Sikap yang Tepat Kepada Sesama Mukmin adalah Saling Menghormati dan Menghargai

Sikap yang tepat kepada sesama mukmin adalah suatu hal yang perlu diketahui seluruh umat Islam.

oleh Husnul Abdi diperbarui 07 Sep 2023, 16:12 WIB
Diterbitkan 07 Sep 2023, 15:15 WIB
Sikap yang Tepat Kepada Sesama Mukmin
Sikap yang Tepat Kepada Sesama Mukmin Credit: freepik.com

Liputan6.com, Jakarta Sikap yang tepat kepada sesama mukmin adalah suatu hal yang perlu diketahui seluruh umat Islam. Mukmin adalah orang yang beriman (percaya) kepada Allah SWT. Tentunya sebagai orang yang sama-sama beriman kepada Allah SWT kamu harus menumbuhkan sikap yang baik.

Apalagi, Indonesia merupakan negara dengan mayoritas pemeluk agama Islam. Sudah sepatutnya kita sebagai sesama umat Islam hidup dengan saling rukun dan menghindari pertikaian. Umat Islam juga telah disatukan dengan ukhuwah islamiyah.

Sikap yang tepat kepada sesama mukmin adalah saling menghormati dan menghargai. Persaudaraan yang erat pada para mukmin akan berpengaruh terhadap semakin kuatnya agama Islam. Hal ini tentunya dapat membantu banyak orang agar hidup lebih sejahtera dan tetap berada di jalan Allah SWT.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Kamis (7/9/2023) tentang sikap yang tepat kepada sesama mukmin.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Sikap yang Tepat Kepada Sesama Mukmin adalah

Sikap yang Tepat Kepada Sesama Mukmin
Sikap yang Tepat Kepada Sesama Mukmin (Photo by mentatdgt from Pexels)

Sikap yang tepat kepada sesama mukmin adalah suatu hal yang perlu dikenali setiap umat Islam. Secara umum, sikap yang tepat kepada sesama mukmin adalah saling menghormati dan menghargai. Melansir laman Pemerintah Kota Banda Aceh, Ust. Fakhruddin Lahmuddin menjelaskan tentang beberapa sikap yang tepat kepada sesama mukmin adalah sesuai dengan yang dijelaskan Syech Abubakar Jabir A-ljazaairy dalam kitabnya Minhaaju Al-Muslim.

Sikap yang tepat kepada sesama mukmin adalah sebagai berikut:

  1. Memberi salam ketika bertemu, dan menjawab salam saudaranya dengan baik
  2. Memelihara jiwa, harta dan kehormatan saudaranya. (HR Muslim)
  3. Menjenguk saudaranya ketika sakit dan mendoakan untuk kesembuhannya
  4. Merendah hati di hadapan saudaranya dan tidak bersikap sombong dan angkuh. (HR Abu Daud dan Ibnu Majah)
  5. Menepati janji bila berjanji sesuatu kepada saudaranya.
  6. Memperlakukan saudaranya dengan baik dan menahan diri dari segala hal yang menyakitinya. (HR Al-Hakim dan Tarmidzi)
  7. Tidak menjauhi saudaranya lebih dari tiga hari
  8. Tidak mencaci saudaranya dan tidak menghinanya dengan bentuk apapun. (QS Al-Hujarat 11)
  9. Tidak menipu dan mencurangi saudaranya dalam bentuk apapun.
  10. Tidak dengki dan iri kepada saudaranya. ((HR Bukhari dan Muslim)
  11. Memuliakan yang lebih tua dan menyayangi yang lebih muda
  12. Memaafkan kesalahan dan kekhilafannya.

Mengenal Ukhuwah Islamiyah

Sikap yang Tepat Kepada Sesama Mukmin
Sikap yang Tepat Kepada Sesama Mukmin (Photo Copyright by Freepik)

Sikap yang tepat kepada sesama mukmin adalah dengan memahami ukhuwah islamiyah. Ukhuwah Islamiyah adalah istilah yang sering terdengar dalam ajaran Islam. Ukhuwah Islamiyah adalah konsep persaudaraan dalam Islam. Dengan Ukhuwah Islamiyah hubungan sesama umat Islam akan senantiasa harmonis.

Ukhuwah Islamiyah adalah istilah yang berkaitan dengan persaudaraan dan membangun silaturahmi. Tujuan Ukhuwah Islamiyah adalah membangun kerukunan sesama umat. Membangun Ukhuwah Islamiyah adalah sikap yang harus dimiliki setiap umat Islam. Sikap yang tepat kepada sesama mukmin adalah ukhuwah islamiyah ini sebagai pedomannya. Menjalin Ukhuwah Islamiyah juga sebagai bentuk mendekatkan diri pada Allah SWT. Membangun Ukhuwah Islamiyah adalah anjuran yang tertuang dalam ayat Al Qur'an dan hadis. 

Ukhuwah Islamiyah adalah persaudaraan yang terjadi antar umat Islam. Melalui Ukhuwah Islamiyah, akan tercipta kehidupan yang rukun dan damai. Ukhuwah Islamiyah adalah akidah yang harus dimiliki semua umat Islam. Menurut Cholil Bisri, ukhuwah berasal dari akar kalimat âkh, ikhwah atau ikhwaan yang berarti saudara sekandung. Ini juga bisa berarti saudara seagama, sebangsa, se tanah air, dan lain sebagainya. Ukhuwah Islamiyah adalah persaudaraan yang berkonsep Islam.

Menurut Tholhah Hasan, Ukhuwah Islamiyah adalah hubungan sesama muslim tanpa membedakan luas dan sempitnya kapasitas hubungan, mulai dari hubungan keluarga, masyarakat kecil sampai hubungan antar bangsa, hubungan ini mempunyai bobot religius.

Ukhuwah Islamiyah merupakan suatu ikatan yang sangat kuat yang tidak dapat ditandingi oleh ikatan apapun. Ukhuwah pada mulanya berarti “persamaan dan keserasian dalam banyak hal”. Karenanya persamaan dalam keturunan mengakibatkan persaudaraan, persamaan dalam sifat-sifat juga mengakibatkan persaudaraan.


Macam-Macam Ukhuwah Islamiyah

Silaturahmi
Ilustrasi Hubungan Tali Silaturahmi Credit: freepik.com

Sikap yang tepat kepada sesama mukmin adalah saling menghormati dan menghargai. Hal ini bisa dipahami melalui ukhuwah islamiyah.Menurut Qurais shihab dalam bukunya Membumikan Al-Qur’an, ada beberapa macam Ukhuwah Islamiyah yang diajarkan dalam Islam. Macam Ukhuwah Islamiyah adalah:

  1. Ukhuwah ubudiyah. Ukhuwah ubudiyah adalah persaudaraan sesama makhluk yang sama-sama ciptaan Allah SWT. Tak cuma pada manusia, jenis ukhuwah ini juga termasuk pada binatang dan tumbuhan. Contoh ukhuwah ubudiyyah adalah persaudaraan antar pemeluk agama.
  2. Ukhuwah insaniyah. Ukhuwah insaniyah artinya seluruh umat manusia adalah bersaudara, karena mereka semua berasal dari seorang ayah dan ibu yang sama yaitu Adam dan Hawa.
  3. Ukhuwah wataniyah wa an-nasab. Ukhuwah wataniyah wa an-nasab adalah persaudaraan dalam keturunan dan kebangsaan.
  4. Ukhuwah fii din al-islam. Ukhuwah fii din al-islam adalah persaudaraan sesama umat muslim.
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya