7 Tips Bantu Anak Persiapkan Hari Pertama Sekolah, Bangun Mental yang Kuat Pada Buah Hati

Sebelum anak memulai petualangan barunya di sekolah, ada beberapa persiapan penting yang perlu dilakukan. Salah satunya adalah membangun mental yang kuat pada anak.

oleh Ricka Milla Suatin diperbarui 12 Agu 2024, 18:05 WIB
Diterbitkan 12 Agu 2024, 18:05 WIB
Ilustrasi orang tua mengantar anak ke sekolah
Ilustrasi orang tua mengantar anak ke sekolah. (Image by freepik)

Liputan6.com, Jakarta Masa-masa awal sekolah adalah periode yang sangat penting bagi perkembangan anak. Dengan bersekolah dan menghabiskan waktu di sana, anak-anak akan memiliki kesempatan untuk bersosialisasi dengan teman-teman sebayanya, yang akan memberikan dampak besar pada perkembangan pribadi mereka. Mereka akan menjadi lebih aktif, mandiri, dan percaya diri saat berinteraksi dengan teman-teman seusianya.

Bagi orangtua, momen ketika si kecil siap memasuki dunia sekolah bisa sangat menegangkan, terutama saat pertama kali mereka akan menginjakkan kaki di lingkungan sekolah. Berbagai kekhawatiran tentang kemampuan si kecil di sekolah pun sering kali muncul. Namun, semua kekhawatiran tersebut bisa diatasi dengan persiapan yang matang di rumah.

Dilansir Liputan6.com dari berbagai sumber, saat mendekati hari pertama sekolah, anak harus dipersiapkan dengan baik. Yuk, simak lebih lanjut tentang persiapan apa saja yang perlu dilakukan, Senin (12/08/2024).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

Sekumpulan anak-anak
Anak dapat merasa lebih familier dengan lingkungan sekolah dengan bantuan orangtua. (Foto: Pexels/Yan Krukau)

Persiapkan Mental Anak

1. Kenalkan Anak pada Lingkungan Sekolah

Sebagai orangtua, Anda bisa mengajak anak-anak untuk mengunjungi sekolah dan berkeliling melihat fasilitas yang ada, seperti ruang kelas dan lapangan. Dengan mengajak mereka berkeliling, anak-anak akan merasa lebih akrab dengan lingkungannya dan lebih nyaman saat mulai bersekolah nanti. Jika ada saudara kandung yang sudah bersekolah di tempat tersebut, Anda dapat mengajaknya untuk menceritakan pengalaman serunya di sekolah. Hal ini akan membuat sang adik merasa lebih dekat dengan sekolah dan segala isinya.

2. Bantu Anak Bersosialisasi

Berikan pemahaman kepada anak untuk mencari teman sebanyak mungkin. Jika pihak sekolah tidak mengizinkan adanya pendamping pada hari pertama sekolah, Anda bisa bersosialisasi dengan orangtua murid lainnya dan saling mengenalkan anak-anak satu sama lain. Anda juga bisa merencanakan perjalanan singkat bersama orangtua murid lainnya agar anak-anak dapat bersosialisasi di luar sekolah. Dengan begitu, anak-anak akan belajar cara mengajak seseorang, berempati, dan saling mengalah saat bersosialisasi.

3. Bangun Antusiasme Anak

Sangat penting bagi anak untuk merasa antusias saat akan pergi ke sekolah untuk pertama kalinya. Meskipun pengalaman ini mungkin menegangkan bagi mereka, Anda bisa membantu mereka merasa rileks dan siap menghadapinya. Anda bisa mencari buku-buku yang berkaitan dengan hari pertama sekolah dan membacanya bersama anak. Selain itu, duduk dan berdiskusi bersama anak untuk memberikan pemahaman tentang sekolah dan membiarkan mereka bertanya apa saja tentang sekolah juga bisa sangat membantu.


Bantu Persiapkan Perkembangan Anak

Ilustrasi anak-anak sedang makan siang
Anak-anak diajarkan untuk makan makanan mereka sendiri agar mereka dapat menikmati makanan dengan teman-teman mereka secara nyaman.

Salah satu tujuan utama ketika anak baru memulai sekolah adalah membantu mereka menjadi lebih mandiri, baik dalam kehidupan sehari-hari maupun dalam hal akademik. Sangat penting bagi anak untuk beradaptasi menjadi individu yang percaya diri, positif, dan mandiri. Meskipun para guru akan mendukung proses ini, berikut adalah beberapa langkah yang dapat dilakukan orang tua untuk membantu anak sebelum mereka masuk sekolah.

4. Ajarkan Penggunaan Toilet

Ketika sekolah dimulai, anak-anak harus mampu pergi ke toilet dan menggunakannya sendiri. Ajarkan mereka berbagai tips kebersihan yang perlu mereka ketahui, seperti cara menyiram toilet dan cara mencuci tangan dengan benar. Dengan demikian, anak-anak akan merasa nyaman menggunakan toilet secara mandiri.

5. Kenalkan Kebersihan Diri

Di sekolah, anak-anak akan banyak menghabiskan waktu di luar ruangan untuk bermain pasir atau air, serta melakukan berbagai aktivitas menyenangkan di dalam kelas seperti bermain cat. Orang tua dapat mengajarkan pentingnya menjaga kebersihan diri, seperti mencuci tangan setelah bermain atau menggunakan celemek saat bermain cat. Hal ini membantu anak memahami pentingnya kebersihan sejak dini.

6. Latih Cara Makan yang Baik

Ketika sekolah dimulai, anak-anak akan makan saat jam istirahat bersama teman-teman sebayanya. Tidak seperti di rumah, tidak akan ada orang dewasa yang selalu siap membantu mereka. Oleh karena itu, penting untuk membiasakan anak makan sendiri dan menggunakan alat makan dengan benar. Dengan berlatih makan sendiri, anak-anak juga akan lebih mudah beradaptasi dan berkembang saat bersosialisasi dengan teman-temannya.

7. Ajak Anak Membaca

Membaca adalah salah satu keterampilan penting yang perlu dimiliki anak saat pertama kali masuk sekolah. Orang tua dapat mengajak anak membaca kata-kata dan kalimat sederhana. Penting untuk memperkenalkan anak pada berbagai buku, bahasa, dan cerita sejak dini. Hal ini akan membantu anak menjadi lebih familier dengan bahasa dan meningkatkan kemampuan mendengar, membaca, berbicara, dan menulis mereka.

Lanjutkan Membaca ↓

Disclaimer: Artikel ini ditulis ulang oleh redaksi dengan menggunakan Artificial Intelligence

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya