Perkembangbiakan Generatif Adalah Perkembangbiakan Tumbuhan Secara Kawin, Ketahui Jenis Penyerbukannya

Perkembangbiakan generatif adalah salah satu perkembangbiakan yang terjadi pada tumbuhan.

oleh Dinda Hafid Hafifah diperbarui 07 Agu 2023, 15:05 WIB
Diterbitkan 07 Agu 2023, 14:10 WIB
menanam tumbuhan
Photo by Nikola Jovanovic on Unsplash

Liputan6.com, Jakarta Perkembangbiakan generatif adalah salah satu perkembangbiakan yang terjadi pada tumbuhan. Perkembangbiakan secara generatif ditandai dengan adanya pembuahan. Pembuahan adalah proses peleburan sel kelamin jantan dan sel kelamin betina yang pada akhirnya akan menghasilkan zigot dan menjadi organisme baru. Pembuahan pada tumbuhan adalah proses dari peleburan serbuk sari (alat kelamin jantan) dan putik (alat kelamin betina).

Perkembangbiakan generatif adalah hanya dapat terjadi pada makhluk hidup tingkat tinggi seperti makhluk hidup yang memiliki alat kelamin yang jelas sehingga bisa di tentukan mana jantan dan betinannya.  Selain itu ada juga organisme yang memiliki dua alat kelamin pada satu tubuh sehingga dapat melakukan perkawinan sendiri, yang disebut juga hemaprodit.

Pada proses penyerbukan lebih didahulukan dalam proses perkembangbiakan generatif. Sehingga peristiwa jatuhnya serbuk sari ke kepala putik dan terjadilah pembuahan, pembuahan biji menghasilkan calon tumbuhan baru. Perkembangbiakan generatif adalah perkembangbiakan secara kawin (seksual). Ditandai dengan adanya peleburan sel kelamin jantan dan sel kelamin betina. Peleburan dua sel gamet tersebut dinamakan pembuahan. Pada tumbuhan biji tertutup, pembuahan didahului oleh penyerbukan. Prosesnya dengan menempelnya serbuk sari dikepala putik. Pembuahan akan menghasilkan biji. Biji yang jatuh ditempat yang cocok dapat tumbuh menjadi individu baru.

Beriku ini alat perkembangbiakan generatif yang liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Senin (07/8/2023)

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


1. Biji

Hamparan Tetesan Salju di Hutan Inggris
Seekor lebah mengumpulkan serbuk sari dari bunga tetesan salju di halaman Burton Agnes Hall, dekat Bridlington, Inggris, pada 15 Februari 2022. Hutan yang bersebelahan dengan Burton Agnes Hall, terkenal dengan ribuan tetesan salju yang muncul setiap bulan Februari. (OLI SCARFF/AFP)

Tumbuhan berbiji terbuka (Gymnospermae/Pinophyta)

Gymnospermae berasal dari kata gymno berarti telanjang dan sperma berarti biji. Kelompok tumbuhan ini disebut berbiji terbuka atau telanjang, karena bijinya tidak dilindungi oleh daun buah. Tumbuhan biji terbuka memiliki ciri seperti berupa pohon besar dan berakar tunggang, daun jarum atau sisik, seperti pada pohon pinus dan cemara, serta ada yang berdaun lebar seperti pada melinjo.

Tumbuhan berbiji tertutup (Angiospermae/Magnoliophyta)

Bunga menghasilkan sel-sel kelamin yang diperlukan dalam perkembangbiakan generatif. Kelompok tumbuhan ini adalah yang paling banyak jumlahnya jenisnya dari semua tumbuhan tinggi. Tumbuhan biji tertutup bakal biji berada dalam bakal buah yang dilindungi oleh daun buah. Tumbuhan biji tertutup sangat penting bagi kehidupan mansuia maupun hewan. Tumbuhan inilah nantinya yang menyediakan hampir semua bahan makanan yang berasal dari tumbuhan.

Dimana tumbuhan biji tertutup memiliki ciri seperti menghasikan biji di dalam bakal buah,akar serabut dan tunggang, batang bercabang dan beruas, sebagai alat perkembangbiakan berupa bunga, serta daun bertulang dan berhelai dan organ-organ tubuh dapat dibedakan dengan jelas.

Menggunakan Masker Kelopak Mawar
Ilustrasi Bunga Mawar Credit: pexels.com/pixabay

2. Bunga

Bunga adalah bagian tumbuhan yang sangat penting pada proses penyerbukan. Pada bagian ini terdapat alat kelamin jantan yaitu benang sari dan alat kelamin betina yaitu putik. Coba kalian amati gambar bagian bunga di samping. Letak benang sari dan putik. Putik terletak lebih tinggi dari benang sari. Alat perkembangbiakkan berupa sel kelamin jantan dan betina. Sel kelamin tersebut dapat melakukan perkawinan hingga menghasilkan pembuahan. Berikut ini bagian bagian bunga yaitu:

  1. Benang sari adalah organ reproduksi sel kelamin jantan pada bunga. Setiap benang sari umumnya terdiri dari tangkai sari, dan pada ujung tangkai sari terdapat kepala sari atau bunga. Perkembangan mikrosporangia dan spora haploid yang terkandung di dalamnya yaitu serbuk sari.
  2. Putik adalah organ pada bunga yang berfungsi sebagai alat kelamin betina. Putik terletak dibagian tengah-tengah bunga.
  3. Mahkota bunga adalah bagian bunga yang umumnya memiliki warna yang mencolok, berfungsi untuk menarik perhatian serangga guna melancarkan proses penyerbukkan.
  4. Bakal biji adalah bagian yang apabila terjadi pembuahan akan berkembang menjadi biji, berfungsi sebagi tempat pertemuan sel-sel telur yang dibuahi serbuk sari melalui proses penyerbukkan.
  5. Kelopak bunga merupakan bagian bunga paling luar yang menyelimuti mahkota ketika masih kuncup, berfungsi melindungi mahkota ketika masih kuncup dan akan terbuka jika mahkota mekar.
  6. Dasar bunga adalah bagian bawah dari bunga yang berfungsi sebagai tempat melekatnya mahkota bunga.
  7. Tangkai bunga adalah bagian dari bunga yang tepat berada dibagian bawah bunga yang menjadi pendukung terakhir dari cabang bunga.

Contoh yang membantu penyerbukan pada tumbuhan

20161213 Deretan Foto Satwa Terbaik Sepanjang Tahun 2016
Seekor lebah mengumpulkan serbuk sari dari bunga matahari di lapangan Bonrepos-Riquet (10/08/2016). (AFP PHOTO/PASCAL PAVANI)

1. Perkembangbiakan tumbuhan anemogami

Perkembangbiakan anemogani adalah penyerbukan dengan bantuan angin. (dibantu Angin). Seperti tumbuhan jagung tidak dihinggapi oleh kupu - kupu namun jagung dapat menghasilkan buah. Hal itu terjadi karena tumbuhan jagung penyerbukannya di bantu oleh angin. Angin yang menggerakkan tubuh tumbuhan membuat benang sari jatuh ke putik sehingga terjadilah proses penyerbukan pada tumbuhan jagung.

Ciri tumbuhan yang penyerbukannya di bantu oleh angin umumnya berkembangbiak dengan cara hidup di daerah yang tidak terlalu banyak air, serbuk sari kering atau ringan dan mahkota bungannya kecil. Jagung dan rumput merupakan tumbuhan yang berkembangbiak dengan anemogami.

2. Perkembangbikan tumbuhan zoidiogami

Perkembangbikan tumbuhan Zoidiogami adalah penyerbukan dengan bantuan hewan. Dimana kupu - kupu membantu penyerbukan tumbuhan. Selain kupu -kupu hewan yang membantu penyerbukan tumbuhan adalah lebah dan burung.  Kupu-kupu, lebah, dan burung pada saat mengisap madu. Ciri tumbuhan yang penyerbukannya dibantu oleh hewan, tumbuhan tersebut dapat menghasilkan madu. Selain menghasilkan madu, tumbuhan memiliki aroma yang dibutuhkan oleh hewan.

 

Santri Ponpes Rubat Mbalong Ell Firdaus tengah menyiram bibit tanaman dengan air yang sudah dicampur dengan sedikit pupuk air liur. (Foto: Liputan6.com/Muhamad Ridlo)
Santri Ponpes Rubat Mbalong Ell Firdaus tengah menyiram bibit tanaman dengan air yang sudah dicampur dengan sedikit pupuk air liur. (Foto: Liputan6.com/Muhamad Ridlo)

3. Perkembangbiakan tumbuhan hidrogami

Perekmbangbiakan tumbuhan hidrogami adalah penyerbukan dengan bantuan air. Seperti pada tumbuhan ganggang atau alga jenis tumbuhan yang hidup di air. Dimana tumbuhan tersebut bertindak sebagai produsen di dalam ekosistem air. Penyerbukan pada ganggang dibantu oleh air terjadi ketika seluruh bagian ganggang tertutup oleh air. Benang sari yang hanyut oleh air akan menempel pada putik. Ciri pada tumbuhan jenis ini adalah seluruh tubuh tumbuhan tertutup oleh air, dapat hidup di air dan bertindak sebagai produsen bagi hewan lain.

4. Perkembangbiakan tumbuhan antropogami

Perkembangbiakan tumbuhan antropogami adalah penyerbukan yang dibantu manusia. Pada saat berjalan melawati yang sudah berbunga tanpa sadar kita mengenai bagian dari tu mbuhan tersebut. Hal itu yang membuat tanaman jagung tanpa sengaja benangsari menempel pada putik. Tumbuhan yang membutuhkan bantuan manusia dalam proses penyerbukan adalah bunga vanili dan salak.

 

Reporter Magang

Dinda Hafid Hafifah

Univeritas Teknologi Yogyakarta

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya