Doa Ketika Mendengar Ayam Berkokok Malam Hari, Baca agar Mendapat Karunia Allah

Dalam ajaran Islam, ada anjuran untuk membaca doa ketika mendengar ayam berkokok malam hari.

oleh Fitriyani Puspa Samodra diperbarui 16 Jun 2023, 11:45 WIB
Diterbitkan 16 Jun 2023, 11:45 WIB
6 Cara Mudah Memelihara Ayam Jantan agar Tumbuh Sehat dan Aktif
Ilustrasi ayam jantan. (dok. Pexels/Pixabay)

Liputan6.com, Jakarta Ayam menjadi salh satu hewan yang banyak ditemukan hidup berdampingan dengan manusia. Suara kokok ayam pada zaman dahulu kerap dijadikan penanda waktu datangnya pagi. Namun ada kalanya ayam berkokok di malam hari. Dalam ajaran Islam, ada anjuran untuk membaca doa ketika mendengar ayam berkokok malam hari.

Islam memiliki pandangan tersendiri mengenai kejadian ayam berkokok di malam hari yang merupakan hal yang kurang lazim. Dalam sebuah riwayat hadits Rasulullah menjelaskan 

إِذَا سَمِعْتُمْ صِيَاحَ الدِّيَكَةِ فَاسْأَلُوا اللَّهَ مِنْ فَضْلِهِ، فَإِنَّهَا رَأَتْ مَلَكًا، وَإِذَا سَمِعْتُمْ نَهِيقَ الحِمَارِ فَتَعَوَّذُوا بِاللَّهِ مِنَ الشَّيْطَانِ، فَإِنَّهُ رَأَى شَيْطَانًا

Artinya: Apabila kalian mendengar ayam berkokok, mintalah karunia Allah (berdoalah), karena dia melihat malaikat. Dan apabila kalian mendengar ringkikan keledai, mintalah perlindungan kepada Allah dari setan, karena dia melihat setan. (HR. Bukhari dan Muslim).

Membaca doa ketika mendengar ayam berkokok malam hari bertujuan agar umat muslim mendapat keberkahan dari Allah SWT. Berikut doa ketika mendengar ayam berkokok malam hari beserta artinya yang dilansir Liputan6.com dari berbagai sumber, Jumat (16/6/2023).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Bacaan Doa Ketika Mendengar Ayam Berkokok di Malam Hari

Niat dan Sholat Malam
Ilustrasi Berdoa Credit: freepik.com

Kokok ayam merupakan suara yang paling disukai Allah SWT. Suara kokok ayam menjadi slah satu pertanda turunnya malaikat untuk membawa rahmat-Nya. Itu mengapa Rasulullah SAW mengatakan bunyi kokok ayam jantan di waktu malam sebagai pertanda kebaikan karena merupakan tanda datangnya malaikat ke bumi. Berikut doa yang dianjurkan untuk dibaca saat mendengar kokok ayam di malam hari.

لَا إِلَهَ إِلَّا اللهُ اَللَّهُمَّ إِنِّيْ أَسْأَلُكَ مِنْ فَضْلِكَ 

Lâ ilâha illallâh. Allâhumma innî as’aluka min fadhlika. 

Artinya: Tiada tuhan yang disembah selain Allah. Hai Tuhanku, aku meminta kepada-Mu sebagian dari kemurahan-Mu. (Lihat Sayid Utsman bin Yahya, Maslakul Akhyar, Cetakan Al-‘Aidrus, Jakarta).


Ayam Berkokok di Malam Hari dalam Pandangan Islam

Ilustrasi Ayam Jantan
Ilustrasi Ayam Jantan. (Gambar oleh Jacques GAIMARD dari Pixabay)

Ada mitos yang beredar di sekitar masyarakat bahwa ayam jantan yang berkokok di malam hari menjadi pertanda bahwa ayam tersebut melihat setan. Sebaliknya dalam pandangan Islam, kokok ayam di malam hari merupakan pertanda turunnya malaikat ke bumi.

Beberapa ulama mengatakan ayam jantan merupakan binatang yang memiliki keistimewaan dapat melihat malaikat. Al Hafidz Ibnu Hajar mengatakan dalam kitab berjudul Fathul Bari,

وللديك خصيصة ليست لغيره من معرفة الوقت الليلي فإنه يقسط أصواته فيها تقسيطا لا يكاد يتفاوت ويوالي صياحه قبل الفجر وبعده لا يكاد يخطئ سواء أطال الليل أم قصر ومن ثم أفتى بعض الشافعية باعتماد الديك المجرب في الوقت

Artinya: Ayam jantan memiliki keistimewaan yang tidak dimiliki binatang lain, yaitu mengetahui perubahan waktu di malam hari. Dia berkokok di waktu yang tepat dan tidak pernah ketinggalan.

Dia berkokok sebelum subuh dan sesudah subuh, hampir tidak pernah meleset. Baik malamnya panjang atau pendek. Karena itulah, sebagian syafiiyah memfatwakan untuk mengacu kepada ayam jantan yang sudah terbukti, dalam menentukan waktu.

Oleh karena itu, sering terdengar kokok ayam di waktu subuh meskipun cahaya matahari masih belum terlihat. Namun, suara kokokan ayam ini terkadang juga terdengar di tengah malam. Seperti yang sudah dijelaskan, hal ini dipercaya sebagai tanda turunnya malaikat.

Umat Muslim dianjurkan membaca doa ketika mendengar ayam berkokok malam hari. Harapannya, doa tersebut dapat diaminkan oleh malaikat. Merujuk kitab Fathul Bari, Jenderal Arab Iyadh bin Ghanam berkata,

قال عياض كان السبب فيه رجاء تأمين الملائكة على دعائه واستغفارهم له وشهادتهم له بالإخلاص

Artinya: Alasan kita dianjurkan berdoa ketika ayam berkokok adalah mengharapkan ucapan amin dari Malaikat untuk doa kita dan permohonan ampun mereka kepada kita, serta persaksian mereka akan keikhlasan kita.

 

 

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya