Dikotomi adalah Pembagian Atas Dua Kelompok, Pahami Contoh Penggunaannya

Dikotomi adalah istilah yang merujuk pada pembagian pada dua kelompok yang bertentangan.

oleh Husnul Abdi diperbarui 01 Nov 2023, 18:45 WIB
Diterbitkan 01 Nov 2023, 18:45 WIB
Dikotomi adalah
Dikotomi adalah. Credit: pexels.com/Elisa

Liputan6.com, Jakarta Dikotomi adalah istilah yang mungkin belum dipahami oleh sebagian orang. Bahkan, sebagian orang mungkin belum familier dengan kata ini dan baru kali ini mendengarnya. Pasalnya, istilah ini memang tidak begitu sering digunakan dalam percakapan sehari-hari.

Mengenali arti dikotomi tentunya dapat menambah perbendaharaan kosakata bahasa Indonesia kamu menjadi semakin kaya. Hal ini sangat penting, terutama bagi kamu yang bekerja atau berprofesi pada bidang tulis menulis.

Dikotomi adalah istilah yang merujuk pada pembagian pada dua kelompok yang bertentangan. Kamu bisa melihat arti dikotomi di dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, karena istilah ini merupakan bahasa baku dalam bahasa Indonesia.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Rabu (1/11/2023) tentang dikotomi.


Dikotomi adalah

Dikotomi adalah
Dikotomi adalah (Photo on Pixabay)

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), dikotomi adalah pembagian atas dua kelompok yang saling bertentangan. Dikotomi adalah istilah yang berasal dari bahasa Yunani “dikotomia yang artinya membelah dua. Dikotomi adalah pemisahan dari satu jenis menjadi dua kategori yang berbeda, di mana keduanya tidak bisa disamakan.

Jadi, dikotomi adalah pemisahan suatu ilmu menjadi dua bagian yang memberikan arah dan makna yang berbeda serta tidak ada titik temu antara keduanya. Dikotomi adalah istilah yang menunjukkan partisi atau pembagian dari suatu keseluruhan (misalnya dalam himpunan, ruang sampel, dan sebagainya) menjadi dua bagian (subset atau himpunan bagian).

Dengan kata lain, beberapa dari bagian-bagian ini harus saling bebas, yaitu setiap anggota harus termasuk ke dalam salah satu dari kedua bagian, dan juga saling lepas atau kedua bagian tidak boleh memiliki anggota yang sama. Pembagian seperti ini juga sering disebut sebagai bipartisi.

Dua bagian yang terbentuk tersebut menjadi komplemen satu sama lain. Dalam ilmu logika, partisi-partisi tersebut saling bertolak belakang jika ada proposisi sedemikian rupa sehingga proposisinya tersebut memegang salah satunya dan bukan yang lainnya. Memperlakukan variabel kontinu atau variabel multikategori sebagai variabel biner disebut dikotomisasi. 


Contoh Penggunaan Istilah Dikotomi dalam Berbagai Bidang

Dikotomi adalah
Dikotomi adalah. (Photo by Rod Long on Unsplash)

Secara umum, arti dikotomi adalah pembagian atas dua kelompok yang saling bertentangan. Contoh penggunaan istilah dikotomi adalah sebagai berikut:

1. Penggunaan dalam matematika, filsafat, sastra, dan linguistik

Dikotomi adalah istilah yang menunjukkan partisi atau pembagian dari suatu keseluruhan (misalnya dalam himpunan, ruang sampel, dan sebagainya) menjadi dua bagian (subset atau himpunan bagian). Pengertian ini berlaku secara langsung dalam matematika, filsafat, sastra, dan linguistik.

Misalnya, jika ada konsep A, dan itu dibagi menjadi bagian B dan B', maka bagian-bagian yang dihasilkan membentuk dikotomi. Mereka bersifat saling bebas, karena tidak ada bagian B yang terkandung dalam B' dan sebaliknya, serta saling lepas, karena mereka mencakup dan merupakan bagian semua A, dan bersama-sama membentuk A bila digabung.

2. Dalam statistik

Dalam statistik, data dikotomi mungkin hanya ada pada dua tipe skala pengukuran pertama, yaitu pada skala pengukuran nominal (seperti "Inggris" vs "Amerika", ketika mengukur kebangsaan) dan pada skala pengukuran ordinal (seperti "tinggi" vs "pendek", saat mengukur ketinggian). Variabel yang diukur secara dikotomis disebut variabel dummy .

3. Dalam psikologi klinis

Dalam klasifikasi gangguan mental dalam bidang psikiatri atau psikologi klinis, klasifikasi atau kategorisasi dikotomis mengacu pada penggunaan "pembatasan" (cut-off) yang bermaksud untuk memisahkan gangguan mental dari nongangguan mental pada beberapa tingkat kelainan, keparahan atau cacat.

4. Dalam ekonomi

Dalam bidang ekonomi, dikotomi klasik adalah pembagian antara sisi riil ekonomi dan sisi moneter. Menurut dikotomi klasik, perubahan pada variabel moneter tidak memengaruhi nilai riil seperti keluaran (output), kesempatan kerja, dan suku bunga riil. Karena hal itu, uang bersifat netral dalam arti bahwa kuantitasnya tidak dapat memengaruhi variabel-variabel riil ini.

 


5. Dalam biologi

Dalam biologi, dikotomi adalah pembagian organisme menjadi dua kelompok, biasanya berdasarkan pada karakteristik yang ada pada satu kelompok dan tidak ada pada kelompok lainnya. Dikotomi semacam itu digunakan sebagai bagian dari proses identifikasi spesies, sebagai bagian dari kunci dikotom, yang mengajukan serangkaian pertanyaan dan masing-masing pertanyaan itu mempersempit ruang kelompok dari organisme. Dikotomi yang terkenal adalah pertanyaan "apakah ia memiliki tulang punggung?" digunakan untuk membagi spesies menjadi vertebrata dan invertebrata.

6. Dalam botani

Dalam botani, dikotomi adalah mode percabangan dengan bifurkasi berulang, yang dengan demikian terfokus pada percabangan dan bukan pada pembelahan.

7. Dalam ilmu komputer

Dalam ilmu komputer, lebih khusus dalam rekayasa bahasa pemrograman, dikotomi adalah dualitas mendasar dalam desain bahasa. Sebagai contoh, C++ memiliki dikotomi dalam model memorinya (heap vs stack), sedangkan Java memiliki dikotomi dalam sistem tipenya (referensi (reference) vs tipe data primitif (primitive data type)).

8. Dalam antropologi

Dalam bidang antropologis dari ilmu teologi dan filsafat, dikotomi adalah kepercayaan bahwa manusia terdiri dari jiwa dan tubuh (Lihat masalah budi-tubuh.) Ini berbeda dengan trikotomi.

9. Dalam sosiologi dan semiotika

Dalam sosiologi dan semiotika, dikotomi (juga kadang-kadang disebut 'binari' dan/atau 'binarisme') menjadi subjek perhatian karena mereka dapat menjadi dasar dari perpecahan dan ketidaksetaraan. Misalnya, dikotomi domestik-publik membagi peran laki-laki dan perempuan dalam masyarakat; dikotomi Timur-Barat membedakan Timur dan Barat.

Lanjutkan Membaca ↓
Loading

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya