Resep Peyek Kacang Kedelai, Camilan Gurih dan Renyah

Ayo, mari kita mencoba menciptakan keajaiban di dapur rumah kita dan semoga seluruh keluarga terpesona dengan hasilnya.

oleh Mochamad Rizal Ahba Ohorella diperbarui 23 Jul 2024, 17:23 WIB
Diterbitkan 23 Jul 2024, 17:23 WIB
Cara Goreng Peyek agar Tipis dan Gurih, Serap Sedikit Minyak
Cara Goreng Peyek agar Tipis dan Gurih, Serap Sedikit Minyak (Credit: YouTube/Yuli Filza)

Liputan6.com, Jakarta Peyek kacang kedelai adalah camilan tradisional Indonesia yang terkenal dengan rasa gurih dan tekstur renyahnya. Camilan ini terbuat dari adonan tepung yang dicampur dengan kacang kedelai dan berbagai bumbu, lalu digoreng hingga kering dan renyah.

Peyek kacang kedelai sering disajikan sebagai pelengkap hidangan utama atau sekadar camilan ringan yang nikmat. Kelezatan peyek ini terletak pada kombinasi antara rasa gurih yang mendalam dan kerenyahan yang memanjakan lidah.

Membuat peyek kacang kedelai di rumah sangat mudah dan menyenangkan. Dengan bahan-bahan yang sederhana dan proses pembuatan yang tidak rumit, Anda bisa menghadirkan camilan lezat ini kapan saja.

Jika kamu ingin membuat peyek kacang kedelai yang enak, ikuti resep berikut ini. Selain rasanya yang gurih, peyek ini juga memiliki tekstur yang renyah dan sangat mudah untuk dibuat. Dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, berikut ini resep membuat peyek kacang kedelai yang enak dan gurih, Selasa (23/7/2024).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Bahan - Bahan :

rempeyek daun jeruk
Mari kita berkreasi dengan rempeyek yang menggugah selera! Gambar ilustrasi rempeyek ini dibuat oleh Zahy Maulana dan dilindungi hak cipta oleh Shutterstock.com.

Ada beberapa bahan yang dibutuhkan dalam resep ini. Pertama, kita perlu 100 gram kacang kedelai yang segar dan berkualitas.

Selanjutnya, tambahkan 100 gram tepung beras yang akan memberikan tekstur yang lezat pada hidangan ini. Jangan lupa, tambahkan juga 50 gram tepung tapioka untuk memberikan kekenyalan pada adonan.

Untuk memberikan rasa yang sedap, jangan lupa menambahkan setengah sendok teh soda kue yang akan membuat hidangan ini mengembang dan renyah.

Selain itu, tambahkan juga setengah sendok teh ketumbar bubuk yang akan memberikan aroma yang khas. Agar rasanya semakin lezat, tambahkan juga setengah sendok teh garam dan satu sachet kaldu ayam bubuk. Untuk memberikan sentuhan segar pada hidangan ini, tambahkan irisan daun jeruk secukupnya.

Akhirnya, tambahkan air secukupnya untuk membentuk adonan yang kental dan mudah diolah. Dengan menggunakan bahan-bahan ini, kita bisa membuat hidangan yang lezat dan menggugah selera. Selamat mencoba!


Cara Membuat :

rempeyek kacang tanah
Gambar ini merupakan karya seni yang menakjubkan dari Ilustrasi/Shutterstock.com/tyasindayanti.

Rendam kacang kedelai dengan air hangat selama satu jam agar hasil peyeknya nanti lebih lembut dan renyah.

Setelah itu, campurkan tepung beras, tepung tapioka, soda kue, ketumbar bubuk, garam, kaldu ayam bubuk, dan daun jeruk iris.

Tambahkan air sedikit demi sedikit sambil diaduk hingga adonan terbentuk dengan konsistensi yang cukup cair namun tidak terlalu encer.

Selanjutnya, masukkan kacang kedelai ke dalam adonan tepung yang telah dibuat tadi.

Panaskan minyak, lalu tuangkan adonan peyek ke dalam wajan yang telah dipanaskan menggunakan sendok sayur.

Pastikan menggunakan api kecil yang stabil agar peyek menjadi lebih renyah dan matang sempurna tanpa terlalu gosong.

Setelah peyek matang, angkat dari minyak panas, tiriskan, dan sajikan dengan bangga.

Dengan mengikuti resep ini, diharapkan Anda bisa menikmati peyek yang lezat dan renyah. Selamat mencoba, dan semoga resep ini bermanfaat bagi Anda!

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya