Doa Pernikahan Allahumma Allif, Makna, dan Keutamaan Membacanya

Doa pernikahan Allahumma Allif mengingatkan pasangan suami istri akan keberkahan dan kesucian pernikahan.

oleh Laudia Tysara diperbarui 22 Feb 2024, 15:00 WIB
Diterbitkan 22 Feb 2024, 15:00 WIB
Pernikahan Adiba Khanza dan Egy Maulana Vikri
Potret bahagia Egy dan Adiba setelah resmi menjadi suami istri. Saat akad nikah, keduanya berada di ruang terpisah. [Instagram/antzcreator]

Liputan6.com, Jakarta - Doa pernikahan Allahumma Allif menjadi bagian yang tak terpisahkan dari tradisi pernikahan Islam setelah proses ijab qobul. Ijab qobul adalah tahap ketika pihak laki-laki menyatakan kesediaannya untuk menikahi pihak perempuan, dan pihak perempuan menerima tawaran tersebut.

Setelah tahap ini, doa "Allahumma Allif" dibacakan, memohon kepada Allah SWT agar mengikat hubungan suami istri dengan harmoni dan kasih sayang yang mirip dengan kisah-kisah teladan dalam sejarah Islam.

Doa pernikahan Allahumma Allif mengandung makna yang mendalam, mengingatkan pasangan suami istri akan keberkahan dan kesucian pernikahan. Keutamaan membacanya terletak pada harapan akan keselamatan dan kebahagiaan dalam pernikahan, serta harapan akan keberkahan dan ridha Allah SWT.

Doa ini juga menjadi pengingat bagi pasangan suami istri untuk selalu menjaga hubungan mereka, saling mendukung, dan bersama-sama mengarungi lika-liku kehidupan dengan penuh cinta, kesabaran, dan pengertian.

Bacaan doa "Allahumma Allif" setelah ijab qobul merupakan momen sakral yang menandai awal dari ikatan suci antara dua individu yang memutuskan untuk berbagi hidup dalam kebersamaan. Doa ini bukan hanya sekadar rangkaian kata, melainkan ungkapan tulus memohon kepada Allah SWT agar memberkahi pernikahan dan menjadikan rumah tangga penuh keberkahan dan kasih sayang.

Berikut Liputan6.com ulas lebih mendalam tentang doa pernikahan Allahumma Allif Arab, latin, artinya lengkap makna dan keutamaan membacanya, Kamis (22/2/2024).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Doa Pernikahan Allahumma Allif Arab, Latin, dan Artinya

Potret Abidzar Peluk Cium Adiba di Hari Pernikahan, Air Mata Tak Henti Mengalir
Sedari Adiba resmi menikah hingga saat ini, tak sedikit netizen yang masih haru dan ungkap salut dengan sikap Abidzar. Terpaut usia hanya 1 tahun, tak heran jika kakak adik ini sudah dekat sedari dulu. Seperti diketahui Adiba lahir pada 2000 sementara Abidzar tahun 2001. Beri kecupan tulus di kening Adiba Khanza, netizen memuji sikap manis dan sifat penyayang anak kedua Umi Pipik dan mendiang Uje ini. (Liputan6.com/IG/@abidzar73)

اَللّٰهُمَّ أَلِّفْ بَيْنَهُمَا كَمَا أَلَّفْتَ بَيْنَ اٰدَمَ وَحَوَّاءَ وَأَلِّفْ بَيْنَهُمَا كَمَا أَلَّفْتَ بَيْنَ سَيِّدِنَا إِبْرَاهِيْمَ وَسَارَةَ وَأَلِّفْ بَيْنَهُمَا كَمَا أَلَّفْتَ سَيِّدَنَا يُوْسُفَ وَزُلَيْخَاءَ وَأَلِّفْ بَيْنَهُمَا كَمَا أَلَّفْتَ بَيْنَ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ وَسَيِّدَتِنَا خَدِيْجَةَ الْكُبْرَى وَأَلِّفْ بَيْنَهُمَا كَمَا أَلَّفْتَ بَيْنَ سَيِّدِنَا عَلِيِّ وَسَيِّدَتِنَا فَاطِمَةَ الزَّهْرَاءَ

Allâhumma allif bainahumâ kamâ allafta baina Adam wa Hawwa, wa allif bainahumâ kamâ allafta baina sayyidinâ Ibrâhîm wa Sârah, wa allif bainahumâ kamâ allafta baina sayyidinâ Yûsuf wa Zulaikha, wa allif bainahumâ kamâ allafta baina sayyidinâ Muhammadin shallallâhu ‘alaihi wa sallama wa sayyidatinâ Khadîjatal kubrâ, wa allif bainahumâ kamâ allafta baina sayyidinâ ‘Aly wa sayyidatinâ Fâthimah az-Zahrâ

Artinya:

Ya Allah, rukunkan keduanya sebagaimana Engkau rukunkan Nabi Adama dan Hawa, rukunkan keduanya sebagaimana Engkau rukunkan Nabi Ibrahim dan Sarah, rukunkan keduanya sebagaimana Engkau rukunkan Nabi Yusuf dan Zulaikha, rukunkan keduanya sebagaimana Engkau rukunkan Baginda Nabi Muhammad shallallâhu ‘alaihi wa sallama dan Khadijah Al-Kubra, dan rukunkan keduanya sebagaimana Engkau rukunkan Ali dan Fathimah Az-Zahra.


Makna Doa Pernikahan Allahumma Allif

Umi Pipik Dampingi Adiba Menikah
Potret Umi Pipik Dampingi Adiba Khanza Menikah (Suber: Instagram/rasya_shakira)

Doa pernikahan Allahumma Allif adalah doa yang dibacakan setelah selesai proses ijab qobul dalam upacara pernikahan dalam tradisi Islam. Dalam doa ini, umat berdoa kepada Allah SWT agar menjadikan pasangan suami istri yang baru menikah itu memiliki hubungan yang harmonis dan erat, sebagaimana hubungan yang dijalin oleh para tokoh-tokoh terkemuka dalam sejarah Islam.

Makna dari doa pernikahan Allahumma Allif ini sangat dalam, mengingatkan pasangan suami istri akan perjuangan dan cinta yang dimiliki oleh tokoh-tokoh seperti Nabi Adam dan Hawa, Nabi Ibrahim dan Sarah, Nabi Yusuf dan Zulaikha, serta Nabi Muhammad SAW dan Khadijah Al-Kubra.

"Dan segala sesuatu Kami ciptakan berpasang-pasangan agar kamu mengingat (kebesaran Allah)." (QS. Az-Zariyat: 49)

Keutamaan Membaca Doa Pernikahan Allahumma Allif 

Doa ini mengingatkan bahwa hubungan suami istri adalah suci dan mulia, dan bahwa keutamaan dalam rumah tangga haruslah didasarkan pada kecintaan, kepercayaan, dan ketulusan satu sama lain.

Keutamaan membaca doa pernikahan Allahumma Allif terletak pada harapan akan keselamatan dan kebahagiaan dalam pernikahan, serta harapan akan keberkahan dan ridha Allah SWT. Membaca doa ini juga menjadi pengingat bagi pasangan suami istri untuk selalu menjaga hubungan mereka, saling mendukung, dan bersama-sama mengarungi lika-liku kehidupan dengan penuh cinta, kesabaran, dan pengertian.

Sebagai doa yang mengandung harapan dan doa yang sangat penting, doa pernikahan Allahumma Allif menempati posisi yang sangat penting dalam tradisi pernikahan Islam dan menjadi simbol dari ikatan suci antara suami dan istri.


1. Mengikat Hubungan yang Harmonis

Doa pernikahan Allahumma Allif mengajarkan agar Allah SWT mengikat hubungan suami istri dengan harmoni dan kasih sayang yang mendalam, sebagaimana hubungan antara tokoh-tokoh dalam sejarah Islam. Hal ini mencerminkan makna pentingnya membangun rumah tangga yang kuat dan harmonis.

Dalil Al-Qur'an: Ayat 21 dari Surah Ar-Rum yang berbunyi, "Dan di antara tanda-tanda kekuasaan-Nya ialah Dia menciptakan untukmu pasangan-pasangan dari jenismu sendiri, supaya kamu mendapat ketenangan hati dan dijadikan-Nya di antaramu rasa kasih sayang."

2. Mengingatkan pada Kesucian Pernikahan

Doa ini mengingatkan bahwa pernikahan adalah institusi suci yang diizinkan oleh Allah SWT dan harus dijaga dengan penuh keberkahan.

Dalil Al-Qur'an: Ayat 187 dari Surah Al-Baqarah yang menyatakan, "Mereka adalah pakaian bagimu dan kamulah pakaian bagi mereka."

3. Meneladani Tokoh Teladan dalam Sejarah

Doa pernikahan Allahumma Allif menyebutkan teladan-teladan mulia dalam sejarah Islam untuk memberikan inspirasi bagi pasangan suami istri baru dalam membangun hubungan yang baik.

Ayat-ayat yang menceritakan kisah Nabi Adam, Nabi Ibrahim, Nabi Yusuf, Nabi Muhammad SAW, dan para istri mereka adalah contoh-contoh dari Al-Qur'an yang memberikan inspirasi dan teladan dalam kehidupan berumah tangga.

4. Memohon Keberkahan dan Rezeki yang Halal

Dalam doa pernikahan Allahumma Allif, umat memohon agar hubungan pernikahan mereka diberkahi oleh Allah SWT sehingga mereka bisa menjalani hidup yang baik dan penuh berkah.

Ayat 32 dari Surah An-Nur yang menyatakan, "Kawinkanlah orang-orang yang sendirian di antara kamu, dan orang-orang yang layak (nikah) dari hamba-hamba sahayamu yang lelaki dan perempuan. Jika mereka miskin Allah akan memampukan mereka dengan karunia-Nya."

Doa pernikahan Allahumma Allif ini juga menumbuhkan rasa kasih sayang dan peduli antara pasangan suami istri, mengingatkan mereka untuk saling menghormati, mendukung, dan saling menjaga.

Ayat 21 dari Surah Ar-Rum yang menyatakan, "Dan di antara tanda-tanda kekuasaan-Nya ialah Dia menciptakan untukmu pasangan-pasangan dari jenismu sendiri, supaya kamu mendapat ketenangan hati dan dijadikan-Nya di antaramu rasa kasih sayang."

 

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya