11 Sikap Orang yang Mencintaimu Tapi Masih Malu Mengungkapkan, Tindakannya Bukti Nyata

Meskipun tidak pernah mengungkapkan lewat lisannya, sikapnya akan memperlihatkan bahwa dia menyukaimu.

oleh Miranti diperbarui 18 Sep 2024, 18:24 WIB
Diterbitkan 18 Sep 2024, 18:24 WIB
couple kencan bahagia jatuh cinta
ilustrasi pasangan cinya/Photo by Samson Katt/Pexels

Liputan6.com, Jakarta Ketika seseorang jatuh cinta, perasaan yang tumbuh dalam hatinya bisa begitu kuat hingga sulit untuk diungkapkan dengan kata-kata. Rasa takut akan penolakan, atau bahkan keraguan diri, sering kali membuat seseorang memilih untuk menyembunyikan perasaannya.

Namun, meskipun perasaan cinta belum terucap, sikap dan perhatian yang lebih besar dari pria dapat menjadi tanda-tanda nyata bahwa ia tengah jatuh cinta pada seorang perempuan. Dengan mengenali tanda-tanda ini, kamu bisa lebih memahami perasaan mereka dan mungkin memberikan dorongan yang dibutuhkan untuk membuka hati. Selain itu bisa membangun komunikasi yang lebih baik dan menciptakan suasana yang nyaman untuk saling berbagi perasaan.

Berikut adalah 11 tanda yang bisa kamu perhatikan jika ingin mengetahui apakah seseorang diam-diam jatuh cinta padamu tetapi masih malu mengungkapkannya. Simak uraiannya di bawah ini, yang dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Rabu (18/9/2024).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


1. Lebih perhatian

pasangan cinta romantis
Gambarkan pasangan yang sedang berkencan.

Orang yang menyukaimu biasanya memberikan perhatian ekstra dibandingkan dengan orang lain. Mereka sering kali bertanya tentang kabarmu, apa yang sedang kamu lakukan, atau bahkan mengingat detail kecil tentangmu yang mungkin terlupakan oleh orang lain.


2. Mencari-cari alasan untuk berada di dekatmu

Seseorang yang memiliki perasaan terhadapmu, akan selalu mencari cara untuk bisa dekat denganmu. Mereka bisa bergabung dalam kegiatan yang kamu sukai, atau hanya duduk di sebelahmu saat ada kesempatan.

Terkadang, mereka juga sering menawarkan bantuan, walaupun sebenarnya kamu tidak terlalu membutuhkannya. Bahkan, ada beberapa yang dengan jelas meminta kamu menemaninya untuk minum kopi atau teh saat sedang santai.


3. Ia menunjukkan bahasa tubuh yang menandakan bahwa ia menyukaimu

Tanda-tanda bahasa tubuh yang menunjukkan ketertarikan seseorang terhadapmu dapat berupa seringnya mereka tersenyum saat berhadapan denganmu, mempertahankan kontak mata lebih lama, atau menunjukkan gejala gugup seperti menggerak-gerakkan rambut atau menyentuh baju mereka saat berdekatan denganmu.


4. Cemburu ketika kamu berinteraksi atau berdekatan dengan orang lain

Orang-orang yang suka padamu mungkin akan menunjukkan gejala cemburu ketika kamu berinteraksi atau berdekatan dengan orang lain. Meskipun mereka tidak mengatakannya secara langsung, perubahan sikap atau ekspresi wajah mereka dapat menunjukkan ketidaknyamanan dalam situasi tersebut. Mereka akan lebih rentan merasa cemburu dan berpikir berlebihan ketika kamu menceritakan orang lain selain dirinya.


5. Mengingat detil-detil kecil tentang dirimu

couple kencan
Gambar ini diilustrasikan oleh Huy Phan dari Unsplash.com.

Meskipun tidak pernah mengungkapkannya dalam kehidupan sehari-hari, kamu akan tahu bahwa dia menyukaimu dari sikapnya yang selalu mengingat semua hal tentangmu, seperti makanan favoritmu, tanggal penting dalam hidupmu, atau hobi yang kamu sukai.


6. Kerap kali memulai percakapan

Seseorang yang tertarik padamu akan sering mengajukan pertanyaan atau membicarakan hal-hal kecil denganmu, baik secara langsung maupun melalui pesan teks. Hal ini menunjukkan bahwa mereka ingin tetap terhubung denganmu dan menunjukkan ketertarikan mereka.


7. Sering memberikan pujian secara tidak langsung

Orang yang menyukaimu akan sering memberikan pujian secara tidak langsung, seperti memuji cara berpakaianmu atau hasil kerja kerasmu, dengan cara yang tidak terlalu mencolok. Pujian tersebut mungkin dilontarkan melalui candaan atau kesan meledek.


8. Cenderung menghindari untuk berbicara secara langsung tentang perasaan

Tips Pacaran Sehat Supaya Hubunganmu Layak Naik Pelaminan
Tips pacaran sehat supaya hubunganmu layak naik pelaminan. (Foto: unsplash.com)

Orang yang menyukaimu dan merasa gengsi atau takut jika perasaannya tidak berbalas, cenderung menghindari untuk berbicara secara langsung tentang perasaan mereka, meskipun menunjukkan banyak tanda-tanda ketertarikan.


9. Akan berusaha untuk menghabiskan waktu sebanyak mungkin bersamamu,

couple-kezo
ilustrasi tips hubungan sehat dan awet/pexels

Seseorang yang menyukaimu akan berusaha untuk menghabiskan waktu sebanyak mungkin bersamamu. Hal itu baik dengan melakukan kegiatan bersama, atau hanya berbicara lama di telepon.


10. Menunjukkan minat yang besar terhadap kehidupan pribadimu

Nggak Perlu Pusing! Gunakan 8 Tips Gampang ini Agar Hubunganmu dengan Pasangan Tetap Langgeng
(c) Pexels

Seseorang yang menyukaimu akan menunjukkan minat yang besar terhadap kehidupan pribadimu, termasuk ingin tahu tentang keluarga, teman-teman, dan hal-hal yang penting bagimu. Tanda-tanda ini dapat ditemukan pada seseorang yang dekat denganmu, atau bahkan pada sahabat, teman, atau rekan yang selama ini hanya terlihat seperti rekan biasa. 


11. Mendukung dan membantu secara konsisten

Nggak Perlu Pusing! Gunakan 8 Tips Gampang ini Agar Hubunganmu dengan Pasangan Tetap Langgeng
(c) Pexels

Mereka mungkin secara konsisten menawarkan bantuan atau dukungan dalam berbagai situasi. Dengan melakukan ini, mereka menunjukkan bahwa mereka peduli dan ingin membantu kamu, meskipun mereka belum menyatakan cinta mereka secara terbuka. 

Mengenali tanda-tanda seseorang jatuh cinta padamu tapi masih malu mengutarakan perasaannya bisa menjadi tantangan tersendiri. Namun, dengan memahami dan menghargai setiap perhatian dan kepedulian yang dia tunjukkan, kamu bisa melihat bahwa perasaan cinta yang tulus sering kali ditunjukkan melalui tindakan, bukan hanya kata-kata. Ingatlah bahwa cinta adalah proses yang alami dan indah.

Jika kamu merasa bahwa dia memiliki perasaan padamu, berikan dia waktu dan dukungan yang diperlukan untuk mengungkapkannya dengan cara yang paling nyaman baginya. Cinta yang tumbuh dari rasa saling pengertian dan perhatian akan menghasilkan hubungan yang lebih kuat dan berarti.

Lanjutkan Membaca ↓

Disclaimer: Artikel ini ditulis ulang oleh redaksi dengan menggunakan Artificial Intelligence

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya