Rincian Harga Umroh 2023 di Indonesia, Simak Cara Cek Biro Resminya

Rincian harga umrah 2023 tergantung dengan travel perjalanan umrah serta rencana perjalanan yang akan anda lakukan.

oleh Ayu Rifka Sitoresmi diperbarui 27 Jul 2023, 19:35 WIB
Diterbitkan 27 Jul 2023, 19:35 WIB
Rincian Harga Umroh 2023 di Indonesia, Simak Pula Cara Cek Biro Resminya
Ilustrasi Menunaikan Ibadah Haji Credit: pexels.com/pixabay

Liputan6.com, Jakarta Umrah adalah salah satu kegiatan ibadah agama Islam yang sering dilakukan oleh umat Muslim bagi yang mampu secara fisik dan finansial. Umrah sendiri mirip dengan ibadah haji yang dilaksanakan di kota suci Mekkah, khusunya di Masjidil Haram.

Umrah juga menjadi impian oleh hampir semua umat Islam di seluruh dunia. Untuk dapat menjalankannya, anda perlu membutuhkan persiapan yang matang, terutama terkait biaya umrah yang memang cukup besar.

Rincian harga umrah 2023 tergantung dengan travel perjalanan umrah serta rencana perjalanan yang akan anda lakukan. Sebab, ada beberapa pilihan perjalanan umrah yang bisa anda sesuaikan fasilitas dan kemampuan finansial.

Berikut Liputan6.com ulas mengenai rincian harga umroh 2023 di Indonesia dan cara cek biro resminya yang telah dirangkum dari berbagai sumber, Kamis (27/7/2023).


Rincian Harga Umrah 2023 di Indonesia

Rincian Harga Umroh 2023 di Indonesia, Simak Pula Cara Cek Biro Resminya
Ilustrasi ibadah umrah. (Liputan6.com/@hananiagroup.id)

Biaya umroh 2023 terbaru sesuai standar Kemenag RI yaitu berkisar Rp 24.000.000 – Rp 28.000.000 biaya ini dihitung berdasarkan biaya akomodasi seperti hotel, tiket pesawat, transportasi, makanan serta fasilitas penting lainnya yang mendukung untuk melaksanakan ibadah umroh.

Namun biasa tersebut tidak dapat disamakan dengan beberapa jenis paket umroh yang biasanya ditawarkan oleh biro perjalanan umroh di setiap wilayah di Indonesia. Harga umroh yang menjadi standar Kemenag RI adalah patokan minimal untuk harga umroh di seluruh wilayah Indonesia.

Berikut beberapa kisaran harga paket harga umroh 2023 di Indonesia, yakni:

1. Paket Umroh Reguler

Jenis paket umroh reguler ini merupakan paket umroh umum yang kegiatannya berfokus pada umroh dan cukup banyak peminat. Harga dari paket umroh reguler ini berkisar Rp 24 juta sampai dengan 28 jutaan dengan variasi hotel yang beragam mulai dari bintang 3 dan 4 dan durasi perjalanan selama 9 hari.

2. Paket Umroh Plus City Tour

Jenis paket ini adalah untuk Anda yang menginginkan beribadah sambil liburan ke beberapa negara seperti Turki, Dubai dan negara timur tengah lainnya, tentunya prioritas utamanya adalah umroh. Harga dari paket umroh plus city tour ini berkisar 28 juta sampai dengan 35 juta per orang dengan durasi perjalanan selama 12 – 14 hari.

3. Paket Umroh (VIP)

Biaya umroh plus VIP adalah paket umroh ekslusif yang disusun dengan baik agar beribadah anda lebih khusyuk mulai dari fasilitas hotel, transportasi, makanan dan tiket pesawat dan lain sebagainya dengan tambahan fasilitas berwisata liburan. Umroh plus VIP ini memiliki perbedaan seperti fasilitas hotel bintang 5 dan berlokasi dekat dengan masjidil haram dan masjid Nabawi dengan harga kisaran Rp 35 juta sampai Rp 40 jutaan.

Selain itu, juga ada beberapa rincian harga umroh 2023 yang perlu anda ketahui, yakni:

  1. Biaya penerbangan: sekitar Rp8-12 juta
  2. Biaya visa umrah: 300 Riyal atau setara Rp1,1 jutaan
  3. Biaya asuransi perjalanan: sekitar Rp500 ribu
  4. Biaya akomodasi: tergantung pada jenis paket umroh yang dipilih, mulai dari Rp15 juta hingga Rp30 juta
  5. Biaya transportasi di Arab Saudi: sekitar Rp500 ribu
  6. Biaya makan dan minum: sekitar Rp5-7 juta
  7. Biaya perlengkapan umroh: sekitar Rp2 juta
  8. Biaya lain-lain: sekitar Rp1-2 juta

Jadi total biaya umroh yang harus dikeluarkan per orang adalah Rp30 juta hingga Rp48 juta, tergantung pada jenis paket umroh dan fasilitas yang anda pilih.


Cara Cek Penyelenggara Umroh Resmi

Ada banyak di Indonesia penyelenggara umroh, namun dari banyaknya biro umroh tersebut hanya ada beberapa yang terdaftar di Kementerian Agama (Kemenag) RI. Agar ibadah umroh anda aman dan nyaman, perlu mengecek biro perjalanan umroh yang akan anda pilih. Berikut ini ada beberapa cara cek biro penyelenggara umroh resmi melalui laman Kemenag RI adalah:

  1. Akses laman https://simpu.kemenag.go.id
  2. Pilih menu PPIU
  3. Masukkan kata kunci pencarian, bisa berupa nama PPIU, nomor SK, alamat, maupun nama direktur
  4. Setelah itu, klik Cari PPIU.

Apabila data yang diinputkan sudah benar dan nama PPIU tersebut terdaftar di Kemenag, maka akan muncul informasi detail mengenai agen travel tersebut seperti nama PPIU, nomor SK, kontak, alamat, hingga jumlah cabangnya.


Persiapan Bagi Calon Jemaah Umroh

Rincian Harga Umroh 2023 di Indonesia, Simak Pula Cara Cek Biro Resminya
Ilustrasi pasangan akan berangkat umroh. (Foto: Shutterstock)

1. Periksan dan pilih agen travel

Persiapan bagi calon jemaah umroh yang pertama adalah memilih agen travel dan periksa agen resmi atau bukan di laman Kemenag RI. Kemudian, datang ke agen travel resmi dan melakukan pembayaran untuk paket umroh yang anda pilih.

2. Bawa perlengkapan personal

Ada banyak perlengkapan pribadi yang perlu dipersiapkan. Mulai dari baju ihram, baju tidur, baju sehari-hari, buku doa dan Al-Qur’an, alat mandi, kacamata, sendal dan sepatu, jaket, masker, obat-obatan, vitamin pribadi, dan perlengkapan pribadi lainnya. Selain barang-barang tersebut, anda harus mengecek ulang dokumen-dokumen yang harus dibawa dan dilengkapi.

3. Cek kembali jadwal tur dan fasilitas umroh

Pada umumnya, perjalanan umroh dilakukan selama 6 hingga 7 hari. Ditambah masa keberangkatan dan kepulangan, umat muslim Indonesia akan menghabiskan waktu sekitar 9 hari untuk melakukan ibadah umrah. Namun agen travel kini sering memberikan fasilitas dan layanan tambahan di luar dari standar yang ditetapkan oleh Kemenag RI. Biasanya ada layanan tambahan berupa perjalanan menuju beberapa destinasi religi yang terkait dengan sejarah dan umat Islam. Untuk itu anda perlu mengecek ulang jadwal dan fasilitas umroh yang didapat, sudah sesuai atau belum dengan yang anda pilh di awal.

4. Persiapkan fisik yang sehat

Selain perlengkapan umroh, anda juga perlu menyiapkan fisik yang sehat sebelum berangkat. Hal ini karena ibadah umroh dan cuaca di Tanah Suci sangat berbeda seperti di Indonesia. Selain itu, kegiatan ibadah yang panjang akan sangat menguras tenaga. Mulai dari mengelilingi Kabah (tawaf) sebanyak 7 kali dan berlari kecil dari Safa ke Marwah (sa'i) sebanyak 7 kali.

Paling tidak, tawaf dan sa'i akan menempuh perjalanan total minimal 4,55 kilometer ditempuh dengan jalan kaki. Untuk itulah, kesehatan fisik menjadi hal yang sangat penting selama di Tanah Suci.

5. Mempelajari aturan di Arab Saudi dan aturan ibadah umroh

Persiapan lainnya adalah dengan mempelajari aturan di Arab Saudi dan aturan selama menjalankan ibadah umroh. Hal ini agar ibadah umroh anda aman dan nyaman selama di negara orang dan ibadah menjadi khusyuk.

Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya