Jelaskan Tiga Manfaat Keberagaman di Lingkungan Sekolah bagi Pelajar

Manfaat keberagaman di lingkungan sekolah memiliki dampak yang positif bagi pelajar.

oleh Husnul Abdi diperbarui 28 Jun 2023, 17:36 WIB
Diterbitkan 28 Jun 2023, 17:00 WIB
Ilustrasi belajar, siswa, murid, pelajar, sekolah, SMA
Ilustrasi belajar, siswa, murid, pelajar, sekolah, SMA. (Photo by Ed Us on Unsplash)

Liputan6.com, Jakarta Jelaskan tiga manfaat keberagaman di lingkungan sekolah merupakan salah satu soal pada ulangan yang mungkin cukup sering muncul. Indonesia merupakan negara yang penuh dengan keberagaman. Pasalnya, terdapat banyak suku, ras, agama, etnik, dan keberagaman lainnya di Indonesia.

Tidak hanya di lingkungan bernegara saja, keberagaman juga bisa kamu temui di lingkungan dekat rumah dan tentunya di lingkungan sekolah. Keberagaman ini tentunya memiliki berbagai macam manfaat jika disikapi secara positif.

Manfaat keberagaman di lingkungan sekolah memiliki dampak yang positif bagi pelajar. Pasalnya, dengan begitu para pelajar dapat mengenal teman-teman dengan berbagai latar belakang yang berbeda. Hal ini nantinya memiliki banyak dampak positif bagi para pelajar.

Keberagaman harus disikapi dengan bijak sehingga memberikan banyak manfaat. Perbedaan yang ada tidak akan membatasi kamu untuk hidup rukun dan bersatu dengan pelajar lainnya. Memahami perbedaan tersebut dengan bijak akan membuat kamu bisa dengan mudah menerima pelajar lain yang memiliki karakter yang berbeda-beda. Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Rabu (28/6/2023) tentang tiga manfaat keberagaman di lingkungan sekolah.


1. Menciptakan Sikap Toleransi

Ilustrasi belajar, siswa, murid, pelajar, sekolah, SMA
Ilustrasi belajar, siswa, murid, pelajar, sekolah, SMA. (Photo by Ed Us on Unsplash)

Jelaskan tiga manfaat keberagaman di lingkungan sekolah, yang pertama yaitu terciptanya toleransi. Sekolah adalah lingkungan yang majemuk karena di dalamnya terdiri dari berbagai macam suku, agama, etnis, ras, bahasa, hingga adat istiadat. Perbedaan ini menuntut setiap pelajar untuk bisa saling menghormati.  Jadi, manfaat keberagaman di lingkungan sekolah secara lebih lanjut akan memupuk rasa saling menghormati.

Pelajar jadi paham bahwa memang ada perbedaan pada dirinya dengan teman-temannya yang lain. Namun, bukan berarti perbedaan tersebut buruk. Sebaliknya, perbedaan itulah yang menguatkan dan menyatukan Indonesia. Oleh karena itu, pelajar akan mengerti bahwa keberagaman harus dihormati, serta tidak mengejek maupun memaksa.

Jika sudah bisa menghormati orang lain yang berbeda dengan kita, maka akan tercipta rasa toleransi dalam diri. Setelah memiliki rasa toleransi, maka seorang pelajar akan menerima dan menghargai berbagai keberagaman tersebut. Pelajar akan belajar hal-hal baru dan tidak akan memaksakan kehendaknya kepada orang lain. Jadi, jelaskan tiga manfaat keberagaman di lingkungan sekolah yang pertama jawabannya adalah dapat menciptakan sikap toleransi.

Misalnya, kebanyakan pelajar yang tinggal di Kota Jakarta cenderung lebih sering menggunakan Bahasa Indonesia maupun Betawi. Lalu, ketika berada di sekolah, ia bertemu dengan teman yang berasal dari suku Jawa dan Sunda. Maka, secara otomatis di antara anak-anak ini terdapat beragam perbedaan kebiasaan maupun bahasa. Dengan memahami adanya perbedaan ini, maka akan muncul penerimaan bahwa setiap individu memiliki karakteristik masing-masing.


2. Menambah Wawasan Budaya

Ilmu
Ilmu Credit: unsplash.com/Antenna

Jelaskan tiga manfaat keberagaman di lingkungan sekolah, yang berikutnya yaitu dapat menambah wawasan budaya. Setiap tempat atau daerah di Indonesia memiliki kebudayaan, adat istiadat, dan bahasa yang berbeda-beda.

Adanya keberagaman di sekolah membuat pelajar secara langsung akan berkenalan dengan kebudayaan, adat istiadat, dan bahasa lainnya. Hal ini berarti, setiap pelajar akan mendapatkan wawasan budaya baru. Semakin banyak perbedaan tersebut maka wawasan yang didapatkan juga semakin banyak.  Jelaskan tiga manfaat keberagaman di lingkungan sekolah ini bisa kamu pahami dengan membaca contoh di bawah ini.

Contohnya yaitu saat kamu bertemu dengan teman yang berasal dari luar Jakarta dan kebetulan memiliki suku berbeda. Maka, teman tersebut secara tidak langsung akan menyesuaikan sikap dan cara berkomunikasi agar bisa berinteraksi dan bersosialisasi dengan teman-teman lain. Ha; ini tentunya bisa membuatnya terlatih dalam menjalin pertemanan dengan banyak pelajar dari latar belakang yang beragam. Jadi, jelaskan tiga manfaat keberagaman di lingkungan sekolah yang kedua jawabannya adalah dapat menambah wawasan tentang berbagai budaya.


3. Memperkuat Persatuan dan Kesatuan

Ilustrasi guru, mengajar, ruang kelas
Ilustrasi guru, mengajar, ruang kelas. Photo by Max Fischer from Pexels)

Jelaskan tiga manfaat keberagaman di lingkungan sekolah yang terakhir yaitu dapat memperkuat persatuan dan kesatuan. Adanya perbedaan yang datang dari berbagai suku, budaya, agama, ras, dan etnik tentunya akan memberikan pembelajaran pada pelajar bahwa Indonesia kaya akan keberagaman. Keberagaman di lingkungan sekolah ini akan menjadi contoh nyata kepada pelajar bahwa meskipun ada banyak suku dan ras, kita semua tetap bisa rukun dan bersatu.

Munculnya sikap saling menghargai, menghormati, menghargai, toleransi dan memahami keberagaman pada diri kamu dan teman-teman akan membuat Indonesia ini menjadi negara yang kuat. Hal ini dikarenakan sikap-sikap tersebut akan memperkuat persatuan dan kesatuan. Selain menjadi negara yang kuat, Indonesia juga akan terhindar dari konflik akibat adanya perbedaan. Jelaskan tiga manfaat keberagaman di lingkungan sekolah ini memang begitu besar dampaknya. Kemajemukan di lingkungan sekolah terbukti bisa menjadi pembelajaran sekaligus latihan bagi pelajar agar dapat memahami serta menghormati latar belakang setiap orang.

Pelajar akan jadi orang yang terbuka, serta mampu berteman dengan pelajar lain meski bukan berasal dari suku maupun ras yang sama. Manfaat keberagaman di lingkungan sekolah akan membangun karakter anak sebagai orang yang menghargai pilihan orang lain serta selalu membawa kedamaian pada lingkungan sekitar.

Lanjutkan Membaca ↓
Loading

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya