Sering Tak Dihargai? Ini 8 Sikap yang Tepat untuk Hadapinya Agar Tak Terpancing

Bagaimana Menghadapi Orang-orang yang Tidak Menghargaimu agar Tidak Terpancing Bersikap Negatif?

oleh Miranti diperbarui 22 Jul 2024, 15:53 WIB
Diterbitkan 22 Jul 2024, 15:53 WIB
Bersabar dan Tetap Optimis
Ilustrasi Mencari Lowongan Pekerjaan Credit: pexels.com/Ekaterina

Liputan6.com, Jakarta Kemampuan untuk menghargai seringkali menjadi penanda seberapa baik seseorang dalam menunjukkan sikap terhadap orang lain. Sayangnya, tidak semua orang memiliki kemampuan ini, bahkan setelah diperlakukan dengan baik. Ada banyak orang yang justru meremehkan sikap baik orang lain dengan perilaku acuh tak acuh dan seenaknya sendiri.

Tentu saja, tidak menyenangkan ketika Anda bertemu dengan orang yang tidak bisa menghargai Anda, meskipun Anda tidak menginginkannya. Namun, bagaimana kita menanggapi sikap buruk orang yang tidak bisa menghargai kita?

Tips yang paling sederhan adalah Anda tidak perlu terpancing untuk membalas perlakuan mereka dengan cara yang negatif. Sebaliknya, hadapi mereka dengan cara yang tepat. Berikut adalah delapan sikap yang tepat untuk menghadapi orang yang tidak menghargai Anda sebagaimana dihimpun Liputan6.com dari berbagai sumber pada Senin (22/7/2024).

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


1. Cuekin Saja

zodiak perempuan
Potret menawan seorang perempuan yang penuh kebahagiaan/copyright oleh Bo1982 (Shutterstock).

Salah satu cara yang paling simpel untuk menghadapinya adalah dengan bersikap acuh tak acuh. Terkadang, sikap buruk hanya perlu diabaikan dan tidak perlu ditanggapi, karena hal itu hanya akan menghabiskan energi secara sia-sia dan memicu timbulnya perasaan negatif di dalam hati.

Dengan menganggapnya seolah-olah tidak ada, kita tidak akan merasakan efek negatifnya pada diri sendiri. Terlebih lagi, bagi mereka yang mudah terpancing emosi, lebih baik menahan diri untuk tidak merespons sikap tidak menghargai dari orang lain.


2. Hindari Terpancing Emosi

bunga tersenyum bahagia
Ilustrasi Menakjubkan Seorang Wanita Memukau/Morakot Kawinchan/Shutterstock

Pasti ada perasaan tersinggung ketika seseorang meremehkan Anda dalam tingkat tertentu, tapi selalu ada pilihan untuk memberikan respons yang bisa Anda kendalikan dari dalam diri.  Salah satunya adalah belajar bersabar agar tidak terjebak dalam emosi.

Karena seringkali orang yang kehilangan kesabaran dan meledak-ledak karena tindakan orang lain, hanya akan merusak reputasi mereka sendiri. Jadi, jika ingin bersikap anggun, hindari terjebak dalam emosi yang memancing kemarahan.


3. Tetapkan Batasan yang Tegas

tertawa bahagia dewasa
Gambarkanlah seorang wanita yang memesona/Image by Freepik/Shutterstock.

Dengan tetap tenang, sabar, dan tak terpengaruh, bukan berarti Anda takut menghadapi sikap kasar orang lain terhadapmu. Bagaimanapun juga, Anda tetap perlu menetapkan batasan yang jelas mengenai sejauh mana Anda bisa mentolerir perilaku buruk mereka.

Jika situasinya telah mencapai titik yang sangat mengganggu dan tampak sengaja, tentu yang terbaik adalah mengomunikasikan masalah ini dengan orang tersebut. Sampaikanlah dengan lembut apa yang mungkin pernah kamu lakukan yang membuat mereka merasa kesal.


4. Tanya Apa Permasalahannya

dewasa tenang mandiri tersenyum bahagia
Gambaran Wanita Memesona/PURIPAT PENPUN/Shutterstock

Pasti ada alasan terselubung di balik sikap tak menghargai atau meremehkan orang lain. Salah satunya adalah rasa ketidakamanan yang merajalela dalam diri mereka. Jika merasa terusik dengan perilaku buruk mereka, tak ada salahnya untuk menanyakan secara langsung apa sebenarnya yang melatarbelakangi sikap mereka tersebut.

Terkadang, orang-orang yang gemar merendahkan atau menunjukkan ketidakpedulian pada orang lain akan merasa ketakutan saat dihadapkan atau ditanya dengan tegas mengenai alasan sebenarnya di balik perilaku mereka yang tidak menyenangkan. Sebab sebenarnya, masalah yang mereka hadapi adalah diri mereka sendiri.


5. Jaga Jarak dari Mereka

cantik kalem bahagia santai tersenyum
cantik kalem bahagia santai tersenyum.

Alih-alih membiarkan emosi terjebak dan kehilangan energi secara sia-sia karena terus-menerus memikirkan sikap buruk orang lain, lebih baik mengambil langkah pencegahan dengan menjaga jarak. Hindari interaksi yang terlalu sering atau batasi keterlibatan dengan mereka.

Apalagi pada dasarnya mereka membawa energi negatif yang tidak sejalan dengan usaha Anda untuk tetap positif. Apa pun yang tidak sejalan dengan frekuensimu pasti tidak akan cocok untuk disandingkan.


6. Jaga Rasa Percaya Diri

mandiri dewasa bahagia karier kemeja putih rapi
Gambar perempuan yang sedang bekerja diambil oleh GP PIXSTOCK melalui Shutterstock.

Selama dipelakukan buruk atau diremehkan oleh orang lain,  satu hal yang perlu diingat dan dijaga dengan kuat adalah rasa percaya diri. Orang seringkali merasa down atau minder hanya karena perlakuan buruk orang lain padahal dia adalah orang yang baik dan positif.

Ketahui nilai dirimu dan hargai diri sendiri lebih dulu. Dengan begitu, kamu bisa mempertahankan rasa percaya diri tanpa tergoyahkan oleh sikap buruk orang lain terhadapmu.


7. Fokus pada Orang yang Menghargaimu

semangat bahagia islam muslim
Gambar seorang perempuan dengan senyuman manis/Hafizussalam bin Sulaiman/Shutterstock, dihadirkan dalam bentuk ilustrasi yang menggugah hati.

Alih-alih membuang-buang waktu untuk merespon orang yang tak mengharga Anda, lebih baik manfaatkan waktu Anda untuk fokus pada orang-orang yang benar-benar menghargai Anda. Berikan cinta Anda kepada mereka yang menghargai dan memperlakukan Anda dengan penuh kasih sayang.

Cara seperti itu sudah lebih dari cukup. Waktu Anda begitu berharga untuk dihabiskan bersama mereka yang salah dan tidak pantas. terlebih lagi mereka yang hanya menularkan energi negatif. 


8. Pilih Lingkungan yang Positif

Ilustrasi tertawa, lucu
Ilustrasi tertawa, lucu. (Foto oleh RODNAE Productions: https://www.pexels.com/id-id/foto/orang-orang-duduk-jendela-tersenyum-7468234/)

Cari dukungan dari lingkungan yang positif dan orang-orang yang menghargai Anda. Teman-teman dan keluarga yang positif dapat memberikan dukungan emosional yang sangat dibutuhkan dalam menghadapi situasi sulit di mana Anda tidak dihargai di lingkungan tertentu.

Menghadapi orang yang tidak menghargai memang tidak mudah, tetapi dengan mengambil sikap-sikap yang tepat seperti yang disebutkan di atas, kita dapat menjaga kesehatan mental dan emosional kita tetap baik. Yang terpenting, tetaplah menjadi diri sendiri dan jangan biarkan perlakuan orang lain mengubah siapa Anda.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya