6 Daun Herbal Terbukti Mujarab Usir Kolesterol, Aman Tanpa Efek Samping

Beberapa daun herbal ini mujarab sebagai teman setia dalam mengusir kolesterol.

oleh Miranti diperbarui 26 Jul 2024, 15:27 WIB
Diterbitkan 26 Jul 2024, 15:27 WIB
Ilustrasi Minuman Herbal Kunyit dan Lada (Sumber: Instagram/@dr.zaidulakbar.resep)
Ilustrasi Minuman Herbal Kunyit dan Lada (Sumber: Instagram/@dr.zaidulakbar.resep)

Liputan6.com, Jakarta Kadar kolesterol tinggi bisa menjadi mimpi buruk bagi kesehatan tubuh. Kolesterol yang tinggi dapat mempersempit dan mengerasakan arteri, mengurangi aliran darah ke jantung. Belum lagi kolesterol yang risiko menyebabkan stroke hingga penyakit pembuluh darah perifer.

Namun, Anda tidak perlu khawatir karena kolesterol yang tinggi juga bisa dihilangkan dalam tubuh. Hanya saja tentunya dengan treatment yang tepat. Salah satunya adalah pengobatan tradisional dengan menggunakan mengonsumsi beberapa minuman dari daun-daun herbal. 

Ada beberapa jenis daun herbal yang bisa membantu menurunkan kolesterol secara alami dan efektif. Berikut selengkapnya dihimpun Liputan6.com dari berbagai sumber pada Jumat (26/7/2024).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


1. Daun Sirsak

[Fimela] Minuman herbal
Ilustrasi minuman herbal | unsplash.com/@nastyabogdanova

Daun sirsak dikenal sebagai salah satu jenis daun herbal untuk menghilangkan kolesterol. Daun ini mengandung senyawa aktif yang dapat membantu mengurangi kadar kolesterol dalam darah. Selain itu, daun sirsak juga memiliki sifat antioksidan yang baik untuk kesehatan jantung.


2. Daun Salam

Daun Salam
Ilustrasi Daun Salam / by freepik

Daun salam merupakan jenis daun herbal untuk menghilangkan kolesterol yang cukup populer di Indonesia. Daun ini sering digunakan dalam masakan sebagai bumbu, namun ternyata juga bermanfaat untuk menurunkan kolesterol. Kandungan flavonoid dalam daun salam efektif dalam mengurangi kolesterol jahat.


3. Daun Jati Belanda

Tanaman obat Daun Jati Belanda
Tanaman obat Daun Jati Belanda. (Dok: Instagram @herbalhalalstore)

Daun jati belanda adalah jenis daun herbal untuk menghilangkan kolesterol yang banyak digunakan dalam pengobatan tradisional. Daun ini mengandung serat alami yang membantu menyerap kolesterol dari makanan. Mengonsumsi daun jati belanda secara teratur dapat membantu menjaga kadar kolesterol tetap normal. 


4. Daun Kemangi

Ilustrasi daun kemangi
Ilustrasi daun kemangi (Photo by Julia Schwab on Pixabay)

Daun kemangi bukan hanya enak dijadikan lalapan, tetapi juga bermanfaat sebagai jenis daun herbal untuk menghilangkan kolesterol. Daun ini mengandung senyawa eugenol yang dapat membantu menurunkan kolesterol. Mengonsumsi daun kemangi secara rutin dapat memberikan efek positif bagi kesehatan jantung.


5. Daun Dewa

[Bintang] Daun Dewa
Daun Dewa | via:

Daun dewa adalah jenis daun herbal untuk menghilangkan kolesterol yang mungkin kurang dikenal. Daun ini memiliki kandungan saponin yang efektif dalam menurunkan kolesterol. Selain itu, daun dewa juga memiliki sifat anti-inflamasi yang baik untuk kesehatan tubuh secara keseluruhan. 


6. Daun Kelor (Moringa oleifera)

Manfaat Daun Kelor
Manfaat Daun Kelor (Sumber: iStock)

Daun moringa, atau kelor, dikenal karena kandungan nutrisinya yang sangat tinggi. Penelitian menunjukkan bahwa daun moringa dapat menurunkan kadar kolesterol LDL dan trigliserida dalam darah, serta meningkatkan kadar kolesterol HDL. Daun moringa juga membantu mengurangi peradangan dan meningkatkan kesehatan metabolik.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya