Mencairkan Ikan Beku dalam 5 Menit Ini Mudah, Hanya Pakai 2 Bahan

Anda tidak perlu menunggu terlalu lama untuk melihat es yang menyelimuti ikan beku mencair. Dalam waktu singkat, hanya sekitar 5 menit, ikan beku tersebut akan mulai mencair.

oleh Ricka Milla Suatin diperbarui 06 Agu 2024, 14:37 WIB
Diterbitkan 06 Agu 2024, 14:37 WIB
Ilustrasi ikan beku
Ilustrasi ikan beku (sumber: iStock)

Liputan6.com, Jakarta Banyak orang berbelanja bahan makanan pokok untuk persediaan memasak selama seminggu. Oleh karena itu, protein hewani seperti ikan sering kali dibekukan dalam kulkas agar bisa bertahan lebih lama.

Ketika ingin memasak, banyak orang memilih untuk mencairkan ikan beku dengan membiarkannya pada suhu ruangan. Namun, cara ini terbukti kurang efisien dan tidak praktis karena memakan waktu yang cukup lama.

Sebagai alternatif, seorang pengguna YouTube dengan nama Dapoer hasna94 membagikan tips cepat untuk mencairkan ikan beku. Berikut adalah langkah-langkahnya yang dirangkum Liputan6.com pada Selasa (6/8/2024).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Bahan-bahan

20161230-Mancing-Finlandia-AFP
Ikan Bass hasil memancing di laut Bothnia yang sedang membeku, Vaasa, Finlandia (29/12). Suhu yang sangat ekstrem, pemancing dapat melakukan aksinya di tengah laut dengan berjalan kaki. (AFP PHOTO/Olivier Morin)

Selain ikan beku dan baskom, siapkan beberapa bahan berikut:

  • Air hangat
  • 1 sdt garam
  • 1 sdm cuka makan

Cara Cairkan Ikan Beku

Hanya 5 Menit, Begini Cara Mudah Cairkan Ikan Beku Pakai 2 Bahan Dapur
Ikan beku direndam dengan air hangat oleh Dapoer hasna94 di YouTube.

1. Rendam Ikan dalam Air Hangat

Langkah pertama, keluarkan ikan dari freezer. Tempatkan ikan dalam wadah yang sudah disiapkan, kemudian siramkan air hangat hingga seluruh bagian ikan terendam sempurna.

2. Tambahkan Garam dan Cuka

Selanjutnya, tambahkan satu sendok teh garam dan satu sendok makan cuka makan ke dalam air rendaman. Aduk hingga garam benar-benar larut dalam air.

3. Diamkan Selama 5 Menit

Biarkan ikan terendam dalam larutan garam dan cuka selama sekitar lima menit. Campuran ini akan membantu mempercepat proses pelunakan ikan yang beku.

4. Ikan Siap Diolah

Setelah lima menit, ikan akan kembali ke suhu dan tekstur asalnya. Angkat dan tiriskan ikan. Kini, ikan siap untuk diolah menjadi hidangan lezat sesuai selera Anda.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya