Page Setup Berfungsi untuk Mengatur Format Halaman, Simak Penjelasannya

Page setup berfungsi untuk mengatur tampilan dan format halaman.

oleh Silvia Estefina Subitmele diperbarui 27 Jun 2023, 15:20 WIB
Diterbitkan 27 Jun 2023, 15:20 WIB
Ilustrasi Microsoft 365 (Dok. Microsoft)
Ilustrasi Microsoft 365 (Dok. Microsoft)

Liputan6.com, Jakarta Page Setup adalah proses pengaturan, yang berkaitan dengan tata letak dan format halaman dalam sebuah dokumen di Microsoft Word. Umumnya page setup berfungsi mengatur ukuran kertas, orientasi halaman (potret atau lanskap), margin (batas kosong di sekitar tepi halaman), serta fitur-fitur tambahan seperti header, footer, atau kolom.

Page setup berfungsi untuk mengatur tampilan dan format halaman, agar sesuai dengan kebutuhan dan preferensi dokumen yang sedang dibuat atau diedit. Dalam aplikasi pengolah kata atau desain grafis, biasanya terdapat opsi Page Setup yang dapat diakses melalui menu atau panel pengaturan.

Page setup berfungsi untuk menciptakan dokumen yang terstruktur, mudah dibaca, dan visual yang konsisten. Pengaturan yang tepat dapat membantu mencapai penampilan dokumen yang profesional, dan sesuai dengan tujuan penggunaan dokumen tersebut.

Berikut ini fungsi page setup yang Liputan6.com rangkum dari berbagi sumber, Selasa (27/6/2023). 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


1. Menentukan Ukuran Kertas

Ilustrasi Microsoft Word, cara mengecilkan ukuran pdf
Ilustrasi Microsoft Word, cara mengecilkan ukuran pdf. (Photo by Pedro Santos on Unsplash)

Page Setup memungkinkan pengguna, untuk memilih ukuran kertas yang sesuai dengan jenis dokumen yang akan dibuat. Pilihan ukuran kertas umum meliputi A4, Letter, Legal, Executive, dan lainnya. Ukuran kertas yang tepat akan sangat penting, karena bisa mempengaruhi tata letak dan kegunaan dokumen. Misalnya, untuk dokumen bisnis seperti proposal atau laporan, umumnya menggunakan ukuran kertas Letter atau A4. Dengan memilih ukuran kertas yang tepat, dokumen akan terlihat proporsional dan mudah dibaca.

2. Mengatur Orientasi Halaman

Page Setup memungkinkan pengguna untuk memilih orientasi halaman, yaitu potret (vertical) atau lanskap (horizontal). Orientasi potret biasanya digunakan untuk dokumen teks panjang seperti surat, esai, atau laporan, karena lebih nyaman untuk membaca secara berurutan dari atas ke bawah. Sementara itu, orientasi lanskap lebih cocok untuk dokumen dengan elemen visual seperti grafik, tabel, atau presentasi. Dengan memilih orientasi halaman yang tepat, dokumen akan terlihat lebih sesuai dengan kontennya.

3. Menyesuaikan Margin Halaman

Page setup berfungsi untuk menyesuaikan margin halaman, yaitu area kosong di sekitar tepi dokumen. Margin yang tepat, akan sangat penting untuk menjaga tata letak yang rapi, meningkatkan legibilitas, dan memberikan ruang untuk catatan atau komentar. Dalam Page Setup, pengguna dapat menentukan lebar margin atas, bawah, kiri, dan kanan. Beberapa dokumen mungkin memerlukan margin yang lebih lebar untuk memberikan ruang untuk binding (pengikatan) atau penambahan catatan tambahan di sisi kertas.

Page Setup memungkinkan pengguna untuk menyisipkan header dan footer pada dokumen. Header biasanya ditempatkan di bagian atas halaman, dan footer di bagian bawah halaman. Header dan footer dapat berisi informasi seperti judul dokumen, logo, nomor halaman, tanggal, atau informasi kontak. Penambahan header dan footer, dapat memberikan identitas pada dokumen, meningkatkan keseragaman, dan memudahkan pengguna dalam mengorganisasikan informasi yang relevan pada setiap halaman dokumen.

5. Membagi Halaman menjadi Kolom

Page Setup juga memungkinkan pengguna, untuk membagi halaman menjadi beberapa kolom. Ini berguna untuk dokumen seperti majalah, brosur, newsletter, atau makalah dengan tata letak kolom ganda. Dalam Page Setup, pengguna dapat memilih jumlah kolom yang diinginkan dan mengatur lebar kolom. 


Cara Membuat

Ilustrasi laptop | Burst dari Pexels
Ilustrasi laptop | Burst dari Pexels

Berikut adalah langkah-langkah umum untuk membuat Page Setup dalam program Microsoft Word:

  1. Buka dokumen Microsoft Word yang ingin Anda atur Page Setup-nya.
  2. Klik tab "Layout" di menu pita Microsoft Word. Di beberapa versi Word, Anda mungkin perlu mencari tab "Page Layout" atau "Page Design" yang memiliki opsi Page Setup.
  3. Di grup "Page Setup", biasanya ada tombol "Page Setup" yang terletak di pojok kanan bawah grup tersebut.
  4. Klik tombol ini untuk membuka jendela "Page Setup". Jika tidak ada tombol "Page Setup", Anda dapat mencarinya di menu "File" > "Page Setup".
  5. Di jendela "Page Setup", akan ada beberapa tab yang berisi opsi pengaturan yang berbeda. Tab-tab ini dapat berbeda-beda tergantung pada versi Microsoft Word yang Anda gunakan.

Berikut adalah beberapa tab yang umumnya tersedia:

1. Margins (Margin)

  1. Di tab ini, Anda dapat mengatur margin halaman.
  2. Margin adalah area kosong di sekitar tepi dokumen.
  3. Anda dapat memasukkan ukuran margin yang diinginkan, dalam kotak teks atau memilih margin prasetel dari daftar tarik-turun.
  4. Anda juga dapat mengatur margin atas, bawah, kiri, dan kanan secara terpisah.

2. Paper (Kertas)

  1. Di tab ini, Anda dapat memilih ukuran kertas yang diinginkan dari daftar tarik-turun "Size".
  2. Pilih ukuran kertas yang sesuai dengan kebutuhan Anda, seperti A4, Letter, atau ukuran kustom.
  3. Anda juga dapat mengatur orientasi halaman (potret atau lanskap) dengan memilih opsi yang sesuai.

3. Layout (Tata Letak)

  1. Di tab ini, Anda dapat melakukan pengaturan tambahan terkait tata letak halaman.
  2. Anda dapat mengatur kolom halaman dengan memilih opsi jumlah kolom yang diinginkan.
  3. Anda juga dapat mengatur tata letak pecahan, jika Anda ingin mencetak amplop atau surat dengan alamat.
  4. Selain itu, Anda dapat mengatur arah teks (misalnya, horizontal atau vertikal) dan perataan vertikal teks.

4. Header/Footer (Header/Footer)

  1. Di tab ini, Anda dapat mengatur header dan footer dokumen.
  2. Anda dapat memilih opsi yang telah disediakan, untuk menambahkan informasi seperti judul dokumen, nomor halaman, tanggal, dan lainnya ke bagian atas (header) atau bagian bawah (footer) halaman.
  3. Anda juga dapat memasukkan teks khusus, atau mengatur penempatan elemen header/footer dengan mengklik tombol "Header" atau "Footer".

Mengenal Page Layout

Ilustrasi Seseorang Sedang Menulis Jurnal Ilmiah di Laptop
Ilustrasi Seseorang Sedang Menulis Jurnal Ilmiah di Laptop (freepik/katemangostar)

Page layout termasuk salah satu fitur yang terdapat di dalam Microsoft Office, seperti yang di lansir dari laman resmi Microsoft Office Word, fitur page layout menjadi salah satu hal penting untuk dipahami dan digunakan sebaik mungkin, mengingat hal pertama yang harus dilakukan sebelum mengetik tulisan atau teks adalah mengatur tampilan layar terlebih dahulu. 

Dalam memahami berbagai fungsi dari page layout, perlu diketahui juga bagaimana fungsi lima kategori fitur yang ada pada menu ini sebagi berikut:

Themes

Themes dalam menu page layout merupakan sub menu yang memiliki beberapa fungsi, dengan fungsi utama sebagai menu untuk mengatur atau mengubah tampilan, huruf hingga warna di dalam teks dari dokumen yang dibuat. Diantaranya seperti tema, warna, fonts dan efek dari tampilan halaman tulisan.

Page Setup

Page setup berfungsi untuk mengubah ukuran kertas, jarak tulisan, jumlah kolom. Selain itu juga berfungsi untuk menentukan apakah tampilan kertas pada dokumen berada dalam mode horizontal atau vertikal.  Umumnya margins, orientation, size, breaks, colums, line number dan hyphenation diatur sesuai dengan keinginan pengguna

Page Background

Fitur page background memiliki fungsi sebagai pengubah tampilan latar belakang pada dokumen, di dalam menu ini ada tiga fitur pendukung. Di antaranya seperti watermark, page color dan page border dengan fungsi masing-masing yang membantu dalam penulisan.

Paragraph

Paragraph berfungsi untuk mengatur jarak  tiap kata dalam satu kalimat, dengan menggunakan spasi dan tentu paragraf itu sendiri. Di dalam menu ini juga terdapat beberapa fitur pendukung, seperti indent left, indent right, space before dan spacing after.

Arrange

Arrange pada page layout memiliki beberapa fungsi, dan yang paling utama adalah berkaitan dengan pengaturan posisi objek gambar page layout, yang terdapat dalam sebuah dokumen yang akan dikerjakan. Beberapa menu pendukung dalam arrange di antaranya seperti position, bring to front, send to back, text wrapping, group dan rotate.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya