2 Manfaat dalam Menyanyi Secara Vokal Grup, Kenali Bentuk-Bentuknya

Jelaskan 2 manfaat dalam menyanyi secara vokal grup berkaitan dengan kekompakan.

oleh Husnul Abdi diperbarui 16 Okt 2023, 17:55 WIB
Diterbitkan 16 Okt 2023, 17:55 WIB
Ilustrasi berlatih vokal, menyanyi
Ilustrasi berlatih vokal, menyanyi. (Photo by Miguel Bautista on Unsplash)

Liputan6.com, Jakarta Jelaskan 2 manfaat dalam menyanyi secara vokal grup mungkin belum diketahui sebagian orang. Vokal grup adalah kelompok penyanyi yang menyanyikan lagu secara bersama-sama, baik dengan satu suara, dua suara atau lebih. Vokal grup bisa terdiri dari laki-laki dan perempuan, semua perempuan, atau semua laki-laki.

Pembagian suara merupakan hal yang penting dalam vokal grup. Para penyanyi akan menyanyikan lagu dengan ketinggian suara yang berbeda. Ada yang sopran, alto, bass, maupun tenor. Hal ini berkaitan dengan komposisi penyanyi yang ada dalam sebuah grup yang akan dibentuk.

Jelaskan 2 manfaat dalam menyanyi secara vokal grup berkaitan dengan kekompakan. Menyanyikan lagu dengan cara vokal grup tak hanya dituntut kompak, tetapi juga kreatif dalam memberikan variasi vokal. Hal itu agar lebih menambah indah lagu yang dinyanyikannya.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Senin (16/10/2023) tentang jelaskan 2 manfaat dalam menyanyi secara vokal grup.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Jelaskan 2 Manfaat dalam Menyanyi Secara Vokal Grup

Project Pop
Project Pop/Instagram @project.pop.

Jelaskan 2 manfaat dalam menyanyi secara vokal grup perlu kamu pahami. Jelaskan 2 manfaat dalam menyanyi secara vokal grup yang pertama yaitu menghasilkan harmoni yang indah. Banyak jenis suara dari anggota group menghasilkan harmoni yang indah. Seperti dalam vokal group perempuan yang memiliki suara tinggi, dan rendah dapat bernyanyi dengan nada yang berbeda tetapi tetap harmoni.

Selain itu, jelaskan 2 manfaat dalam menyanyi secara vokal grup yaitu dapat saling melengkapi dan menutupi kekurangan anggota saat bernyanyi. Bernyanyi bersama-sama dapat saling melengkapi dan menutupi kekurangan. Seandainya ada anggota yang salah nada atau salah menyebut lirik lagu saat bernyanyi, akan tertutupi oleh anggota lainnya.

Selain itu, jelaskan 2 manfaat dalam menyanyi secara vokal grup juga membuat volume dan kekuatan suara yang dihasilkan lebih besar. Banyaknya orang yang bernyanyi bersama akan semakin memperkuat suara yang dapat didengarkan.

Jelaskan 2 manfaat dalam menyanyi secara vokal grup juga lebih menambah kegembiraan. Bernyanyi sendiri sudah menjadi pemicu hormon kegembiraan (endorfin) bagi penyanyi dan yang mendengarkan. Bernyanyi bersama-sama sama akan lebih menambah kegembiraan. Hal ini sangat bermanfaat untuk kesehatan mental seseorang.


Mengenal Vokal Grup

Mengenal Vokal Grup
Coboy Junior (KapanLagi)

Setelah mengenali jelaskan 2 manfaat dalam menyanyi secara vokal grup, kamu tentu perlu memahami apa tu vokal grup. Melansir Modul Seni Budaya Musik Paket B Setara SMP/MTs Kelas IX terbitan Kemdikbud via Bola.com,vokal grup adalah kelompok penyanyi yang menyanyikan lagu secara bersama-sama, baik dengan satu suara, dua suara atau lebih. Penampilan vokal grup memerlukan kerja sama baik sehingga penampilan dapat dilakukan secara maksimal. 

Pembagian suara merupakan hal yang penting dalam vokal grup. Hal itu berkaitan dengan komposisi penyanyi yang ada dalam sebuah grup yang akan dibentuk. Menyanyikan lagu dengan cara vokal grup tak hanya dituntut kompak, tetapi juga kreatif dalam memberikan variasi vokal. Hal itu agar lebih menambah indah lagu yang dinyanyikannya.

Ciri–Ciri Vokal Grup

Ada beberapa ciri vokal grup. Ciri-ciri vokal grup adalah sebagai berikut:

  1. Jumlah anggotanya lebih sedikit dari paduan suara, yaitu 3-8 orang. Sementara itu, paduan suara jauh lebih banyak daripada vokal grup (biasanya lebih dari 20 orang).
  2. Pembagian suara vokalnya dibagi menjadi suara alto, mezzo-sopran, sopran, tenor, baritone, dan bass sesuai kemampuan dan kecocokan suara masing–masing.
  3. Tidak ada dirigen, hal ini berarti tidak ada seorang pemimpin.
  4. Memiliki aransemen lagu yang lebih bebas dan tidak terikat oleh aturan.
  5. Dapat diiringi musik atau tidak.
  6. Menggunakan improvisasi yang dominan.
  7. Menampilkan gerakan-gerakan yang menunjang makna lagu.

Bentuk-Bentuk Grup Vokal

GAC
GAC, salah satu grup vokal terbaik Tanah Air akhirnya comeback. [YouTube GAC - Gamaliél Audrey Cantika]

Bentuk bentuk vokal grup adalah sebagai berikut:

1. Duet

Duet adalah bentuk penyajian musik vokal yang dibawakan oleh dua orang penyanyi dengan menggunakan melodi suara yang berbeda dengan diiringi alat musik.

Kelompok vocal duet bisa terdiri dari laki-laki dengan laki-laki, perempuan dengan perempuan atau laki-laki dengan perempuan. Pasangan tersebut tentu tergantung kecocokan antara keduanya.

2. Trio

Trio adalah bentuk penyajian musik vokal yang dibawakan oleh tiga orang penyanyi, dengan menggunakan melodi suara yang berbeda antara satu dengan yang lainnya dan diiringi alat musik.

Sama halnya kelompok vocal duet, anggota grup trio bisa terdiri dari wanita semua, pria semua, atau campuran antara pria dan wanita.

3. Kwartet

Kwartet adalah jenis penyajian musik vokal yang dibawakan oleh empat orang penyanyi dengan menggunakan melodi suara yang berbeda dengan diiringi alat musik.

4. Vokal Grup

Vokal grup dalah bentuk penyajian musik vokal yang dibawakan oleh minimal tiga orang dengan menggunakan lebih dari satu suara dengan diiringi oleh alat musik, tetapi tanpa menggunakan dirigen.

5. Paduan Suara

Paduan suara merupakan penyajian musik vokal yang dibawakan oleh 15 orang penyanyi atau lebih dengan menggunakan suara dengan wilayah nada yang berbeda (Ambitus suara).

6. Akapella

Akapella adalah bentuk penyajian musik vokal yang dibawakan tanpa menggunakan iringan alat musik. Personelnya bisa terdiri dari wanita semua, pria semua, atau campuran antara wanita dengan pria.


Perbedaan Vokal Grup dan Paduan Suara

Jelaskan 2 manfaat dalam menyanyi secara vokal grup sudah kamu pahami. Kamu tentunya perlu juga mamahami perbedaan vokal grup dengan paduan suara. Berikut perbedaan vokal grup dan paduan suara:

1. Jumlah anggota

Vokal grup mempunyai anggota yang lebih sedikit dari paduan suara, yaitu kurang lebih 5-10 orang dengan 1-2 pemusik, sedangkan paduan suara jauh lebih banyak (bisa lebih dari 20 orang).

2. Pembagian suaranya

Di vokal grup suara dibagi menjadi suara alto, mezzo-sopran, sopran, tenor, baritone, dan bass sesuai kemampuan dan kecocokan suara masing-masing. Sementara, di paduan suara, suaranya dibagi menjadi empat suara berdasarkan frekuensi suara penyanyi yaitu sopran, alto, tenor, dan bass atau dengan satu suara saja (unisono).

3. Adanya Pemimpin

Pada paduan suara dipimpin oleh seorang dirigen yang sekaligus sebagai pelatih, sedangkan pada vokal grup tidak ada dirigen.

4. Dari segi aransemen lagu

Vokal grup aransemennya lebih bebas. Dari segi alat musik pengiring vocal grup tidak hanya memakai alat musik akustik saja, tetapi juga boleh menggunakan alat musik elektrik.

Kalau paduan suara biasanya menggunakan iringan piano. Namun, seiring perkembangan zaman, alat musik pengiring paduan suara sudah mulai bebas. Pada paduan suara terkadang tidak diiringi dengan alat musik, yang disebut sebagai accappela, ada yang diiringi satu atau beberapa alat musik, dan ada pula yang diiringi satu orkestra penuh.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya