Mengenal PS Hizbul Wathan, Klub Bola Bentukan Muhammadiyah

PS Hizbul Wathan didirikan oleh Persyarikatan Muhammadiyah melalui sayap kepemudaan Hizbul Wathan.

oleh Fitriyani Puspa Samodra diperbarui 28 Jun 2023, 10:45 WIB
Diterbitkan 28 Jun 2023, 10:45 WIB
Mengenal PS Hizbul Wathan
Mengenal PS Hizbul Wathan (Sumber: pwmu.co)

Liputan6.com, Jakarta Muhammadiyah ternyata memiliki andil dalam sejarah sepak bola Indonesia. Ketua PSSI pertama, Ir. Soeratin, merupakan salah satu kader Muhammadiyah. Persatuan Sepak bola Hizbul Wathan atau disingkat PS Hizbul Wathan adalah nama klub bola yang didirikan pada 1953. PS Hizbul Wathan didirikan oleh Persyarikatan Muhammadiyah melalui sayap kepemudaan Hizbul Wathan.

Sebagai klub bola bentukan organisasi keagamaan, PS Hizbul Wathan memiliki tujuan berdakwah melalui bidah olahraga yaitu sepak bola. Berikut adalah ulasan tentang PS Hizbul Wathan yang Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Rabu (28/6/2023).


Mengakuisisi Persigo Semeru FC dan Kompetisi Liga 2

Mengenal PS Hizbul Wathan
Mengenal PS Hizbul Wathan (Sumber: pwmu.co)

Klub bola yang menggunakan Stadion Gelora Delta Sidoarjo sebagai kandang ini memiliki motto berakhlakul karimah dan ingin berdakwah melalui sepakbola. Salah seorang pendiri PS HW ialah Abdul Hamid BKN yang juga menjadi pemain PS HW pada tahun 1918.  Abdul Hamid sendiri merupakan salah satu santri dari pendiri Muhammadiyah, K. H. Ahmad Dahlan.

Kiprah emas PS Hizbul Wathan dalam sepakbola Indonesia adalah ketika Ir. Soeratin Sosrosoegondo dan para perintis awal sepakbola Indonesia, mendirikan Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI). Setelah didirikan pada 1953, PS Hizbul Wathan kemudian berkembang di kota-kota lain. Penggunaan PS Hizbul Wathan sebagai nama klub bola membuatnya identik dengan Muhammadiyah.

PS Hizbul Wathan merupakan salah satu klub sepak bola peserta Liga 2 Indonesia setelah mengakuisisi Persigo Semeru FC pada 25 Februari 2020. Terjadi penyesuaian nama setelah proses akuisisi ini, PS yang awalnya merupakan singkatan dari Persatuan Sepak bola diganti menjadi Persigo Semeru demi mematuhi regulasi terkait perubahan nama.

Dengan begitu, Muhammadiyah yang lebih dikenal berdakwah lewat lembaga pendidikan dan rumah sakit, kini juga masuk ke sepakbola. Setelah akuisisi, Pimpinan Wilayah Muhammadiyah (PWM) Jatim langsung mendaftarkan nama PS Hizbul Wathan ke PT Liga Indonesia Baru dan memilih berkandang di Sidoarjo.

Persigo Semeru FC sendiri sebenarnya merupakan klub hasil merger Persigo Gorontalo dengan Semeru FC, yang berasal dari Lumajang, pada 2017 lalu.

Mereka merupakan salah satu klub Liga 3 yang promosi ke Liga 2 tahun ini bersama dengan Persijap Jepara, PSKC Cimahi, KS Tiga Naga, Persekat Tegal dan Putra Sinar Giri (PSG) FC. 


Filosofi Jersey PS Hizbul Wathan di Liga 2

Filosofi Jersey PS Hizbul Wathan di Liga 2
Filosofi Jersey PS Hizbul Wathan di Liga 2 (Sumber: pwmu.co)

Dilansir dari laman pwmu.co, Muhammad Mirdasy selaku Direktur Komersial dan Bisnis PS Hizbul Wathan, menjelaskan filosofi jersey PS Hizbul Wathan di Liga 2. Menurut Mirdasy, Jersey tidak sekadar seragam tim tapi menjadi semangat kebersamaan. 

PS Hizbul Wathan diketahui memiliki 3 jenis jersey. Pertama, jersey kandang (home) berwarna kuning dengan variasi warna biru dan abu-abu. Kedua, jersey tandang (away) dengan warna putih dengan variasi abu-abu. Terakhir, jersey 3RD (alternatif) dengan warna dominan hijau dengan mozaik warna abu-abu. 

Tiap desain jersey memiliki filosofinya masing-masing. Jersey kandang memiliki filosofi dinamis Desainya menunjukkan gerakan yang dinamis, agresif, dan vertikal pemain PSHW. Ini menjadi citra karakter khas, tidak mengenal menyerah dan bergerak menyerang, kata Mirdasy.

Desain jersey tandang melambangkan PS Hizbul Wathan yang berprinsip, teguh pendirian, dan berakhlak. Menurut Mirdays, pemain PSHW memiliki pribadi mulia. Sedangkan desain jersey alternatif memiliki artinya berpendidikan, tercerahkan, fair play, dan menjunjung tinggi kehormatan. 

Untuk memenuhi kebutuhan jersey, PS Hizbul Wathan memberdayakan warga Muhammadiyah sendiri untuk membuatnya. Manajemen PS Hizbul Wathan merasa kualitas jersey buatan warga Muhammadiyah tidak kalah dengan jersey pabrikan lainnya. Produksi Jersey oleh warga Muhammadiyah dilakukan untuk memenuhi kebutuhan Tim dan juga suporter. Dengan langkah pemberdayaan ini PS Hizbul Wathan turut membantu perekonomian warganya sekaligus dapat memudahkan suporternya mendapatkan jersey dengan harga yang lebih terjangkau.


Bendera berlogo Muhammadiyah. (Foto: muhammadiyah.or.id)
Bendera berlogo Muhammadiyah. (Foto: muhammadiyah.or.id)

Jersey PSHW juga ‘dihiasi’ beberapa logo amal usaha Muhammadiyah (AUM) yang menjadi sponsor utama selama Kompetisi Liga 2 Tahun 2020. Sponsor tersebut terdiri dari tujuh universitas dan rumah sakit. 

Ketujuh logo universitas yang menjadi sponsor PS Hizbul Wathan berada di bagian depan jersey. Universitas tersebut diantaranya, Universitas Muhammadiyah Surabaya (UMSurabaya), Universitas Muhammadiyah Malang (UMM), Universitas Muhammadiyah Sidoarjo (Umsida), Universitas Muhammadiyah Gresik (UMG), Universitas Muhammadiyah Jember (UM Jember), Universitas Muhammadiyah Ponorogo (Umpo), dan Universitas Muhammadiyah Lamongan (Umla).

Sementara di bagian punggung, terpampang logo Jaringan Rumah Sakit Muhammadiyah Jember yang mewadahi berbagai rumah sakit Muhammadiyah dan Aisyiyah di Jawa Timur. Ada beberapa sekolah Muhammadiyah ungulan di Jawa Timur juga turut menyokong PSHW. namun kompensasi sponsorship-nya dalam bentuk lain.

Daftar Pemain PS Hizbul Wathan

Penjaga Gawang

  1. Guntur Egi Saputro
  2. Ferdiansyah
  3. Sugandi Wiralagatama

Defender

  1. Dikki Fernando
  2. Faza Abdil Asad
  3. Maulana
  4. Septian Nugroho
  5. Zaka Mabruri
  6. Sigit Meiko
  7. Taufiq Kasrun

Midfilder

  1. Wahyu Prayogo
  2. Juan Revi
  3. Ricky Wahyudi
  4. Afif Sena
  5. Bagus Himawan
  6. Fadel Mohamad
  7. Aris Dwi Santoso
  8. Bayu Arfian
  9. Novaldo Wijaya
  10. Mufutau Ogunsula

Striker

  1. Kholis Sabilal
  2. Febri Yulianto
  3. Ahmad
  4. Rizky Sena
  5. Vengko Armedya
Lanjutkan Membaca ↓
Loading

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya