Viral Pelatih Beri Arahan Pebulutangkis Asal Belgia Pakai Bahasa Indonesia, Ini Fakta Sosoknya

Viral video pelatih beri arahan kepada pebulutangkis asal Belgia dengan memakai Bahasa Indonesia. Diketahui, rupanya mereka adalah pasangan kekasih.

oleh Arini Nuranisa diperbarui 05 Agu 2024, 13:45 WIB
Diterbitkan 05 Agu 2024, 13:45 WIB
Viral Pelatih Beri Arahan ke Pebulutangkis Asal Belgia Pakai Bahasa Indonesia
Viral video pelatih beri arahan kepada pebulutangkis asal Belgia dengan memakai Bahasa Indonesia. (sumber: X/@VidioSports)

Liputan6.com, Jakarta Lianne Tan, atlet bulu tangkis asal Belgia menjadi perbincangan di media sosial. Sebuah video yang diunggah oleh laman X (Twitter) @VidioSports menjadi viral. Memperlihatkan momen manis antara Lianne Tan bersama sang pelatih, Indra Bagus Ade Chandra.

Di sela pertandingannya di Olimpiade Paris 2024, Indra Bagus Ade Chandra sang pelatih terlihat memberikan arahan kepada Lianne Tan. Dalam cuplikan video tersebut, Lianne tampak dengan serius mendengarkan arahan dari pelatihnya. Menariknya, sang pelatih memberikan arahannya dengan menggunakan Bahasa Indonesia.

"KALIAN GAK SALAH DENGER, KOK! Lianne Tan memang atlet Belgia yang memiliki darah Indonesia dan sang pelatih juga berasal dari Indonesia," tulis keterangan unggahan laman X @VidioSports, dikutip Liputan6.com pada Senin (5/8/2024).

Melansir dari berbagai sumber, Lianne Tan diketahui menjalin hubungan asmara dengan pelatihnya tersebut. Sang pelatih yang juga berdarah Indonesia itu diketahui menjadi warga negara Italia. Indra Bagus Ade Chandra pernah menjadi pelatih Pelatnas PBSI. Kemudian, Indra berkarier ke Eropa dan mulai berlatih untuk Belgia.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Video pakai bahasa Indonesia viral

Viral Pelatih Beri Arahan ke Pebulutangkis Asal Belgia Pakai Bahasa Indonesia
Viral video pelatih beri arahan kepada pebulutangkis asal Belgia dengan memakai Bahasa Indonesia. (sumber: X/@VidioSports)

Dalam video berdurasi 35 detik itu, Indra Bagus Ade Chandra tampak memberikan arahan kepada Lianne Tan. Selain obrolannya yang menggunakan bahasa Indonesia, cara bicara sang pelatih yang lembut kepada atletnya itu juga menuai sorotan. Di laman X @hasamici juga menerangkan jika keduanya memang sepasang kekasih.

"Ketika pelatihmu adalah juga pacarmu, lembut banget kasih instruksinya," tulis laman X @hasamici.

Ketika menjadi pelatih untuk Belgia, Indra dipertemukan dengan Lianne Tan sebagai salah satu muridnya. Menariknya, Lianne juga merupakan tunggal putri bulu tangkis yang berdarah Indonesia dari ayahnya, Henk Tan seorang WNI keturunan China, sementara ibunya, Maria Meyers, berasal dari Belgia.

Sejak itu keduanya disebut-sebut menjalin asmara dan menjadi pasangan yang populer di bulu tangkis mengingat statusnya sebagai pemain dan pelatih. Interaksi Indra dan Lianne pun mencuri perhatian setelah videonya viral memperlihatkan Indra menggunakan bahasa Indonesia saat memberikan arahan.


Kecintaan terhadap bulu tangkis diturunkan dari sang ayah

Lianne Tan
Lianne Tan turun di nomor tunggal putri mewakili Belgia pada Indonesia Masters 2022. (Bola.com/Abdul Aziz)

Di akhir memberikan instruksi kepada Lianne, Indra juga tampak menepuk pundak Liane sebagai bentuk memberikan semangat. Meski kalah dari lawannya, Ratchanok Intanon, di babak penyisihan lewat dua gim langsung, 8-21, 8-21, namun atlet Belgia itu tetap viral karena memiliki darah Indonesia.

Atlet bulu tangkis berdarah Belgia-Indonesia itu lahir di Bilzen, Belgia pada 20 November 1990. Ia fasih berbahasa Indonesia karena sang ayah yang berasal dari Indonesia. Ayahnya juga merupakan atlet bulu tangkis, namun kariernya mandeg. Henk Tan akhirnya menularkan kecintaannya terhadap dunia olahraga kepada dua anaknya, Lianne Tan dan Yuhan.

Selain sebagai atlet, Lianne juga merupakan lulusan dari Universitas Radboud Nijmegen, Belanda. Diketahui, wanita 33 tahun itu mengambil jurusan Kedokteran Gigi, dan telah lulus pada tahun 2018 lalu.

Ketika kecil, atlet blasteran itu sering mengunjungi Indonesia untuk berlibur. Lianne menceritakan bahwa ayahnya merupakan orang Indonesia yang lahir di Bandung. Lianne Tan sendiri lahir di Belgia dan tumbuh besar di negara tersebut.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya