300 Kata Benda Bahasa Inggris dan Artinya, Pahami Jenis dan Cirinya

Kata benda dalam bahasa Inggris memiliki beberapa ciri yang membedakannya dengan jenis kata lainnya. Pertama, kata benda memiliki bentuk jamak.

oleh Mabruri Pudyas Salim diperbarui 17 Nov 2023, 08:55 WIB
Diterbitkan 17 Nov 2023, 08:55 WIB
Ilustrasi Kamus Bahasa Inggris
Ilustrasi Kamus Bahasa Inggris (Photo by Pisit Heng on Unsplash)

Liputan6.com, Jakarta Kata benda merupakan salah satu jenis kata dalam bahasa Inggris yang digunakan untuk menyebutkan benda, orang, hewan, tempat, atau hal abstrak lainnya. Dalam bahasa Inggris, kata benda dikenal dengan sebutan noun. Kata benda sangat penting dalam pembentukan kalimat, karena tanpa adanya kata benda, kalimat akan kehilangan makna.

Kata benda dalam bahasa Inggris memiliki beberapa ciri yang membedakannya dengan jenis kata lainnya. Pertama, kata benda memiliki bentuk jamak. Ketika kata benda dirujuk kepada lebih dari satu benda atau orang, maka kata benda tersebut akan ditambahkan dengan akhiran -s atau -es. Misalnya, "cat" (kucing) menjadi "cats" (kucing-kucing).

Kedua, kata benda juga dapat diawali dengan kata-kata penunjuk kepemilikan seperti my, your, his, her, their, dan our. Hal ini menunjukkan bahwa kata benda tersebut dimiliki oleh seseorang. Contohnya adalah "my book" (buku saya).

Selain itu, kata benda juga dapat dibagi menjadi beberapa jenis berdasarkan kategorinya. Beberapa jenis kata benda yang umum ditemukan dalam bahasa Inggris antara lain benda hidup (living things), benda mati (non-living things), benda kolektif (collective nouns), dan benda abstrak (abstract nouns).

Pemahaman tentang kata benda dalam bahasa Inggris dan artinya sangat penting untuk kemampuan berbahasa Inggris yang baik. Dengan memahami jenis dan cirinya, kita dapat menggunakan kata benda dengan tepat dalam kalimat-kalimat yang kita susun. Untuk memahami lebih dalam kata benda dalam bahasa Inggris, simak penjelasan selengkapnya berikut ini seperti yang telah dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Jumat (17/11/2023).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Pengertian Kata Benda

Kata benda merupakan salah satu jenis kata dalam bahasa Inggris yang digunakan untuk menyatakan orang, tempat, benda, atau konsep. Kata benda ini menjadi satu kelompok kata dalam bahasa Inggris yang memiliki fungsi khusus dalam kalimat.

Fungsi utama dari kata benda adalah sebagai subjek dalam kalimat, yang berarti kata benda menjadi pokok pembicaraan atau pokok cerita dalam sebuah kalimat. Misalnya, dalam kalimat "The cat is sleeping." (Kucing itu sedang tidur), kata benda "cat" menjadi subjek yang menerangkan tentang apa yang sedang dilakukan oleh kucing tersebut.

Selain itu, kata benda juga dapat berperan sebagai objek dalam kalimat. Sebagai objek, kata benda dikenai aksi oleh subjek atau pelaku dalam kalimat. Misalnya, dalam kalimat "She is reading a book." (Dia sedang membaca buku), kata benda "book" menjadi objek yang dikenai aksi membaca oleh subjek "she".

Secara umum, kata benda dalam bahasa Inggris dapat berbentuk tunggal (singular) atau jamak (plural). Selain itu, kata benda juga dapat digunakan dalam beragam bentuk dan jenis kalimat, seperti kalimat tanya, pernyataan positif, maupun pernyataan negatif. Dengan pemahaman yang baik mengenai pengertian dan fungsinya, penggunaan kata benda dalam kalimat dapat meningkatkan pemahaman dan komunikasi dalam bahasa Inggris.


Ciri-Ciri Kata Benda dalam Bahasa Inggris

Ilustrasi membaca buku, bahasa Inggris
Ilustrasi membaca buku, bahasa Inggris. (Photo by Rod Long on Unsplash)

Kata benda dalam bahasa Inggris, atau disebut juga sebagai noun, merupakan salah satu jenis kata dalam bahasa Inggris yang digunakan untuk mengidentifikasi, menyebutkan, atau merujuk pada seseorang, sesuatu, atau suatu tempat. Terdapat beberapa ciri-ciri yang dapat menggambarkan kata benda dalam bahasa Inggris.

Pertama, kata benda dapat digunakan sebagai subjek kalimat. Contohnya, dalam kalimat "The dog barks loudly," kata "dog" berfungsi sebagai subjek yang mengidentifikasi hewan yang sedang menggonggong.

Kedua, kata benda juga dapat berfungsi sebagai objek dalam kalimat. Misalnya, dalam kalimat "I love cats," kata "cats" berperan sebagai objek yang merujuk pada hewan yang dikagumi.

Selanjutnya, kata benda dapat digunakan dalam bentuk jamak. Dalam bahasa Inggris, kata benda seringkali dikelompokkan dalam bentuk tunggal atau jamak. Contohnya, kata "book" adalah bentuk tunggal, sedangkan "books" adalah bentuk jamak.

Selain itu, kata benda dapat diawali dengan artikel seperti "a" atau "an." Artikel ini digunakan untuk menunjukkan bahwa kata benda tersebut merupakan suatu objek yang belum spesifik. Misalnya, "a book" merujuk pada salah satu buku tanpa spesifik terlebih dahulu.

Terakhir, kata benda dapat memiliki posisi tautan atau keterangan dalam kalimat. Misalnya, dalam kalimat "I am a teacher," kata "teacher" berfungsi sebagai tautan yang menggambarkan pekerjaan seseorang.

Dalam bahasa Inggris, ciri-ciri ini menunjukkan bagaimana kata benda digunakan dalam berbagai keadaan dan memainkan peran penting dalam menyusun kalimat yang gramatikal dan bermakna.


Kata Benda Umum (Common Noun)

Ilustrasi kamus bahasa Inggris
Ilustrasi kamus bahasa Inggris. (Photo created by rawpixel.com on www.freepik.com)

Kata Benda Umum (Common Noun) merupakan kata-kata yang digunakan untuk merujuk pada orang, tempat, atau benda dalam bahasa Inggris. Kata benda umum ini tidak merujuk pada objek spesifik, melainkan merujuk kepada kelompok atau kategori yang lebih umum. Biasanya kata benda umum ditulis dengan huruf kecil, kecuali jika digunakan di awal kalimat.

Berikut adalah 50 contoh kata benda umum (common noun) dalam bahasa Inggris beserta artinya:

1. book (buku)

2. table (meja)

3. computer (komputer)

4. car (mobil)

5. house (rumah)

6. chair (kursi)

7. dog (anjing)

8. cat (kucing)

9. tree (pohon)

10. flower (bunga)

11. pen (pulpen)

12. pencil (pensil)

13. bag (tas)

14. wallet (dompet)

15. shirt (kemeja)

16. dress (gaun)

17. shoe (sepatu)

18. hat (topi)

19. school (sekolah)

20. teacher (guru)

21. student (siswa)

22. doctor (dokter)

23. farmer (petani)

24. library (perpustakaan)

25. park (taman)

26. river (sungai)

27. beach (pantai)

28. city (kota)

29. country (negara)

30. fruit (buah)

31. vegetable (sayuran)

32. milk (susu)

33. bread (roti)

34. rice (nasi)

35. coffee (kopi)

36. tea (teh)

37. movie (film)

38. music (musik)

39. phone (telepon)

40. camera (kamera)

41. watch (jam tangan)

42. television (televisi)

43. newspaper (koran)

44. magazine (majalah)

45. bed (tempat tidur)

46. bathroom (kamar mandi)

47. kitchen (dapur)

48. garden (kebun)

49. zoo (kebun binatang)

50. museum (museum)

Dengan memahami kata benda umum (common noun), kita dapat lebih memahami dan menggunakan bahasa Inggris dengan baik dan benar.


Kata Benda Spesifik (Proper Noun)

Lukisan Monalisa karya Leonardo Da Vinci
Lukisan Monalisa karya Leonardo Da Vinci . Foto: unsplash/ Oscar Nord.

Kata Benda Spesifik, juga dikenal sebagai Proper Noun dalam bahasa Inggris, merujuk pada kata benda yang digunakan untuk mengidentifikasi nama orang, tempat, atau hal tertentu. Kata ini biasanya ditulis dengan huruf kapital di awal kata dan berfungsi untuk membedakan entitas yang spesifik dari yang umum.

Berikut adalah 50 contoh Kata Benda Spesifik dalam bahasa Inggris beserta artinya:

1. London - London

2. Paris - Paris

3. New York - New York

4. John - John

5. Mary - Mary

6. Eiffel Tower - Menara Eiffel

7. Statue of Liberty - Patung Liberty

8. Facebook - Facebook

9. Google - Google

10. iPhone - iPhone

11. Coca-Cola - Coca-Cola

12. Toyota - Toyota

13. Harry Potter - Harry Potter

14. Michael Jackson - Michael Jackson

15. Grand Canyon - Grand Canyon

16. Buckingham Palace - Istana Buckingham

17. Mount Everest - Gunung Everest

18. Sydney Opera House - Gedung Opera Sydney

19. Big Ben - Big Ben

20. Taj Mahal - Taj Mahal

21. Mona Lisa - Mona Lisa

22. Ferrari - Ferrari

23. Samsung - Samsung

24. Mona Lisa - Mona Lisa

25. Cristiano Ronaldo - Cristiano Ronaldo

26. Niagara Falls - Air Terjun Niagara

27. Great Wall of China - Tembok Besar Cina

28. White House - Gedung Putih

29. Amazon - Amazon

30. Statue of David - Patung Daud

31. Sydney - Sydney

32. Tokyo - Tokyo

33. McDonald's - McDonald's

34. Statue of Liberty - Patung Liberty

35. Microsoft - Microsoft

36. Rio de Janeiro - Rio de Janeiro

37. Harvard University - Universitas Harvard

38. Statue of Liberty - Patung Liberty

39. Rome - Roma

40. Berlin - Berlin

41. Mount Fuji - Gunung Fuji

42. Statue of Liberty - Patung Liberty

43. Titanic - Titanic

44. Angelina Jolie - Angelina Jolie

45. Disneyland - Disneyland

46. Statue of Liberty - Patung Liberty

47. Las Vegas - Las Vegas

48. Brooklyn Bridge - Jembatan Brooklyn

49. Great Barrier Reef - Terumbu Karang Besar

50. Niagara Falls - Air Terjun Niagara

Itulah 50 contoh Kata Benda Spesifik (Proper Noun) dalam bahasa Inggris beserta artinya. Kata-kata ini membantu dalam mengidentifikasi entitas tertentu dan memberikan penghargaan khusus pada nama orang, tempat, dan hal-hal lainnya.


Kata Benda Konkret

Ilustrasi membaca buku, belajar hadis
Ilustrasi membaca buku, belajar hadis. (Foto oleh Lisa Fotios: https://www.pexels.com/id-id/foto/foto-close-up-orang-yang-memegang-buku-1485114/)

Dalam bahasa Inggris, terdapat banyak jenis kata, salah satunya adalah kata benda konkret. Kata benda konkret merujuk pada objek atau benda yang dapat kita lihat, sentuh, atau rasakan dengan indera kita. Kata benda jenis ini memiliki bentuk yang nyata dan dapat diwakili secara fisik.

Berikut adalah 50 contoh kata benda konkret dan artinya dalam bahasa Inggris:

1. Book - buku

2. Table - meja

3. Chair - kursi

4. Car - mobil

5. Tree - pohon

6. Flower - bunga

7. Pen - pulpen

8. Bag - tas

9. Ball - bola

10. Sun - matahari

11. Cat - kucing

12. Dog - anjing

13. Phone - telepon

14. Bed - tempat tidur

15. Clock - jam

16. Water - air

17. Window - jendela

18. Desk - meja tulis

19. Hat - topi

20. Shoe - sepatu

21. Shirt - kemeja

22. House - rumah

23. Chair - kursi

24. Glass - gelas

25. Plate - piring

26. Spoon - sendok

27. Fork - garpu

28. Knife - pisau

29. Bag - tas

30. Laptop - komputer portabel

31. Television - televisi

32. Camera - kamera

33. Bike - sepeda

34. Guitar - gitar

35. Piano - piano

36. Chair - kursi

37. Airplane - pesawat terbang

38. Train - kereta

39. Bus - bis

40. Wallet - dompet

41. Key - kunci

42. Hat - topi

43. Jacket - jaket

44. Coat - mantel

45. Socks - kaos kaki

46. Pants - celana

47. Skirt - rok

48. Dress - gaun

49. Towel - handuk

50. Mirror - cermin

Itulah beberapa contoh kata benda konkret dalam bahasa Inggris. Dengan mengetahui kata-kata ini, kita dapat menggunakannya dalam percakapan sehari-hari atau saat kita belajar bahasa Inggris.


Kata Benda Abstrak

Ilustrasi cinta
Ilustrasi cinta. (Photo by Steve Halama on Unsplash)

Kata Benda Abstrak dalam bahasa Inggris merujuk pada hal-hal yang tidak dapat dilihat atau disentuh secara fisik. Kata benda ini lebih fokus pada ide, konsep, perasaan, atau kualitas yang lebih abstrak. Kata benda abstrak tidak dapat diukur secara kuantitatif karena sifatnya yang tidak nyata atau tidak dapat diwujudkan dalam bentuk benda fisik.

Berikut ini adalah 50 contoh Kata Benda Abstrak dalam bahasa Inggris beserta artinya:

1. Love (Cinta)

2. Anger (Kemarahan)

3. Happiness (Kebahagiaan)

4. Sadness (Kesedihan)

5. Fear (Ketakutan)

6. Courage (Keberanian)

7. Honesty (Kehormatan)

8. Trust (Kepercayaan)

9. Faith (Iman)

10. Patience (Kesabaran)

11. Wisdom (Kebijaksanaan)

12. Knowledge (Pengetahuan)

13. Curiosity (Rasa ingin tahu)

14. Determination (Tekad)

15. Loyalty (Kesetiaan)

16. Freedom (Kebebasan)

17. Hope (Harapan)

18. Success (Keberhasilan)

19. Failure (Kegagalan)

20. Respect (Rasa hormat)

21. Forgiveness (Pemaafan)

22. Gratitude (Rasa terima kasih)

23. Kindness (Kebaikan)

24. Empathy (Empati)

25. Modesty (Kesederhanaan)

26. Inspiration (Inspirasi)

27. Motivation (Motivasi)

28. Generosity (Kegenerosan)

29. Compassion (Kepedulian)

30. Satisfaction (Kepuasan)

31. Joy (Kegembiraan)

32. Peace (Kedamaian)

33. Harmony (Keharmonisan)

34. Acceptance (Penerimaan)

35. Beauty (Kecantikan)

36. Creativity (Kreativitas)

37. Wisdom (Kebijaksanaan)

38. Integrity (Integritas)

39. Gratitude (Rasa terima kasih)

40. Truth (Kebenaran)

41. Decency (Kesusilaan)

42. Kindness (Kebaikan)

43. Respect (Rasa hormat)

44. Simplicity (Kesederhanaan)

45. Flexibility (Kesesuaian)

46. Happiness (Kebahagiaan)

47. Confidence (Rasa percaya diri)

48. Optimism (Optimisme)

49. Cooperation (Kerjasama)

50. Sincerity (Kesungguhan)

Itulah beberapa contoh Kata Benda Abstrak dalam bahasa Inggris beserta artinya. Memahami kata benda abstrak dapat membantu kita untuk lebih memahami dan menggambarkan berbagai perasaan, kualitas atau konsep yang tidak dapat dilihat secara fisik.


Kata Benda Kolektif

Ilustrasi Islami, keluarga muslim, silaturahmi, buka puasa
Ilustrasi Islami, keluarga muslim, silaturahmi, buka puasa. (Image by rawpixel.com on Freepik)

Kata Benda Kolektif adalah jenis kata benda yang merujuk pada sekumpulan atau kumpulan orang, hewan, atau benda yang dianggap sebagai satu kesatuan. Kata Benda Kolektif digunakan untuk menggambarkan kumpulan dari suatu objek yang secara gramatikal diperlakukan sebagai satu objek tunggal, meskipun sebenarnya terdiri dari beberapa individu.

Berikut adalah 50 contoh Kata Benda Kolektif dalam bahasa Inggris beserta artinya:

1. Family (keluarga)

2. Team (tim)

3. Audience (penonton)

4. Class (kelas)

5. Choir (paduan suara)

6. Committee (komite)

7. Herd (kawanan)

8. Swarm (kawanan serangga)

9. Crowd (kerumunan)

10. Flock (kawanan burung)

11. Pack (kawanan anjing)

12. Set (set)

13. Group (kelompok)

14. Cluster (klaster)

15. School (sekolah)

16. Society (masyarakat)

17. Colony (koloni)

18. Tribe (suku)

19. Band (grup musik)

20. Squad (regu)

21. Army (tentara)

22. Crew (awak kapal)

23. Bunch (tandan)

24. Collection (koleksi)

25. Assembly (perhimpunan)

Dan masih banyak lagi.

Kata Benda Kolektif sangat penting dalam komunikasi karena membantu kita menggambarkan sekumpulan objek secara efisien. Dengan mengetahui dan menggunakan Kata Benda Kolektif, kita dapat menyampaikan informasi dengan lebih jelas dan tepat mengenai kumpulan objek yang terlibat.


Kata Benda Majemuk (Compound Noun)

Membeli kacamata di markteplace. dok. Kacamatamoo
Membeli kacamata di markteplace. dok. Kacamatamoo

Kata Benda Majemuk (Compound Noun) adalah jenis kata benda dalam bahasa Inggris yang terbentuk dari dua kata atau lebih yang digabungkan untuk membentuk satu kata yang memiliki arti baru. Kata Benda Majemuk terdiri dari dua bagian, yaitu bagian depan yang menjelaskan jenis atau kategori kata benda tersebut, dan bagian belakang yang menerangkan benda atau objek yang diacu.

Berikut adalah 50 contoh Kata Benda Majemuk (Compound Noun) beserta artinya:

1. Bookshelf (rak buku)

2. Coffee table (meja kopi)

3. Hairbrush (sisir rambut)

4. Handbag (tas tangan)

5. Keychain (gantungan kunci)

6. Raincoat (jas hujan)

7. Sunglasses (kacamata hitam)

8. Toothpaste (pasta gigi)

9. Umbrella (payung)

10. Water bottle (botol air)

11. Bedroom (kamar tidur)

12. Newspaper (koran)

13. Laptop bag (tas laptop)

14. Teapot (teko)

15. Dinner table (meja makan)

16. Baseball cap (topi baseball)

17. Milkshake (es susu)

18. Swimming pool (kolam renang)

19. Headphones (headphone)

20. Toothbrush (sikat gigi)

21. Fruit juice (jus buah)

22. Parking lot (tempat parkir)

23. Toy car (mainan mobil)

24. Fish tank (akuarium)

25. Makeup bag (tas makeup)

26. Football field (lapangan sepak bola)

27. Treehouse (rumah pohon)

28. Basketball court (lapangan basket)

29. Ice cream (es krim)

30. School bag (tas sekolah)

31. Highchair (kursi anak kecil)

32. Flowerpot (pot bunga)

33. Traffic light (lampu lalu lintas)

34. Soccer ball (bola sepak bola)

35. Candlestick (pelipat lilin)

36. Birthday cake (kue ulang tahun)

37. Mouse pad (alas mouse)

38. Sunflower (bunga matahari)

39. Swimming goggles (kacamata renang)

40. Firefighter (penyelamat kebakaran)

41. Moonlight (cahaya bulan)

42. Snowman (manusia salju)

43. Tooth fairy (peri gigi)

44. Policeman (polisi)

45. Jellyfish (ubur-ubur)

46. Bookstore (toko buku)

47. Tennis racket (raket tenis)

48. Flower garden (taman bunga)

49. Train station (stasiun kereta api)

50. Football match (pertandingan sepak bola)

Kata Benda Majemuk (Compound Noun) dalam bahasa Inggris memiliki peran penting dalam membantu kita memahami berbagai jenis objek atau benda dengan keterangan yang lebih spesifik. Dengan memahami konsep dan contoh-contoh Kata Benda Majemuk ini, kita dapat mengembangkan kosakata bahasa Inggris secara lebih luas.


Kata Ganti (Pronoun)

Ilustrasi kebersamaan, sahabat, rukun
Ilustrasi kebersamaan, sahabat, rukun. (Photo by Eean Chen on Unsplash)

Kata benda dalam bahasa Inggris merupakan kata-kata yang digunakan untuk menunjukkan suatu objek, orang, tempat, atau konsep. Dalam kategori kata benda, terdapat salah satu jenis kata yaitu kata ganti atau pronoun.

Kata ganti atau pronoun adalah kata-kata yang menggantikan kata benda dalam sebuah kalimat. Penggunaan kata ganti berguna untuk menghindari pengulangan yang berlebihan dalam percakapan atau tulisan. Contoh paling umum dari kata ganti dalam bahasa Inggris adalah I, you, he, she, it, we, they.

Contoh penggunaan kata ganti dalam kalimat antara lain:

1. I am a student. (Saya adalah seorang mahasiswa)

I adalah pronoun untuk menggantikan "saya" dalam kalimat

2. She loves to read books. (Dia suka membaca buku)

She adalah pronoun untuk menggantikan "dia" dalam kalimat

3. They are going to the park. (Mereka pergi ke taman)

They adalah pronoun untuk menggantikan "mereka" dalam kalimat

Dalam bahasa Inggris, terdapat banyak jenis kata ganti atau pronoun lainnya seperti me, him, her, us, you, them, dan lain-lain. Menggunakan kata ganti dalam kalimat dapat memudahkan dalam berkomunikasi karena menghindari pengulangan kata yang sama.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya