10 Doa Dilancarkan Segala Urusan dan Rezeki, Amalkan Setelah Sholat Wajib

Simak beberapa bacaan doa dilancarkan segala urusan di dunia dan dilimpahkan rezeki yang halal.

oleh Ayu Rifka Sitoresmi diperbarui 10 Nov 2023, 16:50 WIB
Diterbitkan 10 Nov 2023, 16:50 WIB
10 Doa Dilancarkan Segala Urusan dan Rezeki, Amalkan Setelah Sholat Wajib
Ilustrasi muslim, berdoa. (Foto oleh Alena Darmel: https://www.pexels.com/id-id/foto/pria-abu-abu-budaya-berdoa-8164575/)

Liputan6.com, Jakarta Doa dilancarkan segala urusan dan rezeki penting untuk diketahui oleh umat Muslim. Setiap rezeki yang kita peroleh setiap hari tak luput dari campur tangan Allah SWT. Untuk itu, umat Muslim dianjurkan untuk selalu ikhtiar dengan berdoa, berusaha, dan menjemput rezeki bagi dirinya sendiri.

Selain rezeki, bagi anda yang ingin dilancarkan segala urusan di dunia juga bisa berdoa kepada Allah SWT. Tentunya setiap manusia pernah dihadapkan pada kondisi-kondisi sulit. Baik itu masalah dengan pendidikannya, pekerjaannya, keluarganya, dan masalah-masalah lainnya. Untuk itu, anda bisa memohon kepada Allah SWT untuk dilancarkan segala urusan di dunia.

Ada beberapa doa dilancarkan segala urusan dan rezeki yang bisa anda amalkan setelah sholat wajib. Dengan membaca doa dilancarkan segala urusan dan rezeki, anda bisa memohon kepada Allah SWT dengan sepenuh hati agar dimudahkan untuk menyelesaikan masalah yang sedang dihadapi hingga memohon dilimpahkan rezeki secara halal.

Berikut Liputan6.com ulas mengenai bacaan doa dilancarkan segala urusan dan rezeki yang telah dirangkum dari berbagai sumber, Jumat (10/11/2023).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


1. Doa Dilancarkan Segala Urusan dan Rezeki

10 Doa Dilancarkan Segala Urusan dan Rezeki, Amalkan Setelah Sholat Wajib
Ilustrasi muslim berdoa, berzikir, Islami. (Photo Copyright by Freepik)

Berikut ini bacaan doa dilancarkan segala usaha dan rezeki halal yang dapat anda amalkan setiap selesai sholat wajib adalah:

اَللّٰهُمَّ إِنِّى أَسْأَلُكَ عِلْمًا نَافِعًا وَرِزْقًا طَيِّبًا وَعَمَلاً مُتَقَبَّلاً

Arab Latin: Allahumma innii as-aluka ‘ilman naafi’a, wa rizqon thoyyibaa, wa ‘amalan mutaqobbalaa.

Artinya: “Ya Allah, sungguh aku memohon kepada-Mu ilmu yang bermanfaat (bagi diriku dan orang lain), rizki yang halal dan amal yang diterima (di sisi-Mu dan mendapatkan ganjaran yang baik).” (HR. Ibnu Majah, no. 925 dan Ahmad 6: 305, 322. Al-Hafizh Abu Thahir mengatakan bahwa hadits ini shahih).

2. Doa Dilancarkan Rezeki dan Dijauhkan dari yang Haram

Doa dilancarkan rezeki dan dijauhkan dari yang haram yang bisa diamalkan oleh umat Muslim, yakni:

اللَّهُمَّ اكْفِنِى بِحَلاَلِكَ عَنْ حَرَامِكَ وَأَغْنِنِى بِفَضْلِكَ عَمَّنْ سِوَاكَ

Arab Latin: Allahumak-finii bi halaalika ‘an haroomik, wa agh-niniy bi fadhlika ‘amman siwaak.

Artinya: “Ya Allah cukupkanlah aku dengan yang halal dan jauhkanlah aku dari yang haram, dan cukupkanlah aku dengan karunia-Mu dari bergantung pada selain-Mu.” (HR. Tirmidzi no. 3563. Al-Hafizh Abu Thahir mengatakan bahwa sanad hadits ini hasan.)


3. Doa Memohon Rezeki yang Halal

10 Doa Dilancarkan Segala Urusan dan Rezeki, Amalkan Setelah Sholat Wajib
Ilustrasi membaca doa. (dok.freepik.com)

Adapula bacaan doa dilancarkan rezeki yang dapat anda panjatkan, yakni:

Allahumma yaa ghaniyyu ya hamiid yaa mubdi'u yaa mu'iid yaa rahiimu yaa waduud, aghninii bi halaalika 'an haraamika wakfini bi fadhlika 'amman siwaaka wa shallallahu 'alaa muhammadin wa aalihi wa sallam.

Artinya : "Wahai Allah, wahai Zat Yang Maha Kaya, wahai Zat Yang Maha Terpuji, wahai Zat Yang memulai, wahai Zat yang mengembalikan, wahai Zat yang mencintai. Cukupilah kami dengan kehalalan-Mu dari keharaman-Mu. Cukupilah kami dengan anugerah-Mu dari selain Engkau semoga Allah melimpahkan rahmat dan salam atas junjungan kita Nabi Muhammad saw., keluarga dan sahabat beliau."

4. Doa Dimudahkan Urusan dan Terhindar dari Beban yang Berat

رَبَّنَا لَا تُؤَاخِذْنَا إِنْ نَسِينَا أَوْ أَخْطَأْنَا ۚ رَبَّنَا وَلَا تَحْمِلْ عَلَيْنَا إِصْرًا كَمَا حَمَلْتَهُ عَلَى الَّذِينَ مِنْ قَبْلِنَا ۚ رَبَّنَا وَلَا تُحَمِّلْنَا مَا لَا طَاقَةَ لَنَا بِهِ ۖ وَاعْفُ عَنَّا وَاغْفِرْ لَنَا وَارْحَمْنَا ۚ أَنْتَ مَوْلَانَا فَانْصُرْنَا عَلَى الْقَوْمِ الْكَافِرِينَ

Arab latin: Robbanaa laa tuaa khidznaa innasiinaa au akhtho'na, robbanaa walaa tahmil 'alainaa ishran kamaa hamaltahuu 'ala al ladziina min qoblinaa, robbana walaa tuhammilnaa maa laa thoo qatalanabih, wa' fuanna waghfirlanaa warhamnaa, anta maulana fansurnaa 'ala al qaumilkaafiriin

Artinya: "Ya Tuhan kami, janganlah Engkau hukum kami jika kami lupa atau salah. Ya Tuhan kami, janganlah Engkau bebankan kepada kami beban yang berat sebagaimana Engkau bebankan kepada orang-orang sebelum kami. Ya Tuhan kami, janganlah Engkau pikulkan kepada kami apa yang tak sanggup kamu memikulnya. Beri maaflah kami, ampunilah kami, dan rahmatilah kami. Engkau penolong kami, maka tolonglah kami terhadap kaum yang kafir," (QS Al Baqarah 286).


5. Doa Memperlancar Rezeki Secepat Kilat

10 Doa Dilancarkan Segala Urusan dan Rezeki, Amalkan Setelah Sholat Wajib
Ilustrasi muslimah, Islami. Credit: freepik.com

Menurut Imam an-Nawawi dalam kitabnya Al Adzkar (Kitab Induk Doa dan Zikir) menjelaskan ini doa mendatangkan rezeki secepat kilat. Isinya berupa permohonan agar dihindarkan dari sifat malas melakukan sesuatu di pagi hari dan sampai petang, berikut bacaannya:

أَصْبَحْنَا وَأَصْبَحَ الملْكُ للهِ، وَالحَمْدُ للهِ، لَا إِلَهَ إِلَّا اللهُ وَحْدَهُ لَا شَرِيْكَ لَهُ لَهُ الملْكُ وَلَهُ الحَمْدُ وَهُوَ عَلَى كُلِّ شَيْءٍ قَدِيْرٌ، رَبِّ أَسْأَلُكَ خَيْرَ مَا فِي هَذِهِ اللَّيْلَةِ وَخَيْرَ مَا بَعْدَهَا وَأَعُوْذُ بِكَ مِنْ شَرِّ مَا فِي هَذِهِ اللَيْلَةِ وَشَرِّ مَا بَعْدَهَا، رَبِّ أَعُوذُ بِكَ مِنَ الكَسْلِ وَسُوْءِ الكِبَرِ، أَعُوذُ بِكَ مِنْ عَذَابٍ فِي النَّارِ وَعَذَابٍ فِي القَبْرِ

Arab Latin: Ashbahnā wa ashbahal mulku lillāhi wal hamdu lillāhi, lā ilāha illallāhu wahdahū lā syarīka lah, lahul mulku wa lahul hamdu wa huwa 'alā kulli syai'in qadīr. Rabbi, as'aluka khaira mā fī hādzihil lailata wa khaira mā ba'dahā, wa a'ūdzu bika min syarri mā fī hādzihil lailata wa khaira mā ba'dahā. Rabbi, a'ūdzu bika minal kasli wa sū'il kibari. A'ūdzu bika min 'adzābin fin nāri wa 'adzābin dil qabri.

Artinya: "Kami dan kuasa Allah berpagi hari. Segala puji bagi Allah. Tiada tuhan selain Allah yang maha Esa, tiada sekutu bagi-Nya. Bagi-Nya segala kuasa dan puji. Dia kuasa atas segala sesuatu. Tuhanku, aku memohon kepada-Mu kebaikan malam ini dan malam sesudahnya. Aku memohon perlindungan-Mu kejahatan malam ini dan malam sesudahnya. Tuhanku, aku memohon perlindungan-Mu dari kemalasan dan kedaifan masa tua. Aku memohon perlindungan-Mu dari siksa neraka dan siksa kubur."

6. Doa Dimudahkan Segala Urusan dan Memohon Pertolongan

Berikut ini bacaan doa dimudahkan segala urusan dan memohon pertolongan yang bisa diamalkan setelah sholat wajib, yakni:

يَا حَيُّ يَا قَيُّوْمُ بِرَحْمَتِكَ أَسْتَغِيْثُ، وَأَصْلِحْ لِيْ شَأْنِيْ كُلَّهُ وَلاَ تَكِلْنِيْ إِلَى نَفْسِيْ طَرْفَةَ عَيْنٍ أَبَدًا

Arab latin: Ya hayyu ya qayyumu birahmatika astaghitsu, ashlih li sya'ni kullahu wala takilni ila nafsi tharfata 'ainin abadan

Artinya: "Wahai Rabb Yang Maha Hidup, wahai Rabb Yang Berdiri Sendiri tidak butuh segala sesuatu, dengan rahmatMu aku minta pertolongan, perbaikilah segala urusanku dan jangan diserahkan kepadaku sekali pun sekejap mata tanpa mendapat pertolongan dariMu selamanya." (HR Tirmidzi).


7. Doa Meminta Berkah dari Allah SWT

10 Doa Dilancarkan Segala Urusan dan Rezeki, Amalkan Setelah Sholat Wajib
Ilustrasi doa shalat istikarah (dok.pexels.com)

Berikut ini terdapat bacaan doa untuk meminta berkah dari Allah SWT supaya bisa dilancarkan rezekinya, yakni:

اللَّهُمَّأكْثِرْمَالِي،وَوَلَدِي،وَبَارِكْلِيفِيمَاأعْطَيْتَنِيوَأطِلْحَيَاتِيعَلَىطَاعَتِكَ،وَأحْسِنْعَمَلِيوَاغْفِرْلِي

Arab Latin: Allahumma ak-tsir maalii wa waladii, wa baarik lii fiimaa a’thoitanii wa athil hayaatii ‘ala tho’atik wa ahsin ‘amalii wagh-fir lii.

Artinya: “Ya Allah perbanyaklah harta dan anakku serta berkahilah karunia yang Engkau beri. Panjangkanlah umurku dalam ketaatan pada-Mu dan baguskanlah amalku serta ampunilah dosa-dosaku.”

8. Doa Dimudahkan Urusan Dunia dan Akhirat

اللهم الطف بي في تيسير كل عسير، فإن تيسير كل عسير عليك يسير، وأسألك اليسر والمعافاة في الدنيا والآخرة

Arab latin: Allaahummalthuf bii fii taisiiri kulli 'asiirin, fa inna taisiira kulli 'asiirin 'alaika yasiir, as 'alukal yusra wal mu'aafaata fid dun-yaa wal aakhirati

Artinya: "Ya Allah, berilah taufik, kebajikan, atau kelembutan kepadaku dalam hal kemudahan pada setiap kesulitan, karena sesungguhnya kemudahan pada setiap yang sulit adalah mudah bagiMu, dan aku mohon kemudahan serta perlindungan di dunia dan di akhirat." (HR Thabrani).


9. Doa di Lancarkan Rezeki dari Allah SWT

10 Doa Dilancarkan Segala Urusan dan Rezeki, Amalkan Setelah Sholat Wajib
Ilustrasi muslim memanjatkan doa. (Photo Copyright by Freepik)

Berikut ini bacaan doa di lancarkan rezeki dari Allah SWT yang dapat anda panjatkan adalah:

Rabbana anzil 'alaina ma'idatam minas sama'i takunu lana 'idal li' awwalina wa akhirina wa ayatam minka warzuqna wa anta khairur raziqin.

Artinya: "Ya Tuhan kami, turunkanlah kepada kami hidangan dari langit (yang hari turunnya) akan menjadi hari raya bagi kami yaitu orang-orang yang bersama kami dan yang datang sesudah kami, dan menjadi tanda bagi kekuasaan-Mu, berikanlah kami rezeki dan Engkaulah Pemberi rezeki yang paling utama."

10. Doa Dilancarkan dalam Berusaha

Selain bacaan doa dilancarkan rezeki di atas, ada pula bacaan doa lainnya untuk memperlancar rezeki dalam berusaha adalah sebagai berikut:

Allaahumma raddhinii biqadhaaika wa baarik lii fiimaa quddira hattaa laa uhibba ta'jiila maa akhkharta wa laa ta'khiira maa 'ajjalta.

Artinya: “Ya Allah, ridailah aku dengan ketentuan-Mu dan berikanlah aku dalam apa-apa yang telah ditentukan sehingga aku tidak menginginkan dipercepatnya sesuatu yang telah Engkau tangguhkan dan ditangguhkannya sesuatu yang telah Engkau percepat.” (Disarikan dari Kitab Doa Mustajab Terlengkap karya Ustaz Amrin Ali Al Kasyaf)

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya