada makanan diet yang mengandung bakteri bermanfaat seperti Bakteri asam laktat (lactic acid bacteria – LAB) sebagai mikrob yang paling umum dipakai. LAB telah dipakai dalam industri makanan bertahun-tahun karena mampu mengubah gula (termasuk laktosa) dan karbohidrat lain menjadi asam laktat. Tidak hanya memberikan rasa asam yang unik pada produk olahan susu seperti susu fermentasi, tetapi juga berperan sebagai pengawet dengan cara mengurangi pH dan membuat kesempatan organisme merugikan untuk tumbuh lebih sedikit.

Probiotik juga bisa didapatkan melalui suplemen. Suplemen probiotik juga mengandung organisme hidup. Dosis tunggal dapat mencakup strain mikroba atau campuran mikroba tertentu. Bagaimanapun juga, tablet dan kapsul berisikan bakteri dalam kondisi dibekukan cukup sering juga ditemukan.


Perbedaan Probiotik dengan Prebiotik

Banyak orang yang salah menganggap istilah probiotik adalah sama dengan prebiotik. Padahal keduanya berbeda. Probiotik adalah bakteri baik di dalam usus yang akan menghasilkan antibiotik, yang membantu kebutuhan usus dalam proses metabolisme, dan meningkatkan daya tahan tubuh.

Sementara itu, prebiotik merupakan serat tanaman khusus, yang bertindak seperti pupuk yang merangsang pertumbuhan bakteri sehat di usus. Prebiotik membantu bakteri usus menghasilkan nutrisi untuk sel-sel usus besar dan mengarah ke sistem pencernaan yang lebih sehat.

Beberapa nutrisi ini termasuk asam lemak rantai pendek seperti butirat, asetat dan propionat. Asam lemak ini juga dapat diserap ke dalam aliran darah dan meningkatkan kesehatan metabolisme. Singkatnya prebiotik merupakan serat makanan yang mendukung pertumbuhan probiotik.

Prebiotik ditemukan dalam banyak buah dan sayuran, terutama yang mengandung karbohidrat kompleks, seperti serat dan pati resisten. Karbohidrat ini tidak dapat dicerna oleh tubuh, jadi mereka melewati sistem pencernaan untuk menjadi makanan bagi bakteri dan mikroba baik lainnya.

Lanjutkan Membaca ↓
Loading

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya